Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 19:52 WIB | Rabu, 13 September 2023

Astronot NASA Frank Rubio Catat Rekor Penerbangan Luar Angkasa Terlama di AS

Astronot Frank Rubio mengambang di dalam kubah, “jendela dunia” Stasiun Luar Angkasa Internasional. Rubio kini memegang rekor penerbangan luar angkasa AS yang terpanjang. Rubio melampaui rekor AS yaitu 355 hari pada Senin, 11 September 2023 di Stasiun Luar Angkasa Internasional. Dia tiba di pos terdepan pada September lalu bersama dua orang Rusia untuk rutinitas kegiatan selama enam bulan. (Foto: NASA via AP)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Frank Rubio melampaui rekor ketahanan berada di luar angkasa Amerika Serikat selama 355 hari pada hari Senin (11/9) di Stasiun Luar Angkasa Internasional. Dia tiba di pos terdepan pada September lalu bersama dua orang Rusia untuk rutinitas selama enam bulan. 

Namun masa tinggal mereka menjadi dua kali lipat setelah kapsul Soyuz mereka mengalami kebocoran cairan pendingin saat diparkir di stasiun luar angkasa.

Ketiganya akan kembali ke Bumi pada 27 September dengan kapsul pengganti yang dikirim dalam keadaan kosong untuk perjalanan pulang. Pada saat itu, Rubio akan menghabiskan 371 hari di luar angkasa, lebih dari dua pekan lebih lama dari Mark Vande Hei, pemegang rekor AS sebelumnya untuk penerbangan luar angkasa tunggal, Rusia memegang rekor dunia 437 hari, yang dibuat pada pertengahan tahun 1990an.

“Dedikasimu benar-benar luar biasa, Frank!” kata Kepala NASA, Bill Nelson, melalui X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

Awak pengganti yang terdiri dari dua orang Rusia dan seorang Amerika akan berangkat ke stasiun tersebut dari Kazakhstan pada hari Jumat (15/9). (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home