Loading...
SAINS
Penulis: Melki 17:12 WIB | Rabu, 18 Oktober 2023

UK Maranatha Kukuhkan Dua Guru Besar Baru

Foto: dok. Medkom UK Maranatha

BANDUNG, SATUHARAPAN.COM- Universitas Kristen (UK) Maranatha mengadakan Upacara Sidang Terbuka Senat UK Maranatha dalam rangka Pengukuhan dua Guru Besar baru pada Selasa, 10 Oktober 2023.

Pengurus Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Maranatha (YPTKM), anggota Senat UK Maranatha, Pimpinan Universitas dan fakultas, guru besar dari beberapa universitas, perwakilan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah IV, serta tamu undangan lainnya menjadi saksi pengukuhan Prof. Dr. Pan Lindawaty Suherman Sewu, S.H., M.Hum., M.Kn. sebagai guru besar bidang ilmu hukum dan Prof. Dr. Wahyu Widowati, M.Si. sebagai guru besar bidang ilmu molekuler yang berlangsung di Auditorium Prof. Dr. P. A. Surjadi, M.A.

Dalam sambutannya, Rektor UK Maranatha, Prof. Ir. Sri Widiyantoro, M.Sc., Ph.D., IPU, menyampaikan rasa syukurnya atas dedikasi dalam penelitian di bidang ilmu pengetahuan yang telah menghasilkan banyak guru besar yang membawa UK Maranatha menjadi unggul. Menurutnya, setiap capaian merupakan awal yang penting, dengan menjadi seorang guru besar sebagai pencapaian tertinggi dalam tugas fungsional seorang dosen.

Ketua Umum YPTKM, Ir. Arif Suryanto, menyatakan bahwa pengukuhan ini adalah momen bersejarah berupa pengakuan atas dedikasi dan kontribusi para guru besar dalam bidang ilmu pengetahuan sekaligus kado terindah untuk dies natalis ke-58 UK Maranatha.

Arif juga mengatakan bahwa guru besar merupakan tonggak utama dalam mendorong kemajuan di bidang akademik. Pada era saat ini, dengan munculnya tantangan baru, seperti revolusi industri 4.0 bahkan 5.0, kita harus beradaptasi dengan cepat serta mengintegrasikan pengetahuan yang relevan terkait perubahan tersebut.

“Pengetahuan dan keterampilan baru adalah kunci dalam menghadapi permasalahan kompleks yang akan meningkatkan kualitas hidup kita ke depannya. Pengukuhan guru besar merupakan bukti nyata dari dedikasi dan keunggulan yang terus diperjuangkan UK Maranatha. Semoga perubahan ini dapat mempercepat langkah kita menuju prestasi dan inspirasi yang disertai dengan nilai-nilai Maranatha,” ungkap Arif dikutip Rabu (18/10).

Selain itu, Ketua LLDikti Wilayah IV Jawa Barat dan Banten, Dr. M. Samsuri, S.Pd., M.T., IPU, mengapresiasi progress UK Maranatha yang terus mendorong kemajuan di bawah kepemimpinan Prof. Sri, termasuk dalam memfasilitasi peningkatan karier dosen hingga mencapai posisi guru besar.

Samsuri berharap agar seluruh guru besar UK Maranatha dapat bersama-sama mewujudkan pendidikan yang berkualitas dengan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk membangun kreativitas mereka.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan sesi orasi ilmiah yang disampaikan oleh kedua guru besar yang dikukuhkan, yaitu Prof. Linda dengan topik “Iktikad Baik dalam Waralaba (Franchise) Menyongsong Era Indonesia Emas” dan Prof. Wahyu mengenai “Potensi Aktivitas Antipenuaan Gel Sekretom Wharton’s Jelly Mesenchymal Stem Cells (hWJ-MSCs)”.

Lalu, acara ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan dari Ketua Senat Universitas dan perwakilan YPTKM kepada kedua guru besar yang telah dikukuhkan.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home