Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:45 WIB | Selasa, 23 Agustus 2022

AS Incar Kesepakatan Penjualan F-16, Setelah Rusia akan Jual Rudal ke Turki

Rusia mengumumkan pekan lalu bahwa Turki akan menerima resimen sistem pertahanan udara rudal S-400 yang mengejutkan Amerika Serikat. (Foto: dok. Reuters)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Pengumuman yang dikeluarkan Rusia pekan lalu yang mengungkapkan bahwa Turki dalam proses menerima “resimen” lain dari sistem pertahanan rudal S-400 dari Rusia telah membuat para pejabat di Washington DC “garuk-garuk” kepala.

Namun pemerintahan Joe Biden mengatakan bahwa Ankara tidak akan menghadapi sanksi tambahan karena tampaknya kumpulan baru senjata Rusia adalah bagian dari kesepakatan awal, yang memaksa pemerintahan AS sebelumnya, Donald Trump, untuk menghukum Turki di bawah hukum AS.

AS memberikan sanksi kepada Turki dengan menggunakan Undang-undang Melawan Musuh Amerika Melalui Sanksi (CAATSA) pada tahun 2020, yang mencakup larangan semua lisensi ekspor AS ke Direktorat Industri Pertahanan Turki (SSB) dan pembekuan aset serta pembatasan visa pada kepala dan wakilnya.

Meskipun peringatan berulang kali ditujukan kepada Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, dan para pembantunya, Turki terus maju dan juga dikeluarkan dari program jet tempur F-35 dari AS.

Pergeseran Aliansi?

Setelah hubungan awal yang bergelombang antara Washington dan Ankara di bawah Presiden Joe Biden, yang selanjutnya membuat Erdogan kesal dengan mengakui Genosida Armenia, Turki menemukan dirinya dalam posisi untuk tawar-menawar setelah invasi Rusia ke Ukraina.

Erdogan dapat membantu menengahi kesepakatan yang memungkinkan pengiriman biji-bijian Ukraina melewati Laut Hitam. Turki juga mencabut hak veto keanggotaan NATO untuk Finlandia dan Swedia.

Dan sebagai alternatif untuk F-35, Turki mengajukan proposal untuk membeli jet tempur F-16 sebagai gantinya. Selain itu, sebagai bagian dari kesepakatan potensial, Turki juga akan meminta AS untuk meningkatkan armada yang ada dari 80 F-16 yang lebih tua, yang sangat membutuhkan modernisasi.

Pemerintahan Biden telah mengisyaratkan keterbukaannya terhadap kesepakatan semacam itu, tetapi telah menghadapi tentangan keras dari anggota parlemen di Capitol Hill, khususnya dari partai politik Biden sendiri.

Bulan lalu, Kongres meloloskan amandemen bipartisan terhadap Undang-undang Otorisasi Pertahanan Nasional (NDAA) untuk menghentikan pemerintahan Biden menjual F-16 ke Turki dan menambahkan pengawasan Kongres untuk “memastikan Turki tidak menggunakan F-16 untuk melanggar kedaulatan Yunani.”

Para anggota parlemen mengkritik kepemilikan berkelanjutan Turki atas S-400 Rusia dan “itu adalah retorika dan agresi yang semakin agresif terhadap Yunani, sekutu NATO Amerika yang andal dan demokratis.”

Dan hanya dua pekan yang lalu, ketua Komite Hubungan Luar Negeri Senat membunyikan bel alarm atas penjualan F-16 ke Turki, menyerukan Turki untuk menolak kerja sama militer dengan “penjahat perang seperti Vladimir Putin.”

“Amerika Serikat harus jelas: Setiap perluasan hubungan Turki dengan sektor pertahanan Rusia akan menjadi kesalahan besar yang selanjutnya akan membahayakan keamanan sekutu dan mitra NATO kami di seluruh Eropa,” kata Senator Bob Menendez dalam sebuah pernyataan.

Ditanya tentang resimen S-400 kedua, Juru Bicara Departemen Luar Negeri, Ned Price, mengatakan bahwa AS tidak mengetahui adanya perkembangan baru tentang masalah tersebut. Ketika ditekan apakah ini akan mengubah kalkulus kesepakatan F-16, Price mengatakan: “Kami harus menunggu dan melihat apa yang terjadi, tetapi kami tidak mengetahui adanya perkembangan baru tentang masalah ini dan akan merujuk ke otoritas Turki untuk berbicara.”

Dia menambahkan: “Tetapi poin yang secara konsisten kami sampaikan adalah bahwa perang Rusia yang brutal dan tidak dapat dibenarkan melawan Ukraina membuatnya penting, sekarang lebih dari sebelumnya dalam beberapa hal, bahwa semua negara menghindari transaksi dengan sektor pertahanan Rusia. Itu menempatkan mereka pada risiko sanksi.”

Pada hari Rabu, Price kembali ditanya tentang kesepakatan F-16 di tengah laporan bahwa delegasi Turki berada di Washington untuk membahas masalah tersebut. Price mengungkapkan sedikit informasi selain bahwa pertemuan sedang berlangsung mengenai “permintaan pemeliharaan F-16 Turki” dan bahwa sebuah delegasi telah melakukan perjalanan ke AS untuk diskusi terkait.

Pentingnya Geostrategis NATO dan Turki

Turki telah membuat frustrasi Washington dan anggota NATO lainnya dengan pelanggaran hak asasi manusia dan tindakan keras terhadap jurnalis, menyesuaikan diri dengan Rusia dan penerbangannya di atas pulau-pulau Yunani.

Turki juga telah terlibat dalam kampanye sengit yang menargetkan pejuang yang didukung AS di Suriah, dengan Erdogan menjuluki mereka “teroris.” Biden menuduh pemerintah Turki merusak kampanye untuk mengalahkan ISIS.

Namun demikian, lokasi dan bobot politik Turki cukup signifikan bagi AS untuk terus mencari cara untuk memastikan itu tetap menjadi sekutu penting.

Seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri sebelumnya mengatakan kepada Al Arabiya bahwa sangat penting bagi NATO untuk memastikan bahwa Turki memiliki kemampuan udara yang berfungsi penuh. “Turki sangat perlu meningkatkan armada pesawat tempurnya saat ini (untuk NATO),” kata pejabat itu, yang berbicara dengan syarat anonim karena mereka tidak berwenang untuk membahas masalah tersebut.

Pejabat itu mengatakan umur armada F-16 Turki saat ini akan diperpanjang “sekitar lima hingga 10 tahun” jika AS menyediakan teknologi khusus. “Itu keputusan mereka dan bisa jadi mudah. Mereka bisa saja mengirimkan S-400 ke Ukraina,” kata pejabat itu. Meskipun ini tampaknya tidak masuk akal, pejabat itu menunjukkan bahwa ini hampir pasti akan mendapat tanggapan positif dari Kongres.

Presiden AS menyuarakan dukungannya untuk penjualan F-16 selama KTT NATO di Madrid pada bulan Juni, tak lama setelah Erdogan mengatakan dia bersedia mencabut hak vetonya atas tawaran Swedia dan Finlandia untuk bergabung dengan NATO.

Memberikan dorongan yang sangat dibutuhkan, Turki tampaknya memiliki beberapa pendukung Partai Republik dari kesepakatan F-16.

“Saya mendukung penjualan itu. Sementara kami memiliki perbedaan dengan pemerintah Turki, Turki adalah sekutu NATO, dan kami perlu memperkuat aliansi itu," kata Senator Marco Rubio dalam sebuah pernyataan kepada Al Arabiya English.

Anggota Partai Republik di Komite Hubungan Luar Negeri Senat sebelumnya mengatakan bahwa Turki memiliki argumen yang kredibel mengapa mereka harus menggunakan F-16. “Saya memiliki kecenderungan positif ke arah itu, tetapi saya belum sepenuhnya ke sana,” kata Senator Jim Risch kepada Defense News pada 4 Mei.

Pentagon juga telah menjadi pendukung vokal untuk memastikan bahwa Turki mendapatkan jet tempur, dengan alasan kepentingan keamanan NATO dan AS.

Setelah perjanjian NATO pada Swedia dan Finlandia, Asisten Menteri Pertahanan untuk Urusan Keamanan Internasional Celeste Wallander mengatakan kepada wartawan bahwa Departemen Pertahanan “mendukung penuh rencana modernisasi Turki untuk armada F-16-nya.” (AFP/ Al Arabiya/AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home