Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:01 WIB | Kamis, 03 Maret 2022

Terbaru Invasi Rusia: Dekrit Putin Melarang Ambil Uang Asing Lebih dari US$ 10.000

Terbaru Invasi Rusia: Dekrit Putin Melarang Ambil Uang Asing Lebih dari US$ 10.000
Gambar satelit menunjukkan mobil menunggu untuk menyeberangi perbatasan dari Ukraina ke Hungaria, di perbatasan Vilok-Tiszabecs, pada hari Selasa, 1 Maret 2022. Dari ratusan pengungsi yang berkumpul di halaman sekolah desa kecil di Hungaria timur, hampir semuanya adalah perempuan dan anak-anak yang meninggalkan suami, ayah, saudara laki-laki dan anak laki-laki mereka untuk berperang dalam perlawanan Ukraina terhadap invasi Rusia yang mematikan. (Foto: Planet Labs PBC via AP)
Terbaru Invasi Rusia: Dekrit Putin Melarang Ambil Uang Asing Lebih dari US$ 10.000
Seorang jurnalis berjalan di dalam gym yang rusak setelah penembakan di Kiev, Ukraina, pada hari Rabu, 2 Maret 2022. Pasukan Rusia telah meningkatkan serangan mereka di kota-kota yang ramai dalam apa yang disebut pemimpin Ukraina sebagai kampanye teror yang terang-terangan. (Foto: AP/Efrem Lukatsky)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Presiden Rusia Vladimir Putin pada hari Selasa (1/3) menandatangani dekrit yang melarang mengambil lebih dari US$ 10.000 mata uang asing dalam bentuk tunai dan “instrumen moneter” dari Rusia.

Langkah itu dilakukan sebagai tanggapan atas sanksi yang melumpuhkan dari negara-negara Barat yang telah dikenakan pada Rusia atas invasinya ke Ukraina, yang pekan ini menghancurkan rubel dan mengirim orang-orang Rusia berbondong-bondong ke bank dan ATM dalam ketakutan akan nasib tabungan mereka.

Langkah-langkah lain yang diperintahkan Putin pekan ini termasuk mewajibkan eksportir Rusia untuk menjual 80% dari pendapatan mereka dalam mata uang asing, melarang penduduk Rusia memberikan mata uang asing kepada non-penduduk di bawah perjanjian pinjaman dan dari mendepositokan mata uang asing ke rekening bank asing.

 

Pengadilan Tinggi PBB Sidangkan Gugatan Agar Rusia Hentikan Invasi

DEN HAAG, Pengadilan tinggi Perserikatan Bangsa-bangsa di den Haag, Belanda telah menjadwalkan sidang pekan depan atas permintaan Ukraina agar pengadilan memerintahkan Moskow untuk menghentikan invasinya.

Kiev mengajukan kasus ke Mahkamah Internasional pada hari Sabtu menuduh Rusia merencanakan genosida di Ukraina dan meminta "langkah-langkah sementara" mendesak yang menginstruksikan Moskow untuk menghentikan permusuhan.

Pengacara untuk Ukraina akan menyajikan argumen pada 7 Maret mendukung permintaannya. Pengacara Rusia akan diberikan waktu untuk menanggapi pada 8 Maret.

Menjelang sidang, presiden pengadilan, Hakim Amerika Serikat, Joan E. Donoghue, mengirim pesan mendesak pada hari Selasa (1/3) kepada Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov, yang menggarisbawahi perlunya Rusia untuk “bertindak sedemikian rupa sehingga memungkinkan setiap perintah yang dibuat Pengadilan meminta tindakan sementara untuk mendapatkan efek yang sesuai.”

Mahkamah Internasional mengatur perselisihan antar negara. Seringkali dibutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mencapai keputusan, tetapi perintah untuk tindakan sementara sering kali disampaikan dengan cepat.

 

AS Berusaha Usir Operasi Intelijen Rusia di PBB

PBB, Amerika Serikat mengatakan sedang mengusir "operasi intelijen" Rusia yang bekerja untuk Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), selain 12 anggota Misi Rusia untuk Perserikatan Bangsa-bangsa yang pengusirannya diperintahkan pada hari Senin karena terlibat dalam spionase.

PBB diberitahu pada hari Senin bahwa AS mengambil tindakan untuk mengusir seorang anggota staf yang bekerja untuk Sekretariat PBB, kata juru bicara PBB, Stephane Dujarric, mengkonfirmasi.

"Kami menyesal bahwa kami menemukan diri kami dalam situasi ini, tetapi terlibat dengan negara tuan rumah," katanya pada hari Selasa.

Dujarric menolak berkomentar lebih lanjut dengan alasan privasi dan sensitivitas masalah tetapi mengatakan "apa yang membuat keputusan ini agak sulit dipahami adalah bahwa anggota staf dijadwalkan untuk mengakhiri tugasnya pada 14 Maret."

Misi AS untuk Perserikatan Bangsa-bangsa mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Senin bahwa 12 diplomat Rusia telah "menyalahgunakan hak tinggal mereka di Amerika Serikat dengan terlibat dalam kegiatan spionase yang merugikan keamanan nasional kita."

Seorang juru bicara Misi AS mengatakan: “Pada 28 Februari, Amerika Serikat juga memprakarsai proses untuk meminta kepergian seorang agen intelijen Rusia yang bekerja di Perserikatan Bangsa-bangsa yang telah menyalahgunakan hak istimewa mereka untuk tinggal di Amerika Serikat.” Juru bicara itu tidak berwenang untuk berbicara di depan umum dan berkomentar dengan syarat anonim.

 

Kanada Akan Gugat Rusia di Pengadilan Kriminal Internasional untuk Kejahatan Kemanusiaan

JENEWA, Diplomat top Kanada mengatakan pada hari Selasa (1/3) bahwa negaranya akan merujuk Rusia ke Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) atas kejahatan terhadap kemanusiaan dan kejahatan perang atas invasinya ke Ukraina, sebuah langkah yang akan mempercepat penyelidikan oleh jaksa tinggi pengadilan tersebut.

Menteri Luar Negeri Kanada, Melanie Joly, membuat komentar setelah membantu memimpin pemogokan sejumlah diplomat dari Dewan Hak Asasi Manusia tepat ketika rekannya dari Rusia, Sergey Lavrov, berbicara kepada badan hak asasi manusia PBB dalam komentar video yang direkam.

“Menteri Lavrov sedang disiarkan dan memberikan versinya, yang salah tentang apa yang terjadi di Ukraina. Dan itulah mengapa kami ingin menunjukkan sikap yang sangat kuat bersama hari ini,” kata Joly, diapit oleh duta besar Ukraina dan berdiri di belakang bendera biru-kuning negara itu.

Pada hari Senin, kepala jaksa ICC, Karim Khan, mengumumkan bahwa ia berencana untuk membuka penyelidikan "secepat mungkin" terhadap kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan di Ukraina.

Khan memberi tahu timnya untuk mengeksplorasi cara melestarikan bukti kejahatan dan mengatakan langkah selanjutnya adalah meminta izin dari hakim pengadilan untuk membuka penyelidikan. Namun, dia menambahkan bahwa prosesnya akan dipercepat jika negara anggota pengadilan meminta penyelidikan dalam apa yang dikenal sebagai rujukan.

Pengumuman Kanada akan menggerakkan percepatan itu.

 

Israel Kutuk Serangan Rusia atas Tugu Peringatan Holocaust di Ukraina

YERUSALEM, Organisasi peringatan Holocaust di Israel mengutuk serangan Rusia yang merusak tugu peringatan Holocaust Babi Yar.

Menteri Luar Negeri Israel, Yair Lapid, mengeluarkan pernyataan yang mengecam insiden itu, dan mengatakan Israel akan membantu memperbaiki kerusakan apa pun. “Kami menyerukan pelestarian dan penghormatan terhadap situs suci ini,” katanya dalam tweet yang tidak menyebut nama Rusia.

Tugu peringatan itu adalah tempat pembantaian lebih dari 33.000 orang Yahudi oleh Nazi Jerman pada tahun 1941. Itu terletak di pinggiran kota Kiev dan berdekatan dengan menara TV kota, di mana pihak berwenang Ukraina mengatakan serangan Rusia menewaskan lima orang.

Seorang juru bicara untuk peringatan itu mengatakan bahwa kerusakan terjadi pada pemakaman Yahudi di lokasi itu, tetapi menilai tingkat kerusakan sepenuhnya harus menunggu sampai siang hari.

Ketua Babyn Yar Holocaust Memorial, Natan Sharansky, mengatakan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin “berusaha untuk mendistorsi dan memanipulasi Holocaust untuk membenarkan invasi ilegal ke negara demokrasi yang berdaulat benar-benar menjijikkan. Ini adalah simbol bahwa dia mulai menyerang Kiev dengan mengebom situs Babyn Yar, pembantaian terbesar Nazi.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home