Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:58 WIB | Rabu, 10 Maret 2021

AS Jatuhkan Sanksi pada Dua Interogator Iran

Protes rakyat di Iran pada November 2020. (Foto: dok. AFP)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Departemen Luar Negeri Amerika Serikat memasukkan dua interogator Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran dalam daftar hitam untuk pelanggaran hak asasi manusia selama protes 2019 dan 2020 di Iran.

Ini adalah cerminan kebuntuan dialog yang sedang berlangsung antara Washington dan Teheran terkait kesepakatan nuklir tahun 2015. Iran terkenal karena pelanggaran hak asasi manusia yang meluas, khususnya tindakan kerasnya yang kejam selama protes terhadap rezim pemerintah.

Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, mengumumkan penunjukan interogator IRGC, Ali Hemmatian dan Masoud Safdari atas "keterlibatan dalam pelanggaran berat hak asasi manusia, yaitu penyiksaan dan / atau perlakuan atau hukuman yang kejam, tidak manusiawi, atau merendahkan martabat politik dan orang-orang yang ditahan selama protes pada tahun 2019 dan 2020 di Iran." Kedua pejabat Iran dan anggota keluarga dekat mereka dilarang memasuki Amerika Serikat.

Ratusan warga Iran turun ke jalan pada November 2019 untuk memprotes kenaikan harga bahan bakar, yang kemudian berubah menjadi demonstrasi politik anti rezim. Protes mengguncang Iran lagi pada Januari 2020 setelah IRGC mengakui bahwa mereka salah menembak jatuh pesawat Ukraine International Airlines penerbangan PS752 tak lama setelah lepas landas, karena salah mengira itu sebagai rudal.

PBB mengatakan pasukan keamanan Iran menggunakan kekuatan yang berlebihan dan mematikan, yang menyebabkan kematian lebih dari 300 orang, termasuk perempuan dan anak-anak, selama protes.

Ribuan orang ditangkap, dan PBB mengatakan pasukan rezim "menggunakan penyiksaan fisik dan psikologis terhadap pengunjuk rasa yang ditahan, termasuk untuk tujuan mendapatkan pengakuan paksa." Beberapa dari mereka yang ditahan telah dijatuhi hukuman penjara yang lama, dan yang lainnya telah dieksekusi.

FBI menaikkan hadiah untuk mantan agen FBI, Robert Levinson, menjadi US$ lima juta. (Al Arabiya)

 

Kebuntuan Kesepakatan Nuklir

Penunjukkan Departemen Luar negeri AS itu adalah langkah pertama untuk menjatuhkan sanksi kepada Iran oleh administrasi Presiden Joe Biden.

Ini menegaskan sikap pemerintahan baru tentang hak asasi manusia, dan keputusan Departemen Luar Negeri itu dapat ditafsirkan sebagai Washington mengirimkan sinyal kepada Teheran di tengah kebuntuan untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir Iran 2015.

Sejak menjabat pada Januari, Biden telah mengambil langkah-langkah, yang dianggap memperluas upaya perdamaian ke Iran, untuk menghidupkan kembali pembicaraan mengenai kesepakatan nuklir yang oleh pendahulunya, Donald Trump, AS menari keluar dari perjanjian pada 2018.

 

Biden membalikkan tekad Trump dan semua sanksi PBB terhadap Iran telah dipulihkan dan Departemen Luar Negeri melonggarkan pembatasan ketat pada perjalanan domestik para diplomat Iran di New York.

Namun, Teheran dengan tegas menuntut agar semua sanksi era Trump terhadap Iran dicabut sebelum mengambil tindakan nyata untuk kembali ke kesepakatan. Rezim berulang kali membuat ancaman untuk meningkatkan aktivitas nuklir mereka, secara efektif "memanasi" Biden, dan mencoba mendapatkan sebanyak mungkin konsesi dari Washington sebelum mengambil tindakan nyata apa pun.

Biden juga menghadapi banyak tekanan di dalam negeri. Anggota parlemen mendesak dia untuk tidak mencabut sanksi yang mereka katakan perlu dan "berpengaruh," dan bahwa Washington akan tampak "lemah" jika menyerah untuk "menenangkan" Teheran selama negosiasi nuklir.

Kasus Bob Levinson

Sanksi itu dijatuhkan bertepatan dengan peringatan 14 tahun penculikan mantan agen FBI, Bob Levinson yang menghilang di Pulau Kish Iran pada tahun 2007, meskipun masih belum jelas apa yang dia lakukan. Blinken meminta jawaban pada hari Selasa, dengan mengatakan kasus itu "belum ditutup".

“Kami menyerukan kepada pemerintah Iran untuk memberikan jawaban yang kredibel atas apa yang terjadi pada Bob Levinson dan untuk segera dan dengan aman membebaskan semua warga AS yang ditawan secara tidak adil di Iran. Tindakan menjijikkan dari penahanan yang tidak adil untuk keuntungan politik harus segera dihentikan,” kata Blinken.

Diplomat tertinggi AS mengatakan bahwa AS "tidak akan pernah melupakan Bob Levinson". Sebelumnya, pemerintahan Trump menjatuhkan sanksi pada dua pejabat senior intelijen Iran, yang diyakini terlibat dalam hilangnya Levinson dan "kemungkinan kematiannya" seperti yang dikatakan Blinken pada hari Selasa. (Reuters/Al Arabiya)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home