Loading...
DUNIA
Penulis: Dewasasri M Wardani 15:48 WIB | Kamis, 03 Juli 2014

AS: Kunjungan Xi Jinping ke Korsel “Tonggak Penting”

Presiden China Xi Jinping (kiri) dan Presiden Korsel Park Geun-hye akan bertemu sebelum Juli di Seoul (Foto: voaindonesia.com)

WASHINGTON,SATUHARAPAN.COM – “Kunjungan Presiden Tiongkok Xi Jinping ke Korea Selatan menandai “tonggak penting” dalam hubungan yang mulai menghangat dan sangat kontras dengan hubungan “dingin” antara Beijing dan Pyongyang,“ ujar diplomat AS pada Rabu (2/7).

Xi akan berkunjung ke Seoul, pada Kamis (3/7), untuk melakukan pembicaraan dengan Presiden Korea Selatan, Park Geun-Hye dalam kunjungan kenegaraan, yang akan mencakup diskusi mengenai program nuklir Korea Utara.

Namun, meski Beijing adalah sekutu lama Korea Utara, Tiongkok belum juga melakukan pertemuan dengan Pyongyang, sejak kematian mantan pemimpinnya Kim Jong-Il, pada Desember 2011.

“Jelas bahwa kunjungan presiden Tiongkok ke Republik Korea, menunjukkan menghangatnya hubungan secara signifikan, dan meluasanya praktik kerja sama, bertolak belakang dengan hubungan dingin antara Beijing dan Pyongyang,” kata Asisten Menteri Luar Negeri, Daniel Russel kepada AFP dalam sebuah wawancara.

“Beijing dan Washington berusaha, untuk membujuk Korea Utara bahwa satu-satunya pilihan yang tepat adalah mengambil langkah yang sesuai dengan kewajian internasionalnya,” ujar Russel.

Perundingan empat pihak dengan Pyongyang, untuk mengekang program nuklirnya tertunda sejak 2009, dan Korea Utara melakukan serangkaian peluncuran roket, sehingga mendapat kecaman dari AS yang menganggapnya sebagai tindakan provokatif. (AFP/Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home