Loading...
SAINS
Penulis: BPK PENABUR Jakarta 17:05 WIB | Selasa, 16 April 2024

Atlet Roller Sport SDK 10 PENABUR : Berawal dari Hobi, Akhirnya Jadi Prestasi

Atlet Roller Sport SDK 10 PENABUR : Berawal dari Hobi, Akhirnya Jadi Prestasi
Bianca Adelyn Salim, siswa kelas 5 SDK 10 PENABUR (Foto : BPKPJakarta)
Atlet Roller Sport SDK 10 PENABUR : Berawal dari Hobi, Akhirnya Jadi Prestasi
Mewakili DKI Jakarta dalam lomba (Foto : BPKPJakarta)
Atlet Roller Sport SDK 10 PENABUR : Berawal dari Hobi, Akhirnya Jadi Prestasi
Mewakili DKI Jakarta dalam lomba (Foto : BPKPJakarta)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Kamu punya hobi bersepatu roda atau memiliki ketertarikan dengan kegiatan meluncur yang satu ini? Yuk kenalan dengan Bianca Adelyn Salim, siswa kelas 4 SDK 10 PENABUR yang gemar bersepatu roda. Berawal saat melihat salah seorang saudaranya bermain, ketertarikan Bianca muncul dan mulai serius menekuni olahraga sepatu roda (roller sport) di usia 6 tahun.

“Aku berlatih minimal 3 jam sehari.” ungkap Bianca sungguh-sungguh. Sejalan dengan pepatah ‘Hasil Tidak Akan Mengkhianati Proses’, usaha yang dilakukan membuat Bianca menjadi jagoan olahraga sepatu roda.

Hal tersebut dibuktikan oleh Bianca di arena pertandingan, mulai dari tingkat kota hingga nasional. Ia berhasil meraih juara 1 dalam Classic Slalom Junior Puteri Inline Freestyle National Competition Palembang Open 2023 dan First Indonesian National Ranking Freestyle Classic Slalom Junior Women 2023. Luar biasa bukan?

Bagi Bianca perjalanannya tidak selalu mulus, ada beberapa tantangan yang ditemuinya dalam proses pertandingan, “Terkadang ada saja gerakan yang tidak berhasil dilakukan dan itu membuatku sedih.” tuturnya. Namun Bianca tidak mau larut dalam kesedihan, ia memiliki semangat tinggi untuk melatih kembali gerakan yang gagal tadi, agar di pertandingan berikutnya berhasil.

Guru-guru di sekolah tak henti-hentinya memberikan dukungan dan semangat kepada Bianca. Hal itu menjadi salah satu faktor pendorong Bianca setiap kali mengikuti pertandingan. Khususnya pada saat mempersiapkan diri mengikuti babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) 5 - 10 November 2023 lalu di Jakarta. Dalam ajang tersebut Bianca berhasil meraih  juara 2 Classic Slalom Putri Zona 1.

Meskipun aktif mengikuti berbagai pertandingan roller sport, Bianca tidak meninggalkan kewajibannya sebagai pelajar. Ia menyusun jadwal secara sistematis agar setiap kegiatan yang dilakukan berjalan dengan lancar.

“Sehabis pulang sekolah biasanya aku makan siang, istirahat sebentar, lalu latihan sepatu roda. Setelah itu, mandi, makan malam, dan belajar.” ujar Bianca.

Bianca turut berpesan kepada teman-teman yang ingin jago dan menjadi atlet roller sport seperti dirinya, “Kuncinya harus rajin berlatih, jika terjatuh tetaplah semangat dan jangan putus asa, serta makanlah makanan yang sehat agar tubuh semakin kuat.” tutup Bianca.

Kini, Bianca sedang mempersiapkan diri untuk berlaga dalam ajang olahraga sepatu roda PON XXI Aceh-Sumut pada September 2024 dan 8th Asean Inline Freestyle Championship pada November 2024 di Vietnam mendatang.

Bianca merupakan salah satu pelajar BPK PENABUR Jakarta yang memiliki profil siswa BEST, yakni Be Tough - memiliki karakter kristiani yang utuh, tekun, penuh semangat, selalu bekerja keras, dan tangguh dalam menghadapi tantangan di arena pertandingan sebagai atlet sepatu roda hingga berhasil meraih juara.

Berikut daftar prestasi yang telah diraih Bianca dalam pertandingan roller sport  :

  • Juara 2 Skate Cross Pemula K1 Puteri Jakarta Open 2021
  • Juara 2 Sprint 100M Pemula k1 Puteri Jakarta Open 2021
  • Juara 2 Sprint 200M Pemula K1 Puteri Jakarta Open 2021
  • Juara 2 Drag Race CRC Friendly Match 2020
  • Harapan 2 Classic Slalom Junior Women Lampung Open 2022
  • Harapan 1 Classic Slalom Junior Women Kejuaraan Nasional Sepatu Roda Piala Ibu Negara
  • Juara 3 Classic Slalom Junior Women Kejuaraan Sepatu Roda Tingkat Nasional Jakarta Inline Freestyle Challenge 2023
  • Juara 2 Kejuaraan Sepatu Roda Tingkat Nasional Jogja Open 2023
  • Juara 2 Classic Slalom Junior Women Kejuaraan Sepatu Roda Tingkat Nasional Cirebon Skate Open 2023
  • Juara 2 Classic Slalom Putri zona 1 Babak Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional ( PON) 2023
  • Juara 1 Classic Slalom Junior Puteri Inline Freestyle National Competition Palembang Open 2023
  • 1st Indonesian National Ranking Freestyle Classic Slalom Junior Women 2023.

Editor : Eti Artayatini


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home