Loading...
INDONESIA
Penulis: Endang Saputra 20:21 WIB | Minggu, 12 April 2015

Besok Wapres akan Hadir Jadi Saksi Yance

Wakil Presiden Jusuf Kalla saat memberikan keterangan saksi dalam persidangan terdakwa Budi Mulya seputar kasus Bank Century sebagai bank gagal sistemik di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (8/5/14) (Foto: Dok. satuharapan.com/ Dedy Istanto

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Humas Pengadilan Negeri (PN) Bandung Djoko Indiarto membenarkan besok Senin (13/4) Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) akan mengadiri sidang sebagai saksi untuk terdakwa mantan Bupati Indramayu, Irianto MS Syafiuddin alias Yance terkait kasus dugaan korupsi dana pembebasan lahan untuk pembangunan PLTU Sumuradem, Indramayu Jawa Barat.

"Benar, beliau (Jusuf Kalla) dijadwalkan jadi saksi yang menguntungkan bagi Yance besok pagi sekitar pukul 9.30," kata Djoko Indiarto saat hubungi satuharapan.com, di Jakarta, Minggu (12/4) malam.

Menurut Djoko persidangan Yance rencananya akan digelar di ruang sidang I Pengadilan Tipikor pada PN Bandung. Sidang itu terbuka untuk umum, tapi khusus untuk besok akan ‎ada pengamanan ekstra.

"Ring satu Paspampres ring tiga Satpol PP dan ruang-ruang yang akan dilalui sudah diseterilkan dari hari kemarin," kata dia.

Dikatakan Djoko untuk jumlah pengunjung di ruang sidang, akan disesuaikan dengan kapasitas tempat duduk.

"Tempat duduk hanya untuk 100 orang. Ya pengunjung secukupnya tempat duduk. Kalau berjubel nanti pengamanan akan sulit," kata dia.

Sebelumnya Tim kuasa hukum terdakwa perkara dugaan korupsi pembebasan lahan proyek PLTU di Sumur Adem, Kabupaten Indramayu tahun 2014, Irianto MS Syafiuddin atau Yance, meminta Wakil Presiden M Jusuf Kalla agar dihadirkan sebagai saksi di persidangan lanjutan kliennya.

"Sebelumnya di media massa Pak JK sempat bilang akan membela klien saya (Yance) dan memberi tahu Jaksa Agung, ini orang (Yance) jangan ditahan karena dulu saya yang perintahkan untuk segera membebaskan lahan," kata Ian, Kuasa Hukum Yance menirukan ucapan Jusuf Kalla di Bandung, Minggu (8/2).

Dengan adanya pernyataan dari Jusuf Kalla tersebut, pihaknya semakin yakin jika kliennya tidak bersalah karena kliennya hanya dijadikan korban politik.

Menurut dia, keputuan kilennya terkait pembebaan lahan dalam proyek PLTU itu malah dinilainya telah menyelamatkan subsidi negara triliunan.

"Makanya kami yakin bahwa kliennya tidak bersalah. Makanya dalam eksepsi yang dibacakannya pekan lalu, kami menilai jika dakwaan jaksa salah kaprah. Jika ini masalah administratif, maka ranahnya bukan pengadilan tipikor, melainkan pengadilan tata usaha negara (PTUN)," kata dia.

Sementara itu, mantan jaksa senior Harun Al Rasjid menilai wajar pembelaan yang diberikan oleh Wapres RI Jusuf Kalla karena keputuan Yance terkait percepatan pembebasan lahan untuk PLTU adalah untuk menyelamatkan dari kerugian yang nilainya mencapai triliunan rupiah.

"Pak JK di sana memuji keberhasilan Yance, berapa triliun uang negara diselamatkan. Bahkan setelah jadi pun, SBY memuji dan menyatakan tidak akan ada lagi pemadaman listrik di Jawa dan Bali," kata dia

Oleh karena itu, Harun yang saat itu menjadi konsultan hukum proyek tersebut menyatakan apabila HGU yang dipermasalahkan, BPN, PLN dan Y8 (panitia) yang harusnya menjadi terdakwa karena Yance saat itu menjabat sebagai bupati tidak mengetahui apa-apa.

"Kalau begini, dakwaaan jaksa sudah ngaco atau ngawur menurut saya. Kalau berdasarkan proporsinya hakim tidak berwenang menyidangkan ini," katanya. (Ant)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home