Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 18:55 WIB | Jumat, 23 Desember 2022

Atasi Pasokan Listrik, Jepang Kembali Hidupkan Energi Nuklir

Foto udara ini menunjukkan pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi di kota Okuma, prefektur Fukushima, utara Tokyo, pada 17 Maret 2022. Jepang pada Kamis, 22 Desember, mengadopsi kebijakan baru yang mempromosikan penggunaan energi nuklir yang lebih besar untuk memastikan pasokan listrik yang stabil di tengah kekurangan bahan bakar global dan pengurangan emisi karbon, pembalikan besar dari rencana penghentiannya sejak krisis Fukushima. (Foto: Shohei Miyano/Kyodo via AP, File)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM-Jepang mengadopsi kebijakan baru yang mempromosikan penggunaan energi nuklir yang lebih besar untuk memastikan pasokan listrik yang stabil di tengah kekurangan bahan bakar global dan untuk mengurangi emisi karbon.

Kebijakan hari Kamis (22/12) itu menjadi pembalikan besar dari rencana penghentiannya setelah krisis pabrik di Fukushima yag bocor setelah tsunami.

Kebijakan baru mengatakan Jepang harus memaksimalkan penggunaan reaktor nuklir yang ada dengan memulai kembali sebanyak mungkin reaktor dan memperpanjang masa operasi reaktor lama melebihi batas 60 tahun, dan dengan mengembangkan reaktor generasi berikutnya untuk menggantikannya.

Sentimen anti nuklir dan masalah keamanan meningkat tajam di Jepang setelah bencana Fukushima tahun 2011, dan persetujuan dimulai kembali perlahan di bawah standar keamanan yang lebih ketat. Perusahaan utilitas telah mengajukan permohonan untuk menghidupkan kembali 27 reaktor dalam dekade terakhir. Tujuh belas telah lulus pemeriksaan keselamatan dan hanya 10 yang kembali beroperasi. Itu sejalan dengan rencana Jepang sebelumnya untuk menghapuskan energi nuklir pada tahun 2030.

Sebagai pembalikan, kebijakan baru mengatakan tenaga nuklir memberikan output yang stabil dan melayani "peran penting sebagai sumber energi beban dasar bebas karbon dalam mencapai stabilitas pasokan dan netralitas karbon" dan berjanji untuk "mempertahankan penggunaan tenaga nuklir di masa depan."

“Transformasi hijau melibatkan transformasi ekonomi dan sosial yang besar, dan pengembangan teknologi serta upaya oleh masing-masing negara dapat mengubah situasi,” kata Perdana Menteri Fumio Kishida.

Kementerian Ekonomi dan Industri telah menyusun rencana untuk mengizinkan perpanjangan setiap 10 tahun untuk reaktor setelah 30 tahun beroperasi, dan juga mengizinkan utilitas untuk mengurangi periode offline dalam menghitung umur operasional reaktor di luar batas 60 tahun saat ini.

Rencana tersebut disetujui pada hari Rabu (21/12) oleh Otoritas Regulasi Nuklir, badan pengawas nuklir Jepang, yang membuka jalan bagi penerapan kebijakan tersebut. Aturan inspeksi keselamatan yang baru masih perlu disusun menjadi undang-undang dan disetujui oleh Parlemen.

Sebagian besar reaktor nuklir di Jepang berusia lebih dari 30 tahun. Empat reaktor yang telah beroperasi selama lebih dari 40 tahun telah mendapat izin untuk beroperasi, dan satu sedang online.

Kebijakan baru tidak membantu mengatasi kekurangan pasokan energi karena reaktor tidak dapat dimulai kembali secepat harapan pemerintah, karena penundaan peningkatan keselamatan operator dan hambatan lain termasuk persetujuan lokal, kata para ahli.

Energi nuklir menyumbang kurang dari 7% dari pasokan energi Jepang, dan mencapai tujuan pemerintah untuk meningkatkan bagiannya menjadi 20-22% pada tahun fiskal 2030 akan membutuhkan sekitar 27 reaktor, dari saat ini 10, target tampaknya tidak bisa dicapai.

Para ahli mengatakan mengembangkan reaktor generasi mendatang melibatkan biaya besar dan prospek yang tidak pasti.

Kishida juga mengatakan pada Kamis bahwa pemerintah akan berbuat lebih banyak untuk menemukan lokasi kandidat untuk penyimpanan akhir limbah nuklir tingkat tinggi, yang belum dimiliki Jepang. Studi pendahuluan telah dimulai di dua kota kecil di Hokkaido.

Para penentang mengatakan tenaga nuklir tidak fleksibel dan bahkan tidak lebih murah daripada energi terbarukan ketika pengelolaan limbah akhir dan langkah-langkah keselamatan yang diperlukan dipertimbangkan, dan itu dapat menyebabkan kerusakan yang tak terukur dalam kecelakaan atau konflik, seperti dalam serangan Rusia terhadap pembangkit nuklir Ukraina.

Ruiko Muto, seorang yang selamat dari bencana Fukushima, menyebut kebijakan baru itu “sangat mengecewakan.” Dia menambahkan: “Bencana Fukushima belum berakhir dan pemerintah sepertinya sudah melupakan apa yang terjadi.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home