Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 18:04 WIB | Minggu, 14 April 2024

AS Menyatakan Mendukung dan Bela Israel Melawan Serangan Iran

Foto dari Gedung Putih, Presiden AS, Joe Biden, bersama anggota dewan keamanan nasional menerima update serangan udara dari Iran ke Israel dalam pertemuan di Ruang Situasi Gedung Putih, hari Sabtu (13/4). (Foto: Gedung Putih/Adam Schulz via AP)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Presiden Amerika Serikat,Joe Biden, pada hari Sabtu (13/4) memuji pasukan Amerika yang membantu Israel menjatuhkan “hampir semua” drone dan rudal yang ditembakkan oleh Iran dan berjanji untuk mengoordinasikan tanggapan global terhadap serangan Teheran yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Ketika ketegangan regional mencapai titik tertinggi sejak perang Israel-Hamas dimulai enam bulan lalu, Biden berjanji bahwa dukungan Amerika terhadap pertahanan Israel terhadap serangan Iran dan proksinya sangat kuat. Serangan tersebut menandai pertama kalinya Iran melancarkan serangan militer langsung terhadap Israel, yang berisiko menimbulkan konflik regional yang lebih luas.

AS dan Israel telah bersiap menghadapi serangan selama berhari-hari setelah Iran mengatakan akan membalas dugaan serangan Israel bulan ini terhadap gedung konsulat Iran di Suriah yang menewaskan 12 orang, termasuk dua jenderal senior Iran di Pasukan Quds elite Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran.

“Atas arahan saya, untuk mendukung pertahanan Israel, militer AS memindahkan pesawat dan kapal perusak pertahanan rudal balistik ke wilayah tersebut selama sepekan terakhir,” kata Biden dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu (13/4) malam. “Berkat pengerahan ini dan keterampilan luar biasa dari prajurit kami, kami membantu Israel menghancurkan hampir semua drone dan rudal yang masuk.”

Biden mempersingkat masa tinggalnya di akhir pekan di rumahnya di pantai Delaware untuk bertemu dengan tim keamanan nasionalnya di Gedung Putih pada Sabtu sore, dan kembali ke Washington beberapa menit sebelum para pejabat Israel mengonfirmasi bahwa mereka telah mendeteksi drone yang diluncurkan ke wilayah mereka dari Iran.

Dia mengadakan pertemuan utama Dewan Keamanan Nasional di Ruang Situasi Gedung Putih untuk membahas situasi yang sedang terjadi, kata Gedung Putih, sebelum berbicara dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada Sabtu (13/4) malam.

“Saya mengatakan kepadanya bahwa Israel menunjukkan kapasitas luar biasa untuk bertahan melawan dan mengalahkan serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya – mengirimkan pesan yang jelas kepada musuh-musuhnya bahwa mereka tidak dapat secara efektif mengancam keamanan Israel,” kata Biden.

Biden menambahkan bahwa dia akan mengadakan pertemuan Kelompok Tujuh negara-negara demokrasi maju pada hari Minggu “untuk mengoordinasikan tanggapan diplomatik yang bersatu terhadap serangan kurang ajar Iran.”

Pentagon melaporkan bahwa Menteri Pertahanan, Lloyd Austin, telah berbicara dengan rekannya dari Israel “untuk membahas ancaman regional yang mendesak… dan menjelaskan bahwa Israel dapat mengandalkan dukungan penuh AS untuk membela Israel dari serangan apa pun oleh Iran dan proksi regionalnya.” Penasihat keamanan nasional Jake Sullivan juga berbicara dengan penasihatnya untuk memperkuat “komitmen kuat Washington terhadap keamanan Israel.”

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional, Adrienne Watson, mengatakan dalam pernyataan hari Sabtu bahwa “Iran telah memulai serangan udara terhadap Israel.” Dia menambahkan: “Amerika Serikat akan mendukung rakyat Israel dan mendukung pertahanan mereka terhadap ancaman dari Iran.”

Biden pada hari Jumat mengatakan Amerika Serikat “berbakti” untuk membela Israel dan bahwa “Iran tidak akan berhasil.” Ketika ditanya oleh wartawan apa pesannya untuk Iran, satu-satunya jawaban presiden adalah: “Jangan.”

Dia mengabaikan pertanyaan tentang apa yang akan memicu respons langsung militer AS, dan ketika ditanya seberapa besar kemungkinan serangan Iran terhadap Israel, Biden mengatakan dia tidak ingin mendapatkan informasi yang aman. mation, “tapi harapanku lebih cepat daripada nanti.”

AS, bersama sekutunya, telah mengirimkan pesan langsung ke Teheran untuk memperingatkan agar konflik tidak semakin meningkat.

Selama perang Israel-Hamas di Gaza, hampir setiap hari terjadi baku tembak antara pasukan Israel dan kelompok militan Hizbullah yang didukung Iran di sepanjang perbatasan Israel-Lebanon. Para pejabat AS telah mencatat lebih dari 150 serangan oleh milisi yang didukung Iran di Irak dan Suriah terhadap pasukan AS di pangkalan-pangkalan di negara-negara tersebut sejak perang dimulai pada 7 Oktober.

Satu serangan pada akhir Januari menewaskan tiga anggota militer AS di Yordania. Sebagai pembalasan, AS melancarkan serangan udara besar-besaran, mengenai lebih dari 85 sasaran di tujuh lokasi di Irak dan Suriah.

Sementara itu, pada hari Sabtu, pasukan komando dari Garda Revolusi paramiliter Iran turun dari helikopter ke kapal kontainer yang berafiliasi dengan Israel di dekat Selat Hormuz dan menyita kapal tersebut.

Watson, juru bicara NSC, mengatakan AS mengutuk keras penyitaan tersebut dan mendesak Iran untuk segera melepaskan kapal dan awaknya.

“Kami akan bekerja sama dengan mitra kami untuk meminta pertanggungjawaban Iran atas tindakannya,” katanya.

Pada hari Sabtu yang sama, Tepi Barat yang diduduki Israel juga mengalami kekerasan terburuk sejak serangan Hamas terhadap Israel. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home