Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 11:05 WIB | Sabtu, 13 April 2024

Pengadilan Argentina Salahkan Iran atas Serangan Teror tahun 1994 terhadap kedutaan Israel

Pengadilan mencap Republik Islam Iran sebagai ‘negara teroris’, dan keputusan tersebut mengatakan Hizbullah melakukan pemboman mematikan atas perintah Teheran, dan sebagai kejahatan terhadap kemanusiaan.
Pengadilan Argentina Salahkan Iran atas Serangan Teror tahun 1994 terhadap kedutaan Israel
Kerabat korban serangan bom di pusat komunitas Yahudi Mutual Israel Association of Argentina (AMIA) yang menewaskan 85 orang dan melukai 300 orang, memegang foto saat ulang tahunnya yang ke-28, di Buenos Aires, Argentina, pada 18 Juli 2022. (Foto: dok. AFP/Luis ROBAYO)
Pengadilan Argentina Salahkan Iran atas Serangan Teror tahun 1994 terhadap kedutaan Israel
Dalam foto bertanggal 17 Maret 1992 ini, petugas pemadam kebakaran dan petugas penyelamat berjalan melewati puing-puing Kedutaan Besar Israel setelah serangan teroris di Buenos Aires, Argentina. (Foto: dok. AP/DonRypka)

BUENOS AIRES, SATUHARAPAN.COM-Lebih dari tiga dekade setelah serangan mematikan di Buenos Aires, Argentina, yang menargetkan kedutaan Israel dan sebuah pusat Yahudi, pengadilan Argentina menyalahkan Iran pada hari Kamis (11/4)  dan menyatakan negara itu sebagai “negara teroris,” menurut media lokal.

Keputusan tersebut, yang dikutip oleh laporan pers, mengatakan Iran telah memerintahkan serangan terhadap kedutaan Israel pada tahun 1992 dan serangan terhadap pusat Yahudi Argentine Israel Mutual Association (AMIA) pada tahun 1994.

Pengadilan juga mengaitkan gerakan teror Syiah Lebanon, Hizbullah, yang didukung Iran dan menyebut serangan terhadap AMIA, yang paling mematikan dalam sejarah Argentina, sebagai “kejahatan terhadap kemanusiaan,” menurut dokumen pengadilan yang dikutip oleh laporan media.

“Hizbullah melakukan operasi yang menanggapi rancangan politik, ideologi, dan revolusioner di bawah mandat pemerintah, negara,” Carlos Mahiques, salah satu dari tiga hakim yang mengeluarkan keputusan tersebut, mengatakan kepada Radio Con Vos, merujuk pada Iran.

Pada tahun 1992, serangan bom di kedutaan Israel menyebabkan 29 orang tewas. Dua tahun kemudian, sebuah truk berisi bahan peledak melaju ke pusat Yahudi AMIA dan meledak, menyebabkan 85 orang tewas dan 300 lainnya luka-luka.

Serangan tahun 1994 tidak pernah diklaim atau diselesaikan, namun Argentina dan Israel telah lama mencurigai Hizbullah melakukan serangan tersebut atas permintaan Iran.

Jaksa menuduh pejabat tinggi Iran memerintahkan serangan itu. Teheran membantah terlibat.

Argentina memiliki komunitas Yahudi terbesar di Amerika Latin, dengan sekitar 300.000 anggota. Ini juga merupakan rumah bagi komunitas imigran dari Timur Tengah, khususnya dari Suriah dan Lebanon.

Para hakim pada hari Kamis memutuskan bahwa serangan AMIA adalah kejahatan terhadap kemanusiaan, dan menyalahkan presiden saat itu Ali Akbar Hashemi Bahramaie Rafsanjani serta pejabat Iran lainnya dan anggota Hizbullah.

Keputusan tersebut disambut baik oleh presiden Delegasi Asosiasi Israel Argentina (DAIA), Jorge Knoblovits.

Dia mengatakan kepada Radio Mitre bahwa keputusan tersebut “sangat penting karena memungkinkan para korban untuk dibawa ke Pengadilan Kriminal Internasional.”

Mantan presiden Argentina, Carlos Menem, yang meninggal pada tahun 2021 dan menjadi presiden pada saat kedua serangan tersebut terjadi, diadili karena menutupi pemboman AMIA, namun akhirnya dibebaskan.

Mantan kepala intelijennya, Hugo Anzorreguy, dijatuhi hukuman empat setengah tahun penjara karena perannya menghalangi penyelidikan.

Dia termasuk di antara selusin terdakwa yang menghadapi serangkaian tuduhan korupsi dan menghalangi keadilan dalam kasus tersebut, termasuk mantan hakim yang memimpin penyelidikan atas serangan tersebut, Juan Jose Galeano, yang pada tahun 2019 dipenjara selama enam tahun karena penyembunyian dan pelanggaran. bukti. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home