Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:23 WIB | Minggu, 05 Mei 2024

Bank Palestina di Gaza Dirampok Kelompok Bersenjata, US$ 70 Juta Hilang

Warga Palestina berjalan di dekat gedung Bank of Palestine yang rusak menyusul operasi darat Israel, di tengah konflik yang sedang berlangsung antara Israel dan Hamas, di Kota Gaza, 10 Februari 2024. (Foto: dok. Reuters)

JALUR GAZA, SATUHARAPAN.COM-Kelompok-kelompok bersenjata di Gaza, termasuk kelompok yang diduga memiliki hubungan dengan Hamas, bulan lalu merampok Bank Palestina sebesar US$70 juta, harian Prancis, Le Monde melaporkan pada hari Sabtu (4/5).

Dana tersebut diambil dari brankas beberapa cabang bank tersebut, katanya, mengutip dokumen Bank Palestina yang dikirim ke “mitra internasional tertentu” yang merinci perampokan tersebut.

Pada tanggal 16 April, staf menemukan lubang di langit-langit ruang penyimpanan di salah satu cabang bank di Gaza dan menemukan bahwa sekitar US$3 juta shekel Israel yang ditujukan untuk mesin ATM tunai hilang, kata Le Monde.

Keesokan harinya, kelompok bersenjata yang dilengkapi dengan bahan peledak kembali ke lokasi, meledakkan ruang pelindung semen, dan mengambil lebih dari US$30 juta dalam berbagai mata uang dari tiga brankas.

Dua hari kemudian, cabang terbesar di Gaza diserang oleh pasukan komando yang mengatakan bahwa mereka bertanggung jawab kepada “otoritas tertinggi di Gaza”, yang menurut surat kabar tersebut berarti Hamas. Mereka mengambil syikal senilai lebih dari US$36 juta.

Bank of Palestine, yang didirikan pada tahun 1960, adalah lembaga keuangan terkemuka di Gaza.

Otoritas Moneter Palestina, sebuah badan independen yang mengawasi sistem keuangan di wilayah Palestina, mengatakan ketika dihubungi oleh AFP bahwa pihaknya berencana mengeluarkan pernyataan tentang masalah ini pada hari Sabtu (4/5) malam. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home