Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:15 WIB | Minggu, 19 Mei 2024

AS Kirim Senjata dan Amunisi Tambahan Senilai US$1 Miliar ke Israel

Tentara IDF berdiri di atas tank tempur sebagai bagian dari Brigade Givati yang beroperasi di Rafah timur di Jalur Gaza selatan, dalam gambar selebaran yang dirilis pada 10 Mei 2024. (Foto: IDF/AFP)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Pemerintahan Joe Biden mengatakan kepada anggota parlemen penting bahwa mereka akan mengirim lebih dari US$1 miliar senjata dan amunisi tambahan ke Israel, kata tiga staf kongres pada hari Selasa (14/5). Namun belum diketahui seberapa cepat senjata tersebut akan dikirimkan.

Ini adalah pengiriman senjata pertama ke Israel yang terungkap sejak pemerintah menunda pengiriman senjata lainnya, yang terdiri dari 3.500 bom yang masing-masing memiliki berat hingga 2.000 pon, pada bulan ini.

Pemerintahan Biden, dengan alasan kekhawatiran akan jatuhnya korban sipil di Gaza, mengatakan pihaknya menghentikan pengiriman bom tersebut untuk mencegah Israel menggunakan amunisi tersebut dalam serangannya di kota Rafah yang padat di bagian selatan Gaza.

Paket yang diungkapkan hari Selasa itu mencakup sekitar US$700 juta untuk amunisi tank, US$500 juta untuk kendaraan taktis, dan US$60 juta untuk mortir, kata para pembantu Kongres. Mereka berbicara tanpa menyebut nama untuk membahas transfer senjata yang belum dipublikasikan.

Belum ada indikasi kapan senjata tersebut akan dikirim. Dua staf Kongres mengatakan pengiriman tersebut bukan bagian dari paket bantuan luar negeri yang telah lama tertunda yang disetujui Kongres dan ditandatangani oleh Presiden Joe Biden bulan lalu. Tidak diketahui apakah pengiriman tersebut merupakan tahap terbaru dari penjualan senjata yang sudah ada atau sesuatu yang baru.

Pemerintahan Biden mendapat kecaman dari kedua sisi spektrum politik atas dukungan militernya terhadap perang Israel yang sudah berlangsung tujuh bulan melawan Hamas di Gaza – pada saat Biden berjuang untuk terpilih kembali melawan mantan Presiden Donald Trump.

Beberapa rekan Biden di Partai Demokrat telah mendorongnya untuk membatasi pengiriman senjata ofensif ke Israel untuk menekan sekutu AS tersebut agar berbuat lebih banyak untuk melindungi warga sipil Palestina. Protes di kampus-kampus di seluruh AS telah menyampaikan pesan tersebut pada musim semi ini.

Para anggota parlemen dari Partai Republik memanfaatkan jeda yang diberikan pemerintah mengenai pengiriman bom tersebut, dengan mengatakan bahwa setiap berkurangnya dukungan AS terhadap Israel – sekutu terdekatnya di Timur Tengah – akan melemahkan negara tersebut dalam memerangi Hamas dan kelompok lain yang didukung Iran. Di Kongres, mereka berencana untuk mengajukan rancangan undang-undang pekan ini yang mengamanatkan pengiriman persenjataan ofensif untuk Israel.

Meskipun sempat ada penangguhan pengiriman bom, Biden dan para pejabat pemerintahan telah menegaskan bahwa mereka akan terus melanjutkan pengiriman senjata lainnya dan dukungan militer secara keseluruhan kepada Israel, yang merupakan penerima bantuan militer AS terbesar.

Biden akan memastikan bahwa “Israel memiliki semua sarana militer yang diperlukan untuk mempertahankan diri dari semua musuhnya, termasuk Hamas,” kata juru bicara keamanan nasional John Kirby kepada wartawan pada hari Senin.

“Baginya, hal ini sangat jelas: Dia akan terus menyediakan semua kemampuan yang dibutuhkan Israel, namun dia tidak ingin kategori senjata Amerika tertentu digunakan dalam jenis operasi tertentu di tempat tertentu. Dan sekali lagi, dia sudah jelas dan konsisten dengan hal itu.”

The Wall Street Journal pertama kali melaporkan rencana paket senjata senilai US$1 miliar ke Israel.

Menanggapi rencana Partai Republik di Kongres untuk melanjutkan rancangan undang-undang yang mengamanatkan pengiriman senjata ofensif untuk Israel, Gedung Putih mengatakan pada hari Selasa bahwa Biden akan memveto rancangan undang-undang tersebut jika disetujui Kongres.

RUU tersebut praktis tidak memiliki peluang di Senat yang dikuasai Partai Demokrat. Namun anggota Kongres dari Partai Demokrat memiliki pendapat yang berbeda mengenai masalah ini, dan sekitar dua lusin anggota telah menandatangani surat kepada pemerintahan Biden yang menyatakan bahwa mereka “sangat prihatin dengan pesan” yang dikirimkan dengan menghentikan pengiriman bom.

Salah satu penandatangan surat tersebut, anggota Kongres New York, Ritchie Torres, mengatakan ia kemungkinan akan memilih RUU tersebut, meskipun ada tentangan dari Gedung Putih. “Saya mempunyai aturan umum untuk mendukung undang-undang pro Israel kecuali jika undang-undang tersebut mencakup pil racun – seperti pemotongan kebijakan dalam negeri,” katanya.

Selain ancaman veto tertulis, Gedung Putih telah berhubungan dengan berbagai anggota parlemen dan staf Kongres mengenai undang-undang tersebut, menurut seorang pejabat pemerintah.

“Kami sangat menentang upaya untuk membatasi kemampuan Presiden untuk mengerahkan bantuan keamanan AS sesuai dengan kebijakan luar negeri AS dan tujuan keamanan nasional,” kata sekretaris pers Gedung Putih, Karine Jean-Pierre, pekan ini, seraya menambahkan bahwa pemerintah berencana untuk menghabiskan “setiap sen” yang dialokasikan oleh Kongres dalam paket tambahan keamanan nasional yang ditandatangani menjadi undang-undang oleh Biden bulan lalu. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home