Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 07:24 WIB | Jumat, 11 November 2016

Bernie Sanders Siap Bekerja dengan Presiden Terpilih AS

Senator Bernie Sanders. (Foto: AFP)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Bernie Sanders, Rabu (09/11), mengatakan dirinya siap bekerja dengan presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Donald Trump jika dia ingin “meningkatkan kehidupan keluarga yang bekerja.”

“Donald Trump memicu kemarahan masyarakat kelas menengah yang muak dan lelah dengan perekonomian, politik dan media yang dikuasai oleh para elite,” ujar Senator Vermont dalam sebuah pernyataan menyusul kemenangan sang miliarder, yang mengejutkan AS dan seluruh dunia.

“Jika Trump serius mengupayakan kebijakan yang dapat meningkatkan kehidupan keluarga yang bekerja di negara itu, saya dan kaum progresif lain siap untuk bekerja dengannya,” tambah Sanders, tokoh independen berhaluan kiri yang menyerukan revolusi politik.

“Jika dia mengusahakan kebijakan rasis, seksisme, xenofobia dan antilingkungan, kami akan menentangnya dengan keras,” katanya.

Seperti halnya Sanders - yang mengecam pengaruh korup elite kaya negara itu dalam politik dan menganjurkan pendidikan umum gratis serta perawatan kesehatan secara universal - Trump berusaha mengajak masyarakat AS yang merasa tersisih dari globalisasi ekonomi.

Namun, tidak seperti Sanders, Trump mengusulkan pemangkasan pajak bagi warga terkaya di AS, dan mengatakan bahwa skema untuk menghindari pembayaran pajak pendapatan perorangan sampai jutaan dolar membuktikan bahwa dia “cerdas”. (AFP)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home