Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:16 WIB | Selasa, 05 Mei 2015

Berlin: 386 Kg Kokain Diselundupkan di Kotak Pisang

Kokain yang diselundupkan menggunakan kotak pisan dan ditemukan di Berlin, Senin (4/5). (Foto: dari DW.DE)

BERLIN, SATUHARAPAN.COM – Impor buah-buahan pantas diwaspadai sebagai cara untuk menyelundupkan narkotika dan bahan-bahan terlarang. Kasus seperti ini terjadi di Jerman, hari Senin (4/5), dan merupakan temuan narkotika terbesar.

Polisi di Berlin, Jerman mengumumkan rekor penemuan penyelundupan obat terlarang, setelah pekerja pada supermarket Aldi menemukan hampir 400 kilogram kokain yang disembunyikan di kotak pisang. Kasus penyelundupan ini bukan pertama kalinya di tengah meningkatnya penyelundupan narkotika.

Penyelundup memasukkan kokain dalam kotak pisang yang kemudian ditemukan oleh pekerja supermarket Aldi di Berlin, dan di negara bagian Brandenburg, seperti dilaporkan situs Deutsche Welle.

Polisi mengumumkan menemukan 386 kilogram (850 pon) kokain, pada hari Senin, kata juru bicara polisi, Stefan Redlich. Temuan ini adalah yang terbesar di ibu kota Jerman, Berlin, dalam sebuah operasi tunggal. Nilai pasar narkotika ini diperkirakan sekitar 15 juta Euro.

Hanya satu kilogram atau lebih obat itu yang ditemukan terbungkus plastik hitam di beberapa kotak, sementara yang lain dalam kemasan 10 kilogram atau lebih. Obat ditemukan pada 14 toko di seluruh Berlin dan Brandenburg.

Kartel narkotika diketahui sering menggunakan kargo makanan, termasuk buah-buahan,  untuk menyelundupkan sejumlah besar obat dari Amerika Selatan dan Tengah ke Eropa.

Redlich kepada stasiun radio Berlin-Brandenburg, RBB, mengatakan pihaknya meyakini bahwa para penyelundup telah membuat "kesalahan logistik" sepanjang rute perjalanan yang diduga dari Kolombia ke Hamburg.

"Rute itu melintasi Atlantik dan dikenal oleh polisi," kata Redlich. "Wadah yang salah mungkin digunakan ketika barang itu dimasukkan di kapal. Atau mungkin, tidak ada waktu bagi penyelundup untuk membongkarnya ketika tiba di Hamburg."

Penyidik ​​mengatakan pihaknya masih mencari melalui pengiriman pisang lainnya di cabang Aldi dan pasar grosir di Berlin.

Penemuan obat terlarang terbesar kedua di Berlin terjadi dalam 35 tahun terakhir terjadi pada Januari 2014 ketika 140 kilo kokain juga ditemukan di supermarket Aldi. Penemukan besar juga terjadi di kota Cologne, Jerman pada tahun 2010.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home