Loading...
BUDAYA
Penulis: Melki 18:53 WIB | Senin, 30 Oktober 2023

Batik Lasem UK Maranatha Raih Penghargaan Seoul Design Award

Batik Lasem UK Maranatha Raih Penghargaan Seoul Design Award
Foto-foto: dok. DDP Seoul & Yosepin Sri Ningsih
Batik Lasem UK Maranatha Raih Penghargaan Seoul Design Award

SEOUL, SATUHARAPAN.COM - Satu-satunya karya dari Indonesia berjudul “The New Face of Batik Lasem Industry” resmi menerima penghargaan sebagai pemenang ketiga Seoul Design Award 2023.

Ajang penyerahan penghargaan 2023 Seoul Design Award Ceremony diselenggarakan di DDP Art Hall 1, Seoul, Korea Selatan (25/10/2023).

“The New Face of Batik Lasem Industry” karya tim UK Maranatha, Indonesia menempati posisi pemenang ketiga, bersama dengan lima karya lainnya dari India, Brasil, Italia, Kroasia, dan Meksiko. 

Posisi pemenang pertama peraih Grand Prize Winner adalah karya berjudul “Amphora”. Karya dari Tunisia tersebut juga memenangkan kategori Citizen’s Prize Award. Sedangkan pemenang kedua diraih oleh tiga karya dari Thailand dan Uganda.

“The New Face of Batik Lasem Industry” merupakan karya kolaborasi Universitas Kristen Maranatha, Bandung yang didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia dan Asia Pacific Rayon (APR).

Kolaborasi dilakukan antara tim peneliti dan desainer dari Program Diploma Seni Rupa dan Desain (Fashion Design) UK Maranatha dengan pihak industri tekstil dan pengusaha batik di derah Lasem, Rembang.

Dikenal Global

Yosepin Sri Ningsih, koordinator peneliti dari Fakultas Seni Rupa dan Desain UK Maranatha penanggung jawab karya “The New Face of Batik Lasem Industry” sempat menyebutkan bahwa proses seleksi dan penilaian Seoul Design Award 2023 sangat ketat.

“Yang dinilai adalah impact dan proses. Tidak semata-mata karya berupa produk, tetapi hasil dan dampak kinerja bertahun-tahun,” ujarnya (5/10/2023).

Penelitian Batik Lasem UK Maranatha sebelumnya juga telah dipresentasikan di Bangkok, Guangzhou, dan Korea Selatan. Salah satu produk hasil kolaborasi ini juga dipilih oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sebagai suvenir dalam ajang G20.

Yosepin berharap, karya “The New Face of Batik Lasem Industry” sebagai pemenang ketiga pada ajang prestisius Seoul Design Award 2023 tidak hanya menjadi kebanggaan Indonesia, tetapi juga dapat membawa batik Indonesia lebih dikenal oleh masyarakat internasional.

Pada ajang 2023 Seoul Design Award Ceremony, diumumkan juga pemenang penghargaan khusus, yaitu Issue of the Year Award, Research Award, dan Citizen’s Prize Award. Khusus pada kategori Citizen’s Prize Award, penghargaan diberikan berdasarkan hasil voting masyarakat dari 60 negara.

Yosepin pada kesempatan sebelumnya juga telah menyerukan ajakan bagi masyarakat Indonesia khususnya para akademisi dan pelaku industri kreatif, untuk ikut memilih satu-satunya karya dari Indonesia ini.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home