Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:48 WIB | Kamis, 18 April 2024

Bagaimana Yordania Akhirnya Memilih Membantu Israel Mencegat Rudal Iran

Terperangkap antara dukungan rakyat terhadap Palestina dan ancaman pengaruh Iran, Amman ambil perannya dalam menembak jatuh puluhan drone yang menuju Israel.
Foto yang dirilis Istana Kerajaan Yordania menunjukkan Raja Abdullah II (kanan) dan putranya Putra Mahkota Hussein ketika bertemu dengan Kanselir Jerman, Olaf Scholz, (tidak terlihat di sini) di Amman, 17 Maret 2024. (Foto: dok. Istana Kerajaan Yordania/AFP)

AMMAN, SATUHARAPAN.COM-Pada hari Sabtu (13/4) malam, puluhan drone yang diluncurkan Iran menuju Israel dicegat oleh jet angkatan udara Yordania saat mereka melintasi wilayah udara kerajaan tersebut.

Bantuan militer yang diberikan oleh Amman kepada Israel disambut dengan antusias di negara Yahudi tersebut, namun juga mengejutkan banyak warga Israel, karena Kerajaan Hashemite telah menjadi sumber kritik tanpa henti terhadap perang Israel melawan Hamas, dan berada di bawah tekanan domestik yang kuat untuk memutuskan hubungan diplomatik dengan Yerusalem.

Namun, bagi beberapa komentator, intervensi Amman pada hari Sabtu malam bukanlah sebuah kejutan. Ghaith al-Omari, warga asli Yordania dan peneliti senior di The Washington Institute for Near East Policy, mengatakan dukungan dramatis kerajaan tersebut membuktikan kekuatan aliansi keamanan antara Amman dan Yerusalem.

“Meskipun terjadi ketegangan politik antara Yordania dan Israel, hubungan militer dan intelijen tidak pernah berhenti,” katanya. “Faktanya, semakin buruk keadaan politik, semakin dekat pula hubungan militer, karena keduanya memahami perlunya menjaga hubungan ini. Ini adalah bagian dari doktrin militer Yordania dan doktrin militer Israel.”

Pada tahun 1994, Yordania menjadi negara Arab kedua yang menjalin hubungan diplomatik dengan Israel (setelah Mesir pada tahun 1979). Yordania memandang dirinya sebagai penjaga situs suci umat Islam di Kota Tua Yerusalem, termasuk kompleks Al-Aqsa, dan kedua negara memiliki kerja sama keamanan dan intelijen yang kuat. Namun hubungan antara Amman dan Yerusalem, yang sering mengalami ketegangan dalam beberapa tahun terakhir, menjadi semakin tegang sejak dimulainya perang Israel dengan Hamas.

Israel memberi Yordania gas melalui kesepakatan bernilai miliaran dolar, dan air sebagai bagian dari perjanjian tahun 1994. Pada bulan November, Menteri Luar Negeri Yordania, Ayman Safadi, mengumumkan bahwa negaranya akan mundur dari kesepakatan yang ditengahi Uni Emirat Arab yang bertujuan agar Yordania memasok energi surya ke Israel dengan imbalan Israel memberikan air desalinasi kepada negara tersebut. Namun pada bulan Maret, Amman dilaporkan meminta perpanjangan satu tahun tambahan. Israel telah membalas Yordania dengan meminta agar para pejabat Yordania memoderasi kritik vokal mereka terhadap Israel.

“Apa yang terjadi pada hari Sabtu malam seharusnya menjadi pengingat tidak hanya bagi warga Yordania tetapi juga bagi Israel akan pentingnya hubungan mereka,” kata al-Omari.

Amman sadar bahwa mereka sedang menghadapi garis tipis antara aliansi strategisnya dengan Amerika Serikat dan Israel – yang merupakan sumber bantuan keuangan yang besar dan stabilitas di kawasan yang penuh gejolak – dan komitmennya terhadap perjuangan Palestina. Sekitar setengah penduduk Yordania adalah pengungsi Palestina dan keturunan mereka.

Yordania telah memberikan sinyal dukungannya terhadap warga Palestina di Gaza selama konflik yang sedang berlangsung. Israel adalah negara pertama yang menarik duta besarnya dari Tel Aviv ketika Israel melakukan perlawanan setelah pembantaian Hamas pada 7 Oktober, Israel terus-menerus menyerukan gencatan senjata, dan telah mengirimkan sejumlah besar bantuan ke Gaza melalui udara dan darat.

Setelah tersiar kabar bahwa angkatan udara kerajaan telah melakukan intervensi untuk mendukung Israel melawan Iran, saluran media resmi pada hari Minggu (14/4) pagi meremehkan perannya dalam peristiwa tersebut.

Kantor berita resmi Petra, seperti biasa dalam beberapa bulan terakhir, membuka halaman depannya dengan berita terkini dari Gaza. Laporan tersebut juga menyampaikan pernyataan samar pemerintah yang menyerukan “semua pihak” untuk menunjukkan “menahan diri di tengah ketegangan regional” untuk mencegah “eskalasi yang berbahaya.” Namun tidak disebutkan secara spesifik siapa saja pihak-pihak tersebut.

Komunike yang sama dengan singkat menyebutkan di bagian akhir “insiden baru-baru ini” yang melibatkan intersepsi “benda asing di wilayah udara Yordania untuk melindungi warga dan daerah pemukiman,” menambahkan bahwa meskipun “beberapa pecahan jatuh di berbagai lokasi, tidak ada kerusakan atau cedera signifikan yang dilaporkan. ”

Membaca situs berita Yordania lainnya pada hari Minggu, orang akan sulit mempercayai bahwa dalam aksi perang malam sebelumnya, ratusan proyektil yang membawa berton-ton bahan peledak melintasi langit negara tersebut.

Surat kabar nasional membatasi diri untuk menyampaikan pernyataan resmi yang dirumuskan dalam bahasa yang tidak jelas. Dalam salah satu pernyataannya, Perdana Menteri Bisher Al-Khasawneh berjanji untuk mengambil tindakan hukum terhadap media yang “tidak mengambil informasi dari saluran resmi dan kredibel,” setelah rumor palsu menyebar bahwa keadaan darurat telah diumumkan di negara tersebut.

Menjauhi Tentakel Iran

Kehati-hatian pemerintah dalam mempublikasikan peristiwa Sabtu malam mungkin disebabkan oleh ancaman Iran bahwa Yordania akan menjadi “target berikutnya” oleh Republik Islam Iran jika negara tersebut bekerja sama dengan Israel. Pada hari Minggu (14/4), Safadi, menteri luar negeri Yordania, dilaporkan memanggil duta besar Iran untuk memperingatkan Teheran bahwa mereka harus berhenti mempertanyakan posisi Yordania, setelah negara itu membantu Israel.

Faktanya, Yordania telah mengkhawatirkan campur tangan Iran dalam urusan dalam negerinya selama bertahun-tahun, dan enggan menjadi pion lain dalam pergerakan kekuatan regional Teheran, yang telah berdampak pada lanskap politik internal Irak, Suriah, Lebanon, dan Yaman.

Setelah kejadian Sabtu malam, Amman khawatir bahwa kemungkinan serangan balasan Israel yang menggunakan wilayah udaranya akan memberikan Iran alasan untuk menargetkan Yordania secara langsung, atau berupaya untuk mengacaukannya, kata al-Omari.

“Iran mengincar Yordania, mereka melihatnya sebagai mata rantai terlemah di kawasan,” tambahnya. “Dan militer Yordania menganggap Iran sebagai ancaman paling menonjol di wilayah tersebut, karena kehadiran milisi yang disponsori Iran di perbatasan Suriah dan perbatasan timur (dengan Irak). Mereka sangat prihatin dengan pengaruh Iran yang meluas ke Tepi Barat (yang berbatasan langsung dengan Yordania) melalui Hamas.”

Dalam upaya untuk mencegah kelompok teroris yang didukung Iran, baik itu Hamas atau milisi Syiah, untuk bercokol di wilayahnya, Yordania telah melakukan serangkaian serangan udara di Suriah dalam beberapa bulan terakhir, menargetkan penyelundup narkoba dan senjata yang dilaporkan terkait dengan Teheran.

Berbagai faktor menunjukkan gelombang protes baru-baru ini yang melanda negara tersebut kemungkinan besar dipimpin oleh Ikhwanul Muslimin, gerakan Islam yang melahirkan Hamas – yang juga mendapat dukungan kuat dari Iran.

Mengenai milisi Syiah yang didukung Iran di perbatasan Yordania, seorang pejabat dari salah satu kelompok tersebut di Irak mengungkapkan rencana operasi untuk membentuk milisi Yordania dengan 12.000 anggota bersenjata yang akan menjadi bawahan poros perlawanan yang dipimpin Iran.

Semua ini bukanlah “penyebab kekhawatiran, tapi jelas merupakan kekhawatiran bagi Yordania,” kata al-Omari.

Upaya pencegahan yang dilakukan pasukan keamanan Yordania terhadap gangguan Iran difasilitasi oleh fakta bahwa masyarakat Yordania sangat menentang Iran, katanya. Alasannya ada dua.

Pertama, rakyat Yordania melihat apa yang dilakukan Iran dan sekutunya di Suriah – setelah itu sulit untuk menyukai Iran,” katanya, merujuk pada dukungan militer yang diberikan Republik Islam Iran kepada rezim Bashar Al Assad dalam menumpas pemberontak dalam perang saudara di Suriah.

Kedua, Yordania adalah negara Sunni yang sangat konservatif, tidak ada minoritas Syiah. Ada sentimen anti Syiah yang kuat. Beberapa tahun yang lalu, Iran pernah mencoba menerapkan soft power keagamaannya di Yordania. Hal ini menimbulkan kekhawatiran di masyarakat Yordania,” kata al-Omari.

Ia meramalkan bahwa kubu yang lebih konservatif di pemerintahan Yordania akan menggunakan hubungan nyata antara para demonstran, Ikhwanul Muslimin, dan Iran sebagai cara untuk mendelegitimasi protes pro Hamas.

“Jika Anda melihat opini di tiga surat kabar utama Yordania dalam beberapa pekan terakhir, yang tidak sepenuhnya independen (yaitu mengikuti garis pemerintah), Anda akan menemukan serangkaian artikel yang mengkritik demonstrasi dan penarikan demonstrasi dalam hubungan dengan Iran,” katanya.

“Setelah tanggal 7 Oktober, ada kelompok garis keras di pemerintahan Yordania yang mengatakan bahwa protes (pro Hamas) telah melampaui batas. Menurut saya, pihak yang lebih konservatif akan menggunakan (serangan hari Sabtu dari Iran) sebagai cara untuk mengatakan bahwa keadaan saat ini terlalu tidak stabil untuk memberikan ruang bagi demonstrasi atau gangguan,” tambah al-Omari.

Upaya Pencegatan Oleh Yordania

Meskipun Amman mungkin berusaha secara terbuka untuk meremehkan tindakan perang Iran di wilayahnya, masyarakat Yordania tampaknya sepenuhnya menyadari apa yang terjadi, seperti banyak netizen anti Israel di seluruh dunia, yang menggunakan media sosial untuk melontarkan komentar pedas terhadap Israel.

Salah satu pengguna X menulis, “Selamat kepada Raja Yordania, yang tidak hanya gagal mendukung sesama warga Arab Palestina, namun juga melakukan upaya ekstra untuk mendukung pembunuh genosida mereka.”

Sebuah gambar satir yang beredar online bahkan menggambarkan sang raja mengenakan seragam tentara Israel.

Sumber keamanan regional mengatakan drone dijatuhkan di udara di Lembah Yordan sisi Yordania yang menuju ke arah Yerusalem, sementara yang lain dicegat di dekat perbatasan Irak-Suriah.

Setelah serangan itu, di lingkungan selatan ibu kota, terlihat beberapa drone yang jatuh. Warga berkumpul di sekitar sisa-sisa drone besar yang diduga jatuh di kawasan komersial pinggiran kota Marj al-Hamam.

Serena Bilanceri, seorang jurnalis lepas yang tinggal di Amman, mengatakan kepada The Times of Israel bahwa ketika drone dan rudal Iran terbang di atas Amman pada Sabtu malam, dia mendengar “orang-orang berteriak dari rumah-rumah di dekatnya” karena ketakutan.

“Tetapi Anda juga bisa mendengar beberapa orang meneriakkan ‘Allahu Akbar’,” sebuah nyanyian kegembiraan. (ToI)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home