Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 11:17 WIB | Senin, 13 November 2023

Astronot Frank Borman, Komandan Apollo 8 Tahun 1968, Meninggal Dunia

Dia memimpin penerbangan Apollo 8 pada tahun 1968 yang terbang mengelilingi bulan 10 kali.
Astronot Frank Borman, Komandan Apollo 8 Tahun 1968, Meninggal Dunia
Astronot Apollo 8, dari kiri, James Lowell, William Anders, dan Frank Borman para latihan untuk penerbangan enam hari dalam misi orbital bulan di Kennedy Space Center, Florida pada 18 Desember 1968. (Foto: dok. AP)
Astronot Frank Borman, Komandan Apollo 8 Tahun 1968, Meninggal Dunia
Mantan Komandan Apollo 8, Frank Borman di Billings, Montana, dengan foto bumi dari luar angkasa yang diambil 45 tahun lalu. (Foto: dok. Larry Mayer/The Billings Gazette via AP)

MONTANA, SATUHARAPAN.COM-Astronot Amerika Serikat, Frank Borman, yang memimpin penerbangan bersejarah Apollo 8, dan pada Natal 1968 yang mengelilingi bulan 10 kali dan membuka jalan bagi pendaratan di bulan pada tahun berikutnya, telah meninggal. Dia berusia 95 tahun.

Borman meninggal pada hari Selasa (7/11) di Billings, Montana, menurut NASA.

Borman juga memimpin Eastern Airlines yang bermasalah pada tahun 1970-an dan awal tahun 80-an setelah meninggalkan korps astronot.

Tapi dia terkenal karena tugasnya di NASA. Dia dan krunya, James Lovell dan William Anders, adalah misi Apollo pertama yang terbang ke bulan, dan melihat Bumi sebagai bola jauh di luar angkasa.

“Hari ini kita mengingat salah satu karya terbaik NASA. Astronot Frank Borman adalah pahlawan Amerika sejati,” kata Administrator NASA, Bill Nelson, dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis (9/11). “Kecintaannya terhadap penerbangan dan eksplorasi selama ini hanya bisa dilampaui oleh cintanya pada istrinya Susan.”

Diluncurkan dari Cape Canaveral Florida pada 21 Desember 1968, trio Apollo 8 menghabiskan tiga hari perjalanan ke bulan, dan meluncur ke orbit bulan pada Malam Natal. Setelah berputar 10 kali pada 24-25 Desember, mereka pulang pada 27 Desember.

Pada Malam Natal, para astronot membaca Alkitab, mengabil ayat Kitab Kejadian 1: 1-2a dalam siaran langsung dari pengorbit: “Pada mulanya, Tuhan menciptakan langit dan bumi. Dan bumi belum berbentuk dan kosong; dan gelap gulita menutupi samudera raya…”

Borman mengakhiri siarannya dengan, “Dan dari kru Apollo 8, kami menutupnya dengan ucapan selamat malam, semoga sukses, Selamat Natal, dan Tuhan memberkati kalian semua, kalian semua di Bumi yang baik.”

Lovell dan Borman sebelumnya pernah terbang bersama selama dua pekan misi Gemini 7, yang diluncurkan pada 4 Desember 1965, dan, dengan jarak hanya 120 kaki, menyelesaikan pertemuan orbital ruang angkasa pertama dengan Gemini 6.

“Gemini merupakan perjalanan yang sulit,” kata Borman kepada The Associated Press pada tahun 1998. “Ukurannya lebih kecil dibandingkan kursi depan mobil Volkswagen. Itu membuat Apollo tampak seperti bus wisata yang super duper dan mewah.”

Dalam bukunya, “Countdown: An Autobiography,” Borman mengatakan Apollo 8 awalnya seharusnya mengorbit Bumi. Keberhasilan misi Apollo 7 pada bulan Oktober 1968 yang menunjukkan keandalan sistem pada penerbangan berdurasi panjang membuat NASA memutuskan sudah waktunya untuk mencoba terbang ke bulan.

Namun Borman mengatakan ada alasan lain mengapa NASA mengubah rencana tersebut: badan tersebut ingin mengalahkan Rusia. Borman mengatakan menurutnya satu orbit saja sudah cukup.

“Perhatian utama saya dalam seluruh penerbangan ini adalah untuk sampai di sana lebih dulu daripada orang-orang Rusia dan pulang ke rumah. Itu adalah pencapaian yang signifikan di mata saya,” jelas Borman saat tampil di Chicago pada tahun 2017.

Pada orbit keempat kru itu, Anders mengambil foto ikonik “Earthrise” yang menunjukkan Bumi berwarna biru dan putih yang menjulang di atas lanskap bulan yang kelabu.

Borman menulis tentang tampilan Bumi dari jauh: “Kami adalah manusia pertama yang melihat dunia dalam keagungan totalitasnya, sebuah pengalaman yang sangat emosional bagi kami masing-masing. Kami tidak berkata apa-apa satu sama lain, tapi saya yakin pikiran kami sama, tentang keluarga kami di dunia yang berputar ini. Dan mungkin kami berbagi pemikiran lain yang saya miliki, Ini pasti apa yang Tuhan lihat.”

Setelah NASA, karir penerbangan Borman merambah ke dunia bisnis pada tahun 1970 ketika ia bergabung dengan Eastern Airlines, yang pada saat itu merupakan maskapai penerbangan terbesar keempat di AS. Dia akhirnya menjadi presiden dan CEO Eastern dan pada tahun 1976 juga menjadi ketua dewan direksi.

Masa jabatan Borman di Eastern menyebabkan harga bahan bakar meningkat tajam dan pemerintah melakukan deregulasi industri penerbangan. Maskapai ini menjadi semakin tidak menguntungkan, terlilit utang, dan terkoyak oleh ketegangan perburuhan. Dia mengundurkan diri pada tahun 1986 dan pindah ke Las Cruces, New Mexico.

Dalam otobiografinya, Borman menulis bahwa ketertarikannya pada dunia penerbangan dimulai pada masa remajanya ketika ia dan ayahnya merakit pesawat model. Pada usia 15 tahun, Borman mengambil pelajaran terbang, menggunakan uang yang dia simpan untuk bekerja sebagai petugas tas dan memompa bensin sepulang sekolah. Dia melakukan penerbangan solo pertamanya setelah delapan jam instruksi ganda. Dia terus terbang hingga usia 90-an.

Borman lahir di Gary, Indiana, tetapi dibesarkan di Tucson, Arizona. Ia bersekolah di Akademi Militer AS di West Point, di mana ia memperoleh gelar sarjana sains pada tahun 1950. Pada tahun yang sama, Borman menikahi kekasih SMA-nya, Susan Bugbee. Dia meninggal pada tahun 2021.

Borman bekerja sebagai pilot pesawat tempur Angkatan Udara AS, pilot operasional dan instruktur di West Point setelah lulus. Pada tahun 1956, Borman memindahkan keluarganya ke Pasadena, California, di mana ia memperoleh gelar master sains di bidang teknik penerbangan dari California Institute of Technology. Pada tahun 1962, dia adalah salah satu dari sembilan pilot uji yang dipilih oleh NASA untuk program astronot.

Dia menerima Medali Kehormatan Luar Angkasa Kongres dari Presiden Jimmy Carter.

Pada tahun 1998, Borman memulai peternakan sapi di Bighorn, Montana, bersama putranya, Fred. Selain Fred, dia meninggalkan seorang putra lainnya, Edwin, dan keluarga mereka. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home