Loading...
SAINS
Penulis: Melki Pangaribuan 15:08 WIB | Senin, 10 Januari 2022

Efektifkah Masker Duckbill Mencegah Penularan Virus?

Ilustrasi. Masker Duckbill. (Foto: Ist)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Selama masa pandemi, menggunakan masker menjadi salah satu protokol kesehatan yang wajib dilakukan saat beraktivitas. Pasalnya, virus COVID-19 mudah melalui percikan air liur atau droplet.

Saat ini ada beragam jenis masker yang tersedia di pasaran, termasuk masker duckbill yang semakin banyak diminati di masyarakat. Apa sebenarnya kelebihan masker duckbill dan apakah benar masker jenis ini dapat dicuci dan bisa digunakan berulang kali?

Kelebihan dari Masker Duckbill

Pada umumnya masker duckbill mempunyai kualitas yang sama dengan masker bedah. Masker bedah mempunyai tingkat efektivitas mencegah penularan virus sekitar 89 persen.

Beberapa kelebihan dari duckbill masker yang perlu kamu ketahui, antara lain:

  1. Dapat mencegah percikan droplet secara efektif

Masker bisa menjadi penghalang sederhana untuk mencegah percikan droplet dari pernapasan dari orang lain. Penggunaan masker bisa melindungi hidung dan mulut.

Penggunaan masker, termasuk masker duckbill, dapat membantu kamu terhindar dari penularan virus sekaligus melindungi orang yang ada di sekitar kita. 

  1. Pernapasan tidak terganggu 

Bagi kamu penderita gangguan pernapasan, penting memilih masker yang tepat. Hal ini disebabkan karena sudah banyak jenis masker yang tidak boleh digunakan untuk orang dengan keadaan tertentu.

  1. Terbuat dari bahan lembut dan desain keren

Masker duckbill mempunyai bahan yang lembut, jika dibandingkan dengan masker pada umumnya. Selain itu, tali pada masker ini terasa lebih nyaman di telinga.

Cara Menggunakan Masker Duckbill yang Tepat

Penggunaan masker duckbill tidak memiliki perbedaan dengan cara pakai masker bedah pada umumnya. Agar manfaat memakai masker dapat optimal, hal-hal yang penting kamu perhatikan, antara lain:

  • Cuci tangan sebelum pakai masker

Pastikanlah tangan kamu sudah bersih sebelum menggunakan masker. Biasakan mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menggunakan masker dengan menggunakan air mengalir atau sabun. 

Bisa juga menggunakan cairan antiseptik yang berbahan dasar alkohol. Hal ini penting sekali karena tangan menjadi salah satu media yang mudah dihinggapi kuman.

  • Pegang tali ketika menggunakan masker

Pada saat kamu ingin mengaplikasikan masker ke bagian mulut, hal yang harus diperhatikan yakni bagaimana cara memegangnya. 

Cara yang benar apabila ingin memegang masker adalah dengan memegang tali maskernya terlebih dahulu, lalu dikaitkan ke bagian kepala.

  • Perhatikan posisi pada masker

Pada saat memasang masker, masker bagian berwarna harus menghadap ke luar dan masker bagian putih harus menghadap ke dalam. Pastikanlah hidung, mulut, dan dagu tertutup dengan baik.

  • Pastikan posisi kawat di atas

Pada saat memasang masker, pastikanlah sisi kawat yang ditekuk berada di atas. Upayakanlah tak ada celah pada masker.

Caranya, dengan menekuk bagian keras atau kawat masker hingga rapat mengikuti lekuk hidung. Kaitkan kedua karet ke telinga dan pastikanlah masker sudah terpasang sempurna.

Hindarilah menggantungkan masker di satu telinga saja atau menurunkan masker ke bawah hidung. Karena penggunaan masker yang tidak benar dapat mengurangi efektivitas masker dan meningkatkan risiko pemakainya untuk terkena virus corona.

Apakah Masker Duckbill Bisa Dicuci?

Sama halnya dengan masker bedah, masker duckbill tidak dapat digunakan berulang kali. Masker ini hanya dapat digunakan sekali saja, tidak bisa dicuci dan harus segera dibuang apabila sudah dipakai. 

Dibawah ini cara membuang masker yang benar, yakni:

  • Masker bekas pakai sebaiknya dirobek agar tak didaur ulang. 

  • Lepas atau putuskan tali masker yang akan dibuang.

  • Gunakan cairan desinfektan pada masker.

  • Buanglah masker di kantung khusus sebelum dibuang ke tempat sampah.

  • Cuci tangan dengan menggunakan air dan sabun setelah membuang masker atau gunakan hand sanitizer yang memiliki kadar alkohol minimal 60 persen.

Memang saat ini, ada yang menjual masker duckbill kain yang bisa dicuci, namun kamu harus memerhatikan dan memastikan masker tersebut terdiri dari beberapa lapis dan rapat menutup menutup bagian hidung dan mulut, hingga dagu.

Masker duckbill merupakan salah satu jenis masker bisa memberikan perlindungan yang efektif apabila digunakan dengan tepat, sehingga melindungi kamu dari penularan virus Covid-19.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home