Loading...
MEDIA
Penulis: Ignatius Dwiana 17:31 WIB | Senin, 16 Juni 2014

Bagir Manan: Tabloid Kampanye Hitam Bukan Produk Pers

Ketua Dewan Pers Bagir Manan. (Foto: Elvis Sendouw)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Ketua Dewan Pers Bagir Manan menyatakan tabloid yang berkampanye hitam menyerang salah satu pasangan capres dan cawapres bukanlah produk pers. Karena bukan produk pers maka tabloid itu tidak perlu dikhawatirkan.

Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung itu ketika ditemui di Gedung Dewan Pers di Jakarta pada Senin (16/6) menegaskan bahwa pers mempunyai kewajiban untuk memberi penjelasan kepada masyarakat mengenai mana yang produk jurnalistik dan yang mana yang bukan.

Bagir Manan berpendapat bahwa semua pemberitaan media saat ini perlu dimaklumi mengingat Pemilu yang berlangsung lima tahun sekali. 

Berpihak Bukan Berarti Terbelah

Ketua Dewan Pers Bagir Manan mengatakan pemberitaan pers nasional, baik di media cetak maupun elektronik, yang berpihak pada salah satu pasangan calon presiden dan wakil presiden menjelang Pemilu 9 Juli 2014 bukan berarti terbelah.

"Berbeda pendapat dan keberpihakan adalah hal yang biasa bahkan perbedaan pendapat adalah salah satu isi dari kebebasan pers," kata Bagir Manan.

Mantan Ketua Mahkamah Agung itu menyebutkan pemberitaan media mengenai dua pasangan capres dan cawapres, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan Joko Widodo-Jusuf Kalla, masih wajar karena pers tidak menggunakan pendekatan konflik dalam menyampaikan informasi.

"Pendekatan konflik ini yang bahaya. Tetapi sejauh ini saya tidak melihat hal tersebut, tidak melihat ada yang mengklaim ini salah dan itu benar," kata Bagir Manan.

Terkait beberapa perusahaan pers yang pemilik modalnya mendukung salah satu pasangan capres dan cawapres, Bagir Manan tidak melihat masalah bagi pers sejauh pemilik modal dan wartawan sama-sama tahu batasan intervensi.

Penerapan prinsip-prinsip dan profesionalisme jurnalistik serta kepatuhan pada ketentuan-ketentuan pers, menurut Bagir Manan, juga merupakan kunci bagi pers untuk tetap menghasilkan produk jurnalistik yang baik dan berkualitas. (Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home