Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 11:51 WIB | Minggu, 18 Februari 2024

Beberapa Hal Penting tentang Penghargaan Oscar 2024

Patung Oscar muncul di luar Teater Dolby untuk Academy Awards ke-87 di Los Angeles pada 21 Februari 2015. (Foto: dok. oleh Matt Sayles/Invision/AP)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM-Setelah rentetan acara penghargaan di musim dingin, Emmy, Golden Globes, Grammy, yang paling penting dari semuanya adalah Academy Awards, sudah dekat. Oscar ke-96 ini mungkin merupakan penobatan untuk “Oppenheimer,” yang masuk dengan 13 nominasi utama, meskipun film-film lain, termasuk “Barbie,” “Killers of the Flower Moon” dan “Poor Things” juga masuk dalam daftar tersebut.

Inilah semua yang penting diketahui tentang pertunjukan tahun ini:

Kapan Oscar Digelar?

Oscar akan diadakan pada hari Minggu, 10 Maret, di Teater Dolby di Los Angeles. Upacara akan dimulai pukul 19:00 (EDT) malam, satu jam lebih awal dari biasanya — dan disiarkan langsung di ABC. Pertunjukan awal akan dimulai pada pukul 18:30. Ini adalah pengingat awal Anda untuk menyetel jam sesuai kebutuhan,ini adalah hari pertama waktu musim panas di Amerika Serikat.

Apakah Acara Oscar  Tampil Streaming?

Acara ini akan tersedia untuk streaming melalui ABC.com dan aplikasi ABC dengan berlangganan kabel. Anda juga dapat menonton melalui layanan termasuk Hulu Live TV, YouTubeTV, AT&T TV, dan FuboTV.

Siapa Pembawa Acara Oscar?

Jimmy Kimmel, yang menjadi pembawa acara tahun lalu, akan menjadi pembawa acara untuk keempat kalinya. Hal ini menghubungkannya dengan sesama pemain empat kali Whoopi Goldberg dan Jack Lemmon, dan membuat Kimmel hanya tertinggal dari Johnny Carson (lima), Billy Crystal (sembilan) dan Bob Hope (11) di antara pembawa acara Oscar yang berulang. “Saya selalu bermimpi menjadi pembawa acara Oscar tepat empat kali,” kata Kimmel.

Apa Nominasi Film Terbaik di Oscar 2024?

Sepuluh nominasi film terbaik adalah: “American Fiction”; “Anatomy of a Fall”; “Barbie”; “The Holdovers”; “Killers of the Flower Moon”; “Maestro”; “Oppenheimer”; “Past Lives”; “Poor Things”; and “The Zone of Interest.”

Siapa Favoritnya?

“Oppenheimer” karya Christopher Nolan adalah yang terdepan. Nolan, sutradara favorit terbaik, juga siap memenangkan Oscar pertamanya. Kategori aktris terbaik bisa jadi merupakan pertarungan sengit antara Lily Gladstone (“Killers of the Flower Moon”) dan Emma Stone (“Poor Things”). Jika Gladstone menang, dia akan menjadi penduduk asli Amerika pertama yang memenangkan Oscar.

Aktor terbaik juga bisa menjadi persaingan ketat antara Cillian Murphy (“Oppenheimer”) dan Paul Giamatti (“The Holdovers”). Keduanya akan menjadi pemenang pertama kali. Rekan main Giamatti, Da’Vine Joy Randolph diunggulkan untuk memenangkan aktris pendukung terbaik, sementara Robert Downey Jr. (“Oppenheimer”) diperkirakan memenangkan aktor pendukung terbaik. Pesaing terdekatnya adalah Ryan Gosling untuk “Barbie.”

Ada Apa dengan Penghinaan 'Barbie'?

Meskipun “Barbie”, film box-office terbesar tahun 2023, hadir dengan delapan nominasi, banyak diskusi berkisar pada nominasi yang tidak diterima film tersebut. Greta Gerwig tidak dimasukkan dalam kategori penyutradaraan dan Margot Robbie tidak masuk dalam kategori aktris terbaik.

Dalam penghilangan tersebut, beberapa orang melihat cerminan dari kebencian terhadap perempuan yang diparodikan dalam “Barbie,” sementara yang lain mencatat bahwa komedi-komedi tersebut secara historis mendapat sambutan buruk di Oscar.

Nominasi untuk “Barbie” termasuk skenario adaptasi terbaik (oleh Gerwig dan Noah Baumbach), aktris pendukung terbaik untuk America Ferrera dan dua nominasi lagu terbaik dalam “What Was I Made For” karya Billie Eilish dan komposisi Mark Ronson dan Andrew Wyatt “I’m Just Ken.”

Apakah Ada Perubahan pada Oscar Tahun ini?

Meskipun Oscar baru-baru ini diwarnai dengan banyak hal mulai dari tamparan, snafus amplop, dan kontroversi mengenai penghargaan yang diberikan secara langsung selama siaran, acara tahun ini hadir tanpa perubahan besar.

Semua penghargaan akan disiarkan secara langsung (meskipun penghargaan kehormatan tetap dipisahkan dalam Penghargaan Gubernur yang sebelumnya tidak disiarkan di televisi). Akademi menambahkan penghargaan baru untuk pemeran terbaik, tetapi trofi tersebut baru akan diberikan pada Oscar 2026.

Yang Lain

Komposer John Williams dinominasikan untuk rekor Oscar dengan skor terbaiknya yang ke-49, untuk “Indiana Jones and the Dial of Destiny,” dan ke-54 secara keseluruhan. Godzilla akan meraih Oscar untuk pertama kalinya, dengan “Godzilla Minus One” meraih nominasi untuk efek visual terbaik. Dan untuk pertama kalinya, dua film berbahasa non Inggris masuk nominasi film terbaik: drama Auschwitz berbahasa Jerman “The Zone of Interest” dan drama ruang sidang Perancis “Anatomy of a Fall.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home