Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:52 WIB | Minggu, 14 April 2024

AS, Jepang, Filipina Nyatakan Keprihatinan Serius Tindakan Chinadi Laut Cina Selatan

Kapal milisi China beroperasi di Whitsun Reef di Laut Cina Selatan, 2 Desember 2023. (Filo: dok. Reuters)

WASINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Jepang, Filipina, dan Amerika Serikat pada Kamis (11/4) menyuarakan “keprihatinan serius” atas tindakan China di Laut Cina Selatan, kata para pemimpin negara tersebut, di tengah sengketa wilayah yang semakin tegang.

“Kami menyatakan keprihatinan serius kami terhadap perilaku berbahaya dan agresif Republik Rakyat China (RRC) di Laut Cina Selatan,” menurut pernyataan bersama ketiga pemimpin tersebut setelah pertemuan bersejarah di Washington.

Presiden AS, Joe Biden, bertemu dengan Presiden Filipina, Ferdinand Marcos Jr. dan Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida, di Gedung Putih di mana para pemimpin membahas penolakan terhadap peningkatan tekanan Beijing terhadap Manila di Laut Cina Selatan yang disengketakan.

Filipina dan China beberapa kali terlibat perselisihan maritim bulan lalu yang mencakup penggunaan meriam air dan perdebatan sengit. Perselisihan tersebut berpusat di Second Thomas Shoal, rumah bagi sejumlah kecil tentara Filipina yang ditempatkan di kapal perang yang didaratkan Manila di sana pada tahun 1999 untuk memperkuat klaim kedaulatannya.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home