Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 13:03 WIB | Kamis, 06 Juni 2024

AS Peringati 35 Tahun Pembantaian Lapangan Tiananmen, China

Para pengunjuk rasa memegang spanduk di luar gedung parlemen, menandai peringatan 35 tahun penumpasan Lapangan Tiananmen di Beijing pada tahun 1989, di London, Inggris, 2 Juni 2024. (Foto: Reuters)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Amerika Serikat pada hari Selasa (4/6) berjanji untuk tidak pernah berhenti mempromosikan hak asasi manusia di China 35 tahun setelah tindakan keras berdarah di Lapangan Tiananmen, ketika para pemimpin gerakan protes di pengasingan memohon tindakan untuk membantu menjaga kenangan tersebut tetap hidup.

Ketika China dengan cermat menyensor setiap penyebutan pemberontakan mahasiswa tahun 1989, pemadaman listrik semakin meluas ke Hong Kong yang dulu sudah dibuka, para veteran protes Lapangan Tiananmen memperingati peringatan tersebut di luar negeri, termasuk di Amerika Serikat dan Taiwan.

Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, yang telah mengunjungi Beijing dua kali sejak tahun lalu dalam upaya meredakan ketegangan, tidak segan-segan menyebut peristiwa di Lapangan Tiananmen sebagai “pembantaian.”

“Ketika Beijing berupaya untuk menekan kenangan tanggal 4 Juni, Amerika Serikat menyatakan solidaritas dengan mereka yang melanjutkan perjuangan hak asasi manusia dan kebebasan individu,” kata Blinken dalam sebuah pernyataan.

“Keberanian dan pengorbanan orang-orang yang berdiri di Lapangan Tiananmen 35 tahun lalu tidak akan terlupakan,” katanya.

Blinken mengatakan Amerika Serikat akan “terus bersuara dan bekerja dengan komunitas internasional untuk mendorong akuntabilitas” atas “pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan Beijing baik di dalam maupun di luar perbatasannya.”

Tank-tank meluncur ke alun-alun pusat kota Beijing yang luas pada tanggal 4 Juni 1989, membersihkan mahasiswa yang menuntut reformasi demokrasi.

Jumlah korban pastinya tidak diketahui tetapi ratusan orang meninggal, dengan perkiraan lebih dari 1.000 orang. Sejak saat itu, penguasa komunis China berusaha untuk menghapus segala penyebutan tindakan keras tersebut di depan umum.

Wang Dan, salah satu pengunjuk rasa Tiananmen paling terkenal yang ditangkap tetapi kemudian diizinkan mengasingkan diri di Amerika Serikat, mengutip pernyataan Martin Luther King Jr yang mengatakan bahwa dia masih memiliki “impian China saya sendiri.”

“Saya bermimpi suatu hari nanti rakyat China akan memiliki kebebasan dan martabat,” katanya di luar gedung Capitol AS, diapit oleh anggota parlemen termasuk mantan ketua Kongres, Nancy Pelosi, dan Kevin McCarthy.

“Selama 35 tahun, saya tidak pernah melupakan mimpi ini satu hari pun.”

Seruan Tekanan pada Perusahaan Teknologi

Gambaran dari Lapangan Tiananmen, termasuk “Manusia Tank” yang terkenal yang menunjukkan pembangkangan, mencengkeram Amerika Serikat, namun para pemimpin politik dengan cepat bergerak untuk menjaga hubungan dengan Beijing.

Amerika Serikat membuka pasarnya yang luas untuk barang-barang manufaktur, sehingga membantu mendorong kebangkitan China menjadi negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia.

“Para pembuat kebijakan di Amerika Serikat dengan sengaja mempertaruhkan nyawanya,” Zhou Fengsuo, seorang pemimpin Lapangan Tiananmen yang sekarang mengepalai kelompok advokasi Hak Asasi Manusia di China, mengatakan pada sidang Komisi Eksekutif Kongres untuk China.

Zhou mendesak tekanan pada perusahaan-perusahaan teknologi Barat agar berhenti bekerja sama dengan China guna menegakkan sensor, termasuk mematuhi larangan terhadap akun media sosial.

“Perusahaan harus dimintai pertanggungjawaban atas peran mereka dalam mendukung sensor, pengawasan, dan pelecehan yang dilakukan oleh PKT,” katanya tentang Partai Komunis China.

Aktivis veteran tersebut memberikan kesaksian bersama “Karin,” seorang mahasiswa China yang muncul di ruang sidang kongres dengan mengenakan masker dan kacamata hitam di bawah topi baseball North Face.

Sebagai mahasiswa di Universitas Columbia, dia mengatakan dia baru mengetahui tentang tindakan keras di Lapangan Tiananmen ketika dia bisa mengakses Wikipedia.

Dia mengatakan kepada anggota parlemen bahwa Beijing telah memberikan tekanan besar terhadap pelajar di luar negeri, termasuk dengan menggunakan teman sekelasnya untuk melaporkan suara-suara kritis di antara mereka dan dengan menahan pelajar aktivis ketika mereka kembali ke negaranya.

Dia meminta anggota parlemen AS untuk memaksa kelompok mahasiswa untuk mengungkapkan pendanaan dan menekan universitas untuk mendukung mahasiswa yang merasa mereka menjadi target penindasan transnasional.

Generasi-generasi setelah Amerika Serikat menyambut para pelajar Tiananmen, katanya, “para pionir pertama yang memberikan semangat bagi kita semua tidak boleh dibiarkan membeku ditiup angin dan salju.” (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home