Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 12:38 WIB | Jumat, 05 Mei 2023

Begini Seniman Ukraina Ikut Berperang Melawan Invasi Rusia

Begini Seniman Ukraina Ikut Berperang Melawan Invasi Rusia
Veronika Yadukha, dari Kiev, Ukraina, seorang siswa di Dartmouth College, kanan, memasang pameran karya seniman Ukraina di dekat poster bernama "Bakhmut," oleh Mykhailo Skop, kiri, sebelum pembukaan pameran seni berjudul "Tembakan Kita Lebih Kuat Dari Your Bombs" di Saint Anselm College, di Manchester, N.H., Senin, 1 Mei 2023. Pameran seni, menandai peringatan satu tahun invasi Rusia ke Ukraina, menampilkan karya baru oleh ilustrator Ukraina, beberapa di antaranya telah hidup tanpa listrik atau air. (Foto-foto: AP/Steven Senne)
Begini Seniman Ukraina Ikut Berperang Melawan Invasi Rusia
Gary Bouchard, seorang profesor di Saint Anselm College, kiri, melewati poster seniman Ukraina selama pembukaan pameran seni di Saint Anselm College, di Manchester, New Hampshire, Senin, 1 Mei, 2023.

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Ketika seniman Ukraina, Jenya Polosina dan Anna Ivanenko, menyaksikan peluru kendali ditembakkan ke negara mereka, keduanya memutuskan menggunakan kreativitas mereka untuk melawan invasi Rusia. Bekerja di hari-hari awal perang dari bunker atau terkadang tanpa listrik dan air di Keiv, mereka dan seniman lainnya mulai menggambar.

Beberapa poster perang mereka sekarang dipajang di New Hampshire, Amerika Serikat. Dalam pameran berjudul "Tembakan Kami Lebih Kuat Dari Bom Anda", poster dari Ivanenko menunjukkan anak-anak belajar di tempat perlindungan bom dan orang Ukraina melarikan diri dari negara itu segera setelah perang dimulai. Gambar Polosina merayakan seorang pesenam perempuan dan seorang matematikawan muda yang tewas dalam serangan rudal.

“Kami mengerti bahwa ini adalah pil yang bagus, obat yang bagus untuk tidak panik, untuk menjaga diri Anda tetap bersama. Jadi, kami mulai menggambar,” kata Ivanenko kepada The Associated Press dari studio di Kiev yang ia bagikan dengan Polosina.

Mereka termasuk di antara delapan seniman yang menyumbangkan 20 poster untuk pameran di Institut Politik New Hampshire di Manchester yang dibuka hari Senin lalu. Poster-poster tersebut telah diperlihatkan sebelumnya di Dartmouth College dan masih dapat dilihat sebagai bagian dari pameran digital.

Sebelum perang, Polosina memproduksi ilustrasi untuk buku dan iklan yang berfokus pada tema sosial seperti hak asasi manusia dan acara hak LGBTQ terbesar di Ukraina, KyivPride.

Ivanenko mengerjakan proyek buku dan periklanan. Tapi mereka dengan cepat mengalihkan fokus mereka ke perang dan, melalui Instagram, membagikan gambar mereka. Mereka telah bergabung dengan sejumlah seniman Ukraina lainnya yang memproduksi novel grafis, komik, dan jenis media lainnya untuk menyebarkan berita tentang perang tersebut.

Poster-poster penuh warna dan mengejutkan yang diproduksi tahun lalu telah membantu menggalang dukungan untuk perang di antara sesama warga Ukraina, mengumpulkan uang untuk upaya perang, serta memberi mereka sesuatu untuk dilakukan.

Poster-poster itu juga telah menjadi bagian dari upaya digital yang berkembang untuk menarik perhatian dunia terhadap invasi dan dampaknya terhadap Ukraina.

"Seratus gambar dari ilustrator di Ukraina ... membantu menumbuhkan kesadaran tentang apa yang sedang terjadi dan kemudian akan berdampak pada mereka yang mengambil keputusan," kata Polosina.

Polosina mengatakan kesempatan untuk menunjukkan karya mereka di New Hampshire “sangat penting bagi kami karena ini adalah komunikasi langsung dengan pemirsa di luar Ukraina yang dapat melihat refleksi kami, yang dapat melihat perasaan kami dan lebih bersimpati.”

Beberapa poster yang dipajang di New Hampshire bernuansa propaganda perang klasik yang bertujuan membangkitkan semangat dan menggalang penduduk.

Satu menunjukkan empat orang menatap rudal yang menampilkan lambang Rusia dan kata-kata "Tembvakan Kami Lebih Kuat Dari Bom Anda." Gambar lain menunjukkan dua orang memegang bendera Ukraina di Kherson di samping kata-kata dari lagu kebangsaan Ukraina, "Dan Kami Akan Menunjukkan kepada Saudara Bahwa Kami Dari Bangsa Cossack." Rusia telah mengambil alih Kherson pada hari-hari awal perang dan Ukraina merebutnya kembali akhir tahun lalu.

Lainnya berfungsi untuk mendokumentasikan peristiwa perang paling dramatis seperti serangan di medan tempur Mariupol atau pertempuran di Bakhmut, yang telah menjadi pertempuran terlama sejak Rusia melancarkan invasi skala penuh lebih dari setahun yang lalu.

Poster itu menampilkan seorang tentara, darah di dadanya dan perban putih di kepalanya, mencengkeram ular merah di masing-masing tangannya yang melambangkan pasukan Rusia yang berjuang untuk mengepung kota. Pertunjukan lain pekerja bertopeng dengan pakaian hazmat putih menggali kuburan massal.

Ivanenko menggambarkan bagaimana dia "dituntut dengan kemarahan" dan "keinginan untuk menghentikan perang, menghentikan agresi" setiap kali dia mendengar tentang ledakan atau bangunan runtuh lainnya di Ukraina. Jadi posternya adalah upayanya untuk membantu “dengan cara kecil”.

Beberapa lebih seperti entri buku harian para seniman, mendokumentasikan perjuangan sehari-hari yang mereka hadapi. Bersamaan dengan poster anak-anak dan keluarga yang terkena dampak perang, ada yang menunjukkan anak-anak dengan rompi reflektif sedang bermain, merujuk pada tindakan pencegahan yang sering mereka lakukan selama pemadaman listrik yang sering terjadi.

“Kami kebanyakan fokus pada beberapa hal yang terkait dengan pengalaman kami, karena itu terasa sedikit lebih nyata bagi kami,” kata Ivanenko. “Tentu saja, beberapa hal yang kami dengar di media, itu juga pengalaman kami. Anda tidak bisa tetap acuh tak acuh terhadap segalanya.

Pameran tersebut terinspirasi oleh Veronika Yadukha dan Hanna Leliv, penerjemah yang melarikan diri dari Ukraina dan tiba di Amerika Serikat pada bulan September. Mereka berdua berada di Dartmouth dan merasa bahwa pameran poster perang yang mencatat tahun pertama perang akan menjadi cara untuk mengatasi kelelahan Amerika akibat konflik yang berkepanjangan.

“Orang-orang cepat lelah dengan peristiwa dan berita mengerikan ini. Biasanya, ketika kita melihat foto atau video, pikiran kita memblokir semua informasi yang membuat stres ini informasi,” kata Yadukha. “Saya menyadari bahwa gambar atau ilustrasi ini berfungsi sebagai media alternatif… Orang-orang melihat gambar-gambar ini. Ada ruang antara kehidupan nyata dan pesan. Mereka mendapatkan informasi yang merupakan hal yang penting.”

Di Manchester, Yadukha dan Leliv menghabiskan hari Senin memasang poster, yang dicetak di Dartmouth dari file digital yang disediakan oleh para seniman. Sekitar 60 orang hadir untuk pembukaan, mendengarkan para seniman berbicara tentang membuat poster dan mendengarkan puisi Ukraina yang terinspirasi oleh perang.

“Ini menghancurkan,” kata Mary Fuller, seorang ibu rumah tangga dan mantan guru dari Concord yang datang ke pembukaan pameran. “Sungguh menghancurkan apa yang orang-orang ini alami demi uang dan kekuasaan. Tapi itulah dunia ... Ini adalah kenyataan dan kedalaman perang. Itu tidak dangkal. Anda bisa merasakannya di foto-foto ini.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home