Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 07:20 WIB | Rabu, 07 Oktober 2020

Badai Delta dengan Angin Kencang Melanda Meksiko

Citra satelit yang dirilis Senin (5/10) oleh NASA Worldview, Sistem Data dan Informasi Sistem Pengamatan Bumi (EOSDIS) menunjukkan Badai Tropis Gamma (kiri), yang menerjang sebagian Meksiko selama akhir pekan dan Badai Delta menguat, kanan bawah, yang melewati Kepulauan Cayman pada Selasa (6/10) pagi. (Foto: NASA/AP)

MEXICO CITY, SATUHARAPAN.COM-Badai Delta dengan cepat meningkat menjadi badai Kategori dua pada Selasa (6/10) pagi, dengan angin berkecepatan 175 kilometer per jam di jalur untuk menghantam Meksiko tenggara dan kemudian berkembang menjadi bencana Kategori 4 saat mendekati pantai Teluk Amerika Serikat.

Saat badai Delta bergeser ke barat pada hari Senin, Kuba mencabut peringatan badai untuk Provinsi Pinar del Rio dan menggantinya dengan peringatan badai tropis. Ada juga peringatan badai tropis untuk Kepulauan Cayman termasuk Little Cayman dan Cayman Brac.

Dampak terburuk langsung dari badai ini diperkirakan terjadi di sepanjang ujung timur laut yang dipenuhi resor di Semenanjung Yucatan Meksiko, yang diperkirakan mulai melihat kondisi badai pada hari Selasa malam dan mencapai darat pada hari Rabu (7/10) pagi. Peringatan badai diberlakukan untuk Tulum dan Cozumel, resor itu masih “basah kuyup” pada hari Selasa oleh sisa-sisa Badai Tropis Gamma.

Data dari pesawat Pemburu Badai Cadangan Angkatan Udara AS menunjukkan bahwa badai Delta akan terus menguat karena kecepatannya meningkat, kata Pusat Badai AS. Badai diperkirakan akan melanda Yucatan sebagai badai besar pada hari Rabu sebelum bergerak di atas Teluk Meksiko pada hari Kamis (8/10).

Perkiraan cuaca memperingatkan gelombang badai yang sangat berbahaya yang meningkatkan permukaan air setinggi dua hingga tiga meter di Yucatan, disertai gelombang besar yang berbahaya, dan banjir bandang di pedalaman. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home