Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:18 WIB | Minggu, 24 Maret 2024

Penjaga Pantai China Tembaki Kapal Filipina dengan Meriam Air di Laut Cina Selatan

Dalam cuplikan layar dari video yang disediakan oleh Angkatan Bersenjata Filipina, sebuah kapal penjaga pantai Chinamenggunakan meriam air dan bermanuver dekat di samping kapal pasokan Filipina Unaizah pada tanggal 4 Mei saat mendekati Second Thomas Shoal, yang oleh masyarakat setempat disebut Ayungin shoal, di perairan Selatan yang disengketakan, Laut China pada Sabtu 23 Maret 2024. (Foto: Angkatan Bersenjata Filipina via AP)

MANILA, SATUHARAPAN.COM-Dua kapal penjaga pantai China menembaki kapal pemasok Filipina dengan meriam air pada hari Sabtu (23/3) dalam konfrontasi terbaru di dekat perairan dangkal Laut Cina Selatan yang disengketakan, menyebabkan kerusakan parah pada kapal kayu tersebut, kata para pejabat Filipina.

Belum jelas apakah awak angkatan laut Filipina terluka, atau apakah kapal mereka yang rusak, Unaizah May 4, berhasil melewati blokade penjaga pantai China untuk mengirimkan pasokan ke pasukan Filipina yang berjaga di pos terdepan di dekat Second Thomas Shoal. Ini adalah kedua kalinya bulan ini kapal Unaizah 4 Mei mengalami kerusakan saat berupaya memasok pasokan ke pos terdepan.

Kawasan dangkalan tersebut telah diduduki oleh sekelompok kecil personel angkatan laut Filipina di sebuah kapal perang yang terdampar sejak akhir tahun 1990-an, namun baru-baru ini dikepung oleh penjaga pantai China dan kapal-kapal yang dicurigai sebagai kapal milisi dalam ketegangan teritorial yang semakin meningkat.

Selain Chinadan Filipina, Vietnam, Malaysia, Taiwan, dan Brunei juga memiliki klaim yang tumpang tindih di jalur perairan yang kaya sumber daya dan sibuk tersebut, yang merupakan jalur perdagangan global utama. Amerika Serikat tidak mengklaim perairan strategis tersebut namun telah mengerahkan kapal Angkatan Laut dan jet tempur dalam apa yang disebutnya operasi “kebebasan navigasi”, yang telah dikritik oleh China.

Sebuah kapal penjaga pantai Filipina yang mengawal kapal Unaizah 4 Mei juga diblokir dan dikepung oleh sebuah kapal penjaga pantai China dan dua kapal yang diduga milik milisi, kata juru bicara penjaga pantai Filipina, Komodor Jay Tarriela.

Kapal pengawal, BRP Cabra, “diisolasi dari kapal pasokan karena perilaku pasukan maritim Cina yang tidak bertanggung jawab dan provokatif,” kata Tarriela, seraya menambahkan bahwa pasukan China mengabaikan peraturan internasional yang bertujuan mencegah tabrakan di laut.

Video yang dirilis oleh militer Filipina menunjukkan dua kapal penjaga pantai China menabrak kapal kecil berlambung kayu dengan semprotan meriam air bertekanan tinggi dari jarak dekat, menyebabkan kapal tersebut bergeser di laut lepas.

Militer Filipina mengatakan tanpa menjelaskan lebih lanjut bahwa kapal sewaan mereka “mengalami kerusakan yang signifikan.”

Belum ada pernyataan langsung dari pejabat China di Manila atau di Beijing.

Penjaga pantai China sebelumnya meledakkan kapal Unaizah pada tanggal 4 Mei dengan ledakan meriam air bertekanan tinggi dalam konfrontasi di dekat Second Thomas Shoal pada tanggal 5 Maret, menghancurkan kaca depannya dan melukai ringan seorang laksamana Filipina dan empat anak buahnya dengan pecahan kaca dan serpihan puing.

Beijing kemudian mengatakan bahwa kapal penjaga pantainya telah mengambil tindakan setelah kapal Filipina mengabaikan peringatan dan melanggar batas wilayah yang mereka sebut perairan teritorialnya.

Departemen Luar Negeri di Manila memanggil wakil duta besar China setelah konfrontasi tanggal 5 Maret untuk menyampaikan protes terhadap tindakan penjaga pantai China, yang menurut mereka tidak dapat diterima.

Washington memperbarui peringatan bahwa mereka berkewajiban untuk membela Filipina, sekutu perjanjian tertua di Asia, jika pasukan, kapal, dan pesawat Filipina mengalami serangan bersenjata, termasuk di Laut Cina Selatan. China telah meminta AS untuk berhenti ikut campur dalam apa yang mereka sebut sebagai perselisihan Asia semata. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home