Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 08:33 WIB | Sabtu, 29 Januari 2022

Berapa Kali Masker N95 Aman Digunakan?

masker. (Foto ilustrai. dok. AP)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM-Berapa kali seseorang dapat menggunakan kembali masker N95?

Itu tergantung, tetapi Anda dapat menggunakan masker N95 dan KN95 beberapa kali.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat mengatakan petugas kesehatan dapat mengenakan masker N95 hingga lima kali. Tetapi para ahli mengatakan seberapa sering rata-rata orang dapat memakainya dengan aman akan bervariasi tergantung pada bagaimana itu digunakan.

Menggunakan masker yang sama untuk pergi ke toko kelontong, misalnya, sangat berbeda dengan memakainya sepanjang hari di tempat kerja.

Jumlah waktu pemakaian masker lebih penting daripada seberapa sering dipakai, kata Richard Flagan, yang mempelajari masker dan aerosol di California Institute of Technology.

Secara umum, ia merekomendasikan untuk membatasi penggunaan masker N95 hingga sekitar dua atau tiga hari.

Dengan setiap napas yang Anda ambil dalam N95, partikel menumpuk di masker, kata Flagan. Itu bisa membuat lebih sulit bernapas jika masker telah menjebak banyak partikel. “Mereka menurunkan kinerja masker,” kata Flagan.

Pita elastis pada masker juga bisa menjadi aus dan tidak pas di wajah Anda. Mungkin juga kotor atau basah, terutama jika Anda menggunakannya saat berolah raga.

Jika Anda melihat ada salah satu dari perubahan tersebut pada masker Anda, inilah saatnya untuk berhenti menggunakannya, bahkan jika Anda baru menggunakannya beberapa jam. Dan karena masker N95 tidak bisa dicuci, maka harus dibuang begitu sudah tidak bisa digunakan lagi. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Back to Home