Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 09:22 WIB | Minggu, 05 Mei 2024

Banjir dan Tanah Longsor Melanda Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, 14 Orang Tewas

Tim SAR Gabungan bersama warga melakukan pencarian korban yang terbawa arus sungai Suli saat terjadi baniir bandang di Kabuaten Luwu, Sulawesi Selatan. (Foto: Antara)

LUWU, SATUHARAPAN.COM-Banjir dan tanah longsor melanda Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, menewaskan 14 orang, kata para pejabat pada hari Sabtu (4/5).

Hujan deras yang mengguyur daerah tersebut sejak hari Kamis (2/5) memicu tanah longsor di kabupaten Luwu kata kepala tim penyelamat setempat, Mexianus Bekabel.

Banjir setinggi tiga meter (10 kaki) berdampak pada 13 kecamatan karena air dan lumpur menutupi wilayah tersebut. Lebih dari 1.000 rumah terkena dampaknya, 42 di antaranya tersapu hingga fondasinya.

Tim SAR berupaya mengevakuasi warga menggunakan perahu karet dan kendaraan lainnya. Lebih dari 100 warga telah dipindahkan ke masjid atau rumah kerabat di luar daerah bencana, kata juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari, hari Sabtu.

Hujan musiman sering menyebabkan tanah longsor dan banjir. Sebelumnya, hujan deras pada bulan April memicu tanah longsor dan menewaskan 20 orang di Kabupaten Tana Toraja, Provinsi Sulawesi Selatan.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home