Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 12:06 WIB | Minggu, 03 Maret 2024

Kasus Penyerbuan Bantuan di Gaza, Hamas Salahkan IDF, Israel Sebut Karena Desak-desakan

Hamas: jumlah korban jiwa mencapai 104 orang, menyalahkan Israel, dan dapat menunda perundingan penyanderaan. IDF: Kebanyakan korban terinjak atau terlindas; pasukan tidak menembaki massa, menembaki beberapa warga Gaza yang membahayakan mereka.
Bantuan kemanusiaan dari Amerika Serikat dijatuhkan diari atas kota Gaza di Jalur Gaza, pada hari Sabtu (2/3). (Foto: AP/Mohammed Hajjar)

JALUR GAZA, SATUHARAPAN.COM-Lusinan warga Palestina tewas pada hari Kamis (29/2) di Kota Gaza ketika mereka menyerbu truk bantuan yang memasuki kota tersebut, menurut pihak Pasukan Pertahanan Israel (IDF).

Sementara itu, Hamas menyalahkan IDF atas kematian tersebut. Militer mengatakan sebagian besar korban disebabkan oleh terinjak-injak dan tertabrak kendaraan pasokan. Orang-orang bersenjata juga melepaskan tembakan di daerah tersebut ketika mereka menjarah bantuan.

Tentara Israel mengatakan mereka tidak menembaki massa yang bergegas menuju konvoi bantuan utama. Mereka mengakui bahwa tentara melepaskan tembakan ke beberapa warga Gaza yang bergerak ke arah tentara dan sebuah tank di pos pemeriksaan IDF, sehingga membahayakan tentara, setelah mereka menyerbu truk terakhir dalam konvoi tersebut lebih jauh ke selatan.

Kementerian Kesehatan Gaza yang dikelola Hamas mengatakan jumlah korban tewas mencapai 104 orang, dan ratusan lainnya terluka. Jumlah tersebut tidak dapat dikonfirmasi secara independen.

Pasukan Pertahanan Israel menerbitkan video drone yang menunjukkan ribuan orang berkerumun di sekitar truk bantuan ketika mereka mencapai daerah di Gaza utara. Dalam beberapa kasus, kendaraan terus berusaha melewati kerumunan.

Truk-truk itu dikemudikan oleh “kontraktor swasta,” kata IDF.

Menurut penyelidikan awal IDF mengenai kehancuran tersebut, sebagian besar korban adalah akibat terinjak-injak dan ditabrak oleh truk bantuan.

Insiden tersebut dimulai sekitar pukul 04:00 pagi, ketika sekitar 30 truk yang membawa bantuan kemanusiaan tiba di pantai Kota Gaza, untuk mengantarkan makanan kepada warga Palestina di lingkungan Rimal.

Ribuan warga Palestina menyerbu truk tersebut setelah mereka melewati pos pemeriksaan IDF di Gaza tengah, yang menyebabkan terjadinya desak-desakan yang menyebabkan puluhan warga Palestina tewas dan ratusan lainnya luka-luka, beberapa di antara mereka tertabrak truk, menurut penyelidikan.

Investigasi awal IDF menemukan bahwa beberapa truk berhasil melaju lebih jauh ke utara, di mana orang-orang bersenjata dilaporkan melepaskan tembakan ke arah konvoi di dekat Rimal dan menjarahnya.

Lusinan warga Palestina yang mengendarai truk terakhir dalam konvoi tersebut, lebih jauh ke selatan, mulai bergerak menuju tank IDF dan pasukan yang ditempatkan di pos pemeriksaan militer, demikian temuan penyelidikan.

Seorang petugas yang ditempatkan di daerah tersebut memerintahkan tentara untuk melepaskan tembakan peringatan ke udara ketika warga Palestina berada dalam jarak beberapa puluh meter, serta melepaskan tembakan ke kaki orang-orang yang terus bergerak ke arah pasukan, kata penyelidikan tersebut.

IDF mengatakan bahwa kurang dari 10 korban jiwa adalah akibat tembakan Israel.

IDF telah mengoordinasikan beberapa pengiriman bantuan ke Gaza utara dalam beberapa pekan terakhir, meskipun kali ini lebih besar dari biasanya. Pihaknya kini akan mencari solusi untuk mencegah insiden serupa terjadi lagi dan sedang melakukan penyelidikan atas insiden tersebut.

Insiden ini terjadi di tengah meningkatnya kekhawatiran internasional mengenai situasi kemanusiaan di Jalur Gaza dan kesulitan dalam memberikan bantuan bagi lebih dari dua juta orang yang terjebak dalam perang yang dimulai ketika kelompok teror Palestina Hamas melakukan serangan besar-besaran terhadap Israel pada tanggal 7 Oktober, menewaskan sekitar 1.200 orang, sebagian besar warga sipil.

Kota Gaza dan wilayah utara Gaza lainnya menjadi sasaran pertama serangan udara, laut, dan darat Israel. Daerah tersebut telah mengalami kehancuran yang luas dan sebagian besar telah terisolasi dari wilayah lain selama berbulan-bulan, dengan sedikit bantuan yang masuk dan sebagian besar penduduk telah mengungsi ke arah selatan.

Kelompok-kelompok bantuan mengatakan hampir mustahil menyalurkan bantuan kemanusiaan di sebagian besar Gaza karena sulitnya berkoordinasi dengan militer Israel, permusuhan yang terus berlanjut, dan terganggunya ketertiban umum, serta kerumunan orang yang putus asa memenuhi konvoi bantuan. PBB mengatakan seperempat dari 2,3 juta warga Palestina di Gaza menghadapi kelaparan; sekitar 80% telah meninggalkan rumah mereka.

Kementerian Kesehatan Hamas mengatakan selain sedikitnya 104 orang tewas, sekitar 760 orang terluka, dan menggambarkannya sebagai “pembantaian.”

Kantor Presiden Otoritas Palestina, Mahmoud Abbas, mengatakan dia “mengutuk pembantaian buruk yang dilakukan oleh tentara pendudukan Israel pagi ini terhadap orang-orang yang menunggu truk bantuan di bundaran Nabulsi.”

Tim medis tidak mampu mengatasi volume dan tingkat keparahan cedera dari puluhan orang yang terluka yang tiba di Rumah Sakit Shifa, kata juru bicara kementerian, Ashraf al-Qidra.

Kepala Rumah Sakit Kamal Adwan di Kota Gaza, Hussam Abu Safieyah, mengatakan pihaknya telah menerima 10 jenazah dan puluhan pasien luka-luka akibat insiden di sebelah barat kota tersebut. “Kami tidak tahu berapa banyak yang ada di rumah sakit lain,” kata Safieyah kepada Reuters melalui telepon.

Hamas memperingatkan dalam sebuah pernyataan bahwa insiden itu dapat menyebabkan kegagalan perundingan yang bertujuan untuk mencapai kesepakatan mengenai gencatan senjata dan pembebasan sandera.

“Negosiasi yang dilakukan oleh pimpinan gerakan tersebut bukanlah sebuah proses terbuka yang mengorbankan darah rakyat kami,” katanya, merujuk pada kematian yang terjadi pada hari Kamis dan mengatakan Israel akan bertanggung jawab atas kegagalan perundingan tersebut.

Video yang diposting di media sosial menunjukkan truk membawa banyak mayat. Reuters memverifikasi lokasi satu video di bundaran al-Nabulsi yang memperlihatkan beberapa pria tidak bergerak, serta beberapa orang terluka.

Video lain, yang tidak dapat diverifikasi oleh Reuters, menunjukkan orang-orang yang berlumuran darah diangkut dengan truk, petugas medis merawat orang-orang di lantai rumah sakit, dan jenazah dibungkus dengan kain kafan.

“Kami tidak menginginkan bantuan seperti ini. Kami tidak ingin bantuan dan peluru digabungkan. Ada banyak martir,” kata seorang pria dalam sebuah video.

Kamel Abu Nahel, yang dirawat karena luka tembak di Rumah Sakit al Shifa, mengatakan, dia dan warga lainnya mendatangi tempat distribusi pada tengah malam karena mendengar akan ada pengiriman makanan. “Kami sudah makan pakan ternak selama dua bulan,” katanya.

Dia mengatakan pasukan Israel melepaskan tembakan ke arah kerumunan, menyebabkan mereka berpencar, dan beberapa orang bersembunyi di bawah mobil. Setelah penembakan berhenti, mereka kembali ke truk, dan tentara kembali melepaskan tembakan. Dia tertembak di kakinya dan terjatuh, lalu sebuah truk menabrak kakinya saat melaju, katanya.

Petugas medis yang tiba di lokasi kejadian pada hari Kamis mengatakan mereka menemukan “puluhan atau ratusan” tergeletak di tanah, menurut Fares Afana, kepala layanan ambulans di Rumah Sakit Kamal Adwan. Dia mengatakan ambulans yang ada tidak cukup untuk mengumpulkan semua korban tewas dan terluka dan beberapa di antaranya dibawa ke rumah sakit dengan kereta keledai.

Secara terpisah, Kementerian Kesehatan mengatakan jumlah korban tewas warga Palestina akibat perang telah meningkat menjadi 30.035 orang, dan 70.457 lainnya terluka.

Jumlah tersebut tidak dapat diverifikasi secara independen, dan diyakini mencakup warga sipil dan anggota Hamas yang tewas di Gaza, termasuk akibat salah tembak roket yang dilakukan kelompok teror itu.

IDF mengatakan mereka telah membunuh lebih dari 12.000 anggota Hamas selain 1.000 lainnya yang terbunuh di Israel pada 7 Oktober.

Pertempuran juga berlanjut di wilayah lain di Gaza. IDF terlibat dalam operasi skala besar di lingkungan Zeitoun di Kota Gaza di mana dikatakan pasukannya membunuh banyak anggota Hamas selama beberapa hari terakhir.

Pasukan Israel membunuh beberapa pria bersenjata – termasuk dengan menyerukan serangan udara – menghancurkan terowongan dan peluncur roket, serta menyita senjata, kata militer dalam pembaruannya. Pasukan juga menemukan pabrik bahan peledak dan roket Hamas di lingkungan tersebut. Pertempuran berlanjut di Khan Younis, Gaza selatan, dan serangan udara dilakukan terhadap operasi Hamas di Gaza utara, termasuk terhadap pasangan yang melepaskan tembakan ke arah tentara, kata IDF. Serangan lainnya menewaskan beberapa anggota Hamas di wilayah tengah Gaza.

Sementara itu, sebuah roket yang diluncurkan dari Jalur Gaza menghantam lapangan terbuka di Israel selatan. Peluncuran tersebut memicu sirene di komunitas perbatasan Sa’ad dan Kfar Aza. Tidak ada laporan korban luka.

Serangan Hamas pada tanggal 7 Oktober di Israel selatan yang memicu perang menewaskan 1.200 orang, sebagian besar warga sipil, di tengah kekejaman yang mengerikan termasuk pemerkosaan massal, penyiksaan, dan mutilasi korban yang meluas. Sekitar 3.000 penyerang yang menerobos perbatasan dari Gaza juga menculik 253 sandera yang dibawa kembali ke Gaza. Hamas masih menyandera sekitar 130 orang, seperempat di antaranya diyakini tewas. (Reuters/ToI)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home