Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 13:40 WIB | Kamis, 03 Maret 2022

Bank Dunia Hentikan Semua Program di Rusia dan Belarusia

Rusia mulai merasakan tekanan akibat sanksi secara internasional, protes anti perang meluas.
Bank Dunia Hentikan Semua Program di Rusia dan Belarusia
Orang-orang berjalan melewati layar kantor penukaran mata uang yang menampilkan nilai tukar Dolar AS dan Euro ke Rubel Rusia di pusat kota Moskow, Rusia, 28 Februari 2022. (Foto: dok. AP/Pavel Golovkin)
Bank Dunia Hentikan Semua Program di Rusia dan Belarusia
Orang-orang mengantre untuk menarik dolar AS dan Euro dari ATM di St. Petersburg, Rusia, pada Jumat, 25 Februari 2022. Pada hari-hari sejak Barat memberlakukan sanksi terhadap Rusia atas invasinya ke Ukraina, orang-orang Rusia biasa merasa efek menyakitkan dari sistem pembayaran yang tidak berfungsi dan masalah penarikan uang tunai hingga tidak dapat membeli barang-barang tertentu. (Foto: dok. AP/Dmitri Lovetsky)
Bank Dunia Hentikan Semua Program di Rusia dan Belarusia
Logo Bank Dunia terlihat di pintu masuk gedung di Washington DC. (Foto: dok.AFP)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Bank Dunia mengumumkan pada hari Rabu (2/3) bahwa mereka akan menghentikan semua program di Rusia dan Belarusia karena invasi Rusia ke Ukraina.

"Menyusul invasi Rusia ke Ukraina dan permusuhan terhadap rakyat Ukraina, Grup Bank Dunia telah menghentikan semua programnya di Rusia dan Belarusia dengan segera," kata sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh bank tersebut.

Pernyataan itu menambahkan bahwa Bank Dunia belum menyetujui pinjaman atau investasi baru di Rusia sejak 2014. “Juga tidak ada pinjaman baru yang disetujui ke Belarusia sejak pertengahan 2020.”

Rusia semakin terisolasi dari komunitas internasional, khususnya akibat sanksi ekonomi yang dijatuhkan oleh Barat dan negara-negara Asia lainnya.

Mulai Merasakan Akibat Sanksi

Di Rusia, warga biasa merasakan efek yang menyakitkan dari sistem pembayaran yang tidak akan beroperasi dan masalah penarikan uang tunai hingga tidak dapat membeli barang-barang tertentu.

“Apple Pay belum berfungsi sejak kemarin. Tidak mungkin untuk membayar dengan itu di mana saja, di bus, di kafe," kata warga Moskow, Tatyana Usmanova, kepada The Associated Press. “Ditambah lagi, di satu supermarket mereka membatasi jumlah barang penting yang bisa dibeli satu orang.”

Apple mengumumkan bahwa mereka akan berhenti menjual iPhone dan produk populer lainnya di Rusia bersama dengan membatasi layanan seperti Apple Pay sebagai bagian dari reaksi perusahaan yang lebih besar untuk memprotes invasi.

Puluhan perusahaan asing dan internasional telah menarik bisnis mereka keluar dari Rusia. Merek mobil besar menghentikan ekspor kendaraan mereka; Boeing dan Airbus menangguhkan pasokan suku cadang dan layanan pesawat ke maskapai Rusia; studio besar Hollywood menghentikan rilis film mereka; dan daftarnya kemungkinan akan terus bertambah.

Itu karena Amerika Serikat dan negara-negara Barat lainnya memukul Rusia dengan sanksi yang luas dan kerasnya belum pernah terjadi sebelumnya. Mereka telah mengusir bank-bank besar Rusia dari sistem pembayaran internasional SWIFT, membatasi ekspor teknologi tinggi ke Rusia dan sangat membatasi penggunaan cadangan mata uang asing Moskow.

Orang-orang Rusia di Moskow dan kota-kota lain berbicara dengan The AP tentang bagaimana langkah-langkah itu dimainkan dalam kehidupan sehari-hari mereka, menunjuk pada masalah dengan mengubah rubel menjadi mata uang asing, antrean panjang di ATM dan kartu bank tertentu yang gagal.

Irina Biryukova di Yaroslavl, di kota sekitar 250 kilometer timur laut Moskow, mengatakan dia hanya bisa menyetor sejumlah uang ke rekening banknya melalui ATM bank. “Mayoritas ATM (dari bank ini) tidak berfungsi untuk menyetor (uang),” kata Biryukova.

Harga pangan, menurut beberapa pelaku usaha, juga sudah mulai melonjak. “Semua bahan utama yang kami siapkan untuk produk kami telah naik harganya sebesar 30-40%,” kata Ilya Oktavin, yang menjalankan layanan pengiriman di bar sushi Perm.

Barang-barang tertentu juga lebih sulit didapat karena tindakan oleh perusahaan seperti Nike, yang pada hari Selasa (1/3) malam menghentikan penjualan online dengan pernyataan di situs web perusahaan yang mengatakan "tidak dapat menjamin pengiriman barang ke pembeli di Rusia." Pada hari Rabu (2/3), H&M mengumumkan penangguhan "semua penjualan" di negara tersebut.

Kritikus Kremlin Melukiskan Gambaran Suram bagi Rusia.

“Kami menghadapi kenaikan harga, PHK massal, penundaan pembayaran tunjangan atau pensiun,” tulis politisi oposisi, Yulia Galyamina, di Facebook, hari Rabu. “Kekurangan obat dan alat kesehatan. Armada mobil dan pesawat yang menua dan miskin. ... Kami akan mengingat tahun 1990-an sebagai waktu yang hampir tidak pernah terburuk. Tapi saya hanya punya satu pertanyaan: untuk apa?”

Dalam upaya untuk mencegah kepanikan, pihak berwenang Rusia pada hari Selasa meluncurkan situs web khusus, berjudul “Kami sedang menjelaskan,” yang berbicara tentang bagaimana berbagai bidang kehidupan berfungsi di bawah tekanan sanksi.

Laporan yang mengkhawatirkan, seperti yang mengantisipasi lonjakan harga, atau mengatakan bahwa layanan tertentu tidak berfungsi, dibantah di situs web sebagai "palsu." Beberapa orang Rusia, sementara itu, mengatakan bahwa bukan sanksi yang membuat mereka khawatir, tetapi serangan mematikan yang dilakukan Rusia terhadap negara tetangga.

“Anda tahu, sanksi paling tidak mengganggu saya. Saya khawatir Rusia membunuh orang di Ukraina,” kata warga Moskow, Ivan Kozlov. “Saya berharap itu menghentikan perang yang tidak diinginkan oleh orang waras dengan hati nurani dan mampu berbelas kasih dan welas asih di Rusia.”

Sentimen anti perang di Rusia telah tersebar luas. Ribuan orang telah menandatangani surat terbuka dan petisi online menuntut untuk menghentikan invasi, dengan petisi online yang paling banyak didukung mengumpulkan lebih dari satu juta tanda tangan dalam beberapa hari.

Warga Rusia di seluruh negeri telah turun ke jalan hampir setiap hari sejak serangan dimulai hari Kamis pekan lalu. Lebih dari 7.000 pengunjuk rasa telah ditahan dalam sepekan terakhir, menurut OVD-Info, kelompok hak asasi yang melacak penangkapan politik, dengan hampir 600 penangkapan terjadi pada hari Rabu (2/3). (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home