Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 15:48 WIB | Selasa, 10 Mei 2016

AS: Puerto Rico Tidak Punya Dana untuk Berantas Zika

Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Jacob Lew. (Foto: france24.com/AFP)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM – Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Jacob Lew mengatakan, bahwa Puerto Rico, yang perekonomiannya hancur akibat utang, tidak memiliki dana untuk memberantas wabah virus zika, Senin (9/5).

Saat mengunjungi wilayah AS untuk menunjukkan dukungan bagi kampanye penghapusan utang. Lew mengatakan langkah penghematan yang diterapkan terhadap pemerintah membuat wilayah teritorial itu kekurangan staf, dan dana serta rentan terhadap wabah mematikan zika.

Lew menggambarkan situasi, ketika virus zika menyebar dan rumah sakit kekurangan staf medis, serta tidak bisa mendapatkan obat yang mereka butuhkan untuk mengobati pasien; dan di daerah tempat nyamuk berkembang biak, tidak ada dana untuk menangani pemberantasan nyamuk.

“Itu semua kenyataan yang pahit,  ini bukan masalah masa depan itu sesuatu yang terjadi saat ini,” katanya.

Zika terbukti ditularkan melalui nyamuk di Pulau Karibia itu, dan satu orang dilaporkan meninggal.

Namun, pemerintah saat ini terlilit utang sebesar 70 miliar dolar AS (sekitar Rp935 triliun) yang tidak mampu dibayarnya.

Pekan lalu, wilayah teritorial AS tersebut juga gagal membayar obligasi sebesar 400 juta dolar AS (sekitar Rp5,3 triliun). (AFP/Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home