Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 13:43 WIB | Kamis, 24 Desember 2015

BEI Optimistis Kinerja IHSG 2016 Lebih Baik

Gedung Bursa Efek Indonesia, di Sudirman Central Business District, Jakarta. (Foto: dok.satuharapan.com/Prasasta)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Direktur Bursa Efek Indonesia (BEI), Samsul Hidayat, menyatakan optimistis kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada tahun depan akan lebih baik daripada tahun ini.

Dalam data BEI tercatat per 23 Desember 2015 IHSG tergerus sebesar 13,47 persen menjadi 4.522,65 poin (year to date).

"Indikator-indikator makroekonomi pada tahun 2016 cukup positif, itu memberikan harapan bagi investor saham baik lokal maupun asing sehingga akan mendukung kinerja pasar modal untuk mencatatkan kinerja positif," kata Samsul Hidayat di Jakarta, hari Rabu (23/12).

Ia mengatakan bahwa dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2016 tercatat belanja negara pemerintah pusat serta daerah yang mencapai Rp 2.095,7 triliun diharapkan dapat dimaksimalkan penggunaannya sehingga menopang perekonomian domestik.

"Salah satu hal yang menjadi perhatian utama investor adalah belanja pemerintah melalui APBN," katanya.

Bergeraknya perekonomian domestik, lanjut dia, akan mendorong perusahaan melakukan ekspansi untuk mengembangkan usahanya. Dengan demikian, dibutuhkan modal pendukung. Dalam hal ini, perusahaan dapat memanfaatkan pasar modal untuk meraih dana ekspansi mengingat mulai terbatasnya pendanaan melalui perbankan.

"Perusahaan membutuhkan dana ekspansi. Pasar modal dapat menyediakan pendanaan secara jangka panjang. Mudah-mudahan mereka memanfaatkan pasar modal," katanya.

Samsul Hidayat mengemukakan bahwa BEI menargetkan jumlah perusahaan yang akan melaksanakan penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO) sebanyak 35 emiten pada tahun 2016.

Target itu lebih tinggi daripada tahun ini sebanyak 22 perusahaan. "Target IPO 2016 itu berdasarkan pertimbangan bahwa ekonomi Indonesia sudah pulih dari perlambatan tahun ini," katanya.

Sementara itu, analis LBP Enterprise Lucky Bayu Purnomo mengatakan bahwa sentimen yang akan menjadi perhatian pasar, termasuk dari dalam negeri, yakni realisasi dari paket kebijakan ekonomi pemerintah.

"Sebanyak delapan paket kebijakan ekonomi telah disampaikan oleh pemerintah hingga jelang akhir tahun 2015, pasar menaruh harapan terhadap realisasi dari pada paket kebijakan ekonomi itu," katanya.

Aspek dari paket stimulus ekonomi mengenai pemangkasan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi diharapkan mendorong daya beli masyarakat, yang akhirnya mendorong pertumbuhan produk domestik bruto (PDB).

Terhitung mulai 5 Januari 2016, harga premium diturunkan dari Rp 7.300 menjadi Rp 7.150 dan harga solar turun dari Rp 6.700 menjadi Rp 5.950.

Sementara itu, dari eksternal, lanjut dia, pelaku pasar saham akan mencermati kelanjutan rencana bank sentral AS (The Fed) untuk menaikan kembali suku bunga acuan (Fed fund rate). The Fed telah menaikan suku bunga acuannya pada bulan Desember 2015 menjadi 0,50 persen dari sebelumnya 0,25 persen.

"Itu akan menjadi isu strategis untuk memperoleh sinyal dinamika perekonomian global ke depannya," katanya. (Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home