Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 10:09 WIB | Rabu, 29 November 2023

Bangladesh Hadapi Wabah Demam Berdarah, 1.606 Meninggal

Seorang perawat memberikan perawatan kepada pasien terinfeksi demam berdarah di Shaheed Suhrawardy Medical College and Hospital di Dhaka, Bangladesh pada 26 Juli 2023. (Foto: dok. Reuters)

DHAKA, SATUHARAPAN.COM-Bangladesh sedang menghadapi wabah demam berdarah terburuk yang pernah tercatat, dengan jumlah kematian tahunan mencapai 1.606, menurut angka resmi yang dirilis pada hari Senin (27/11).

Demam berdarah adalah risiko kesehatan yang berulang selama musim hujan, yang biasanya berlangsung dari bulan Juli hingga September. Menurut Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan, sepanjang tahun ini, lebih dari 309.000 orang telah tertular virus yang ditularkan melalui nyamuk Aedes aegypti yang berkembang biak di kolam dan saluran air tawar.

Jumlah korban tewas ini merupakan yang tertinggi sejak pencatatan dimulai pada tahun 2000 dan hampir enam kali lipat dari 281 kematian yang tercatat tahun lalu.

Pakar kesehatan telah menyatakan keprihatinannya atas lamanya wabah ini terjadi pada tahun ini, karena jumlah infeksi demam berdarah biasanya mereda seiring berakhirnya musim hujan. Namun negara ini telah mencatat hampir 38.000 kasus pada bulan November saja.

“Meskipun jumlah pasien saat ini menurun, kami tidak mencatat adanya pasien demam berdarah pada periode ini pada tahun-tahun sebelumnya,” Md. Sharfuddin Ahmed, wakil rektor di Universitas Kedokteran Bangabandhu Sheikh Mujib di Dhaka.

Meskipun wabah sebelumnya cenderung hanya terjadi di daerah perkotaan yang padat penduduknya, seperti ibu kota Dhaka, yang merupakan rumah bagi lebih dari 23 juta orang, tahun ini wabah tersebut telah dilaporkan secara luas, termasuk di daerah pedesaan.

“Tahun ini wabah demam berdarah tercatat di seluruh negeri, hal yang tidak terjadi pada tahun-tahun sebelumnya,” kata Ahmed.

Lebih dari 65 persen kasus yang dilaporkan tahun ini berasal dari luar Dhaka, yang merupakan pertama kalinya kota ini tidak mencatat mayoritas kasus infeksi, menurut data tersebut.

“Mengingat situasi secara keseluruhan, penanganan demam berdarah agak bermasalah di negara kita. Jika masyarakat pergi ke dokter tepat waktu dan mendapat pengobatan dini, kita bisa meminimalkan jumlah kematian,” kata Ahmed.

Muzaherul Huq, pakar kesehatan masyarakat dan mantan penasihat regional Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), mengatakan musim demam berdarah yang berkepanjangan kemungkinan besar terkait dengan perubahan iklim, yang mengakibatkan peningkatan suhu dan musim hujan yang lebih panjang. “Musim demam berdarah seharusnya tidak berlangsung lama,” katanya.

Pemerintah Bangladesh perlu “memperkuat mekanisme pengendalian demam berdarah” menjelang wabah di masa depan dan melibatkan masyarakat dalam prosesnya, baik dengan meningkatkan kesadaran dan mengendalikan nyamuk pembawa demam berdarah, katanya.

Dan dengan laporan terbaru yang menunjukkan perubahan pola penyakit, diperlukan penelitian lebih lanjut, katanya.

“Kita perlu melakukan penelitian lebih lanjut untuk mematuhi perubahan pola penyakit demam berdarah yang dilaporkan.” (dengan Arab News)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home