Loading...
DUNIA
Penulis: Bayu Probo 13:46 WIB | Selasa, 15 April 2014

Boston Marathon 2014 Akan Peringati Setahun Serangan Teroris

Mantan pemain baseball klub Boston Red Sox, Pedro Martinez (kiri), Jeff Bauman, dan Carlos Arredondo (kanan) sebelum pertandingan melawan Philadelphia Phillies di Fenway Park (28/5/2013). (Foto: usatoday.com)

SATUHARAPAN.COM – Ketika ratusan korban dan para penolongnya berkumpul pada Selasa (15/4) di Boston, akan ada air mata. Tapi, yang pasti akan lebih banyak yang dirayakan. Kota yang berhasil bertahan melewati tragedi. Masih banyak orang-orang yang berani dan peduli. Kekuatan mereka yang kehilangan anggota badan dan orang-orang terkasih.

Dan, keberlangsungan Boston Marathon. Setahun setelah dua bom yang menewaskan tiga orang dan melukai lebih dari 260 orang, pertandingan maraton tertua di dunia yang kontinu terselenggara, 118 tahun dan masih akan kuat, akan terus terselenggara.

“Saya benar-benar gembira karena bisa bersama-sama dengan korban lainnya,” kata Jeff Bauman, satu-satunya korban yang kehilangan kedua kaki di atas lutut. “Saya harap ada banyak dari para penolong pertama di sana. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang.”

Bauman akan berada di acara peringatan Bom Boston pada Selasa bersama 3.000 tamu undangan dan pejabat dan dekat garis finish pada hari Senin kelabu itu. Ia setahun lalu sedang menunggu pacarnya, Erin, untuk menyelesaikan lomba.

Bauman akan hadir di sana dengan sang pahlawan yang kemudian dikenal pada 15 April 2013, sebagai “pria bertopi koboi.”

“Ini akan menjadi hari peringatan,” kata Carlos Arredondo, yang mengenakan topi ketika dia mengikat kemeja sekitar kaki Bauman dan mengangkatnya ke kursi roda tak lama setelah bom meledak. “Untuk menunjukkan kita terus maju dengan kehidupan kita. Kami memang berduka, tetapi menyembuhkan.”

Gambar Bauman, wajah dan pakaiannya, menghitam dan bernoda darah, kakinya hilang, duduk di kursi roda didorong oleh Arredondo, menjadi wujud kengerian serangan itu. Tapi, itu juga gambar yang mewakili keberanian orang lain.

Arredondo akan mengenakan topi koboi seperti yang dia lakukan tahun lalu ketika ia membagi-bagikan bendera Amerika di dekat garis finish. Ketika bom pertama meledak di pada pukul 02:49 siang, Arredondo, melompati barikade dan berlari ke arah mereka yang terluka. “Setelah peristiwa tragis seperti itu, itu menunjukkan bagaimana orang-orang yang baik bertindak,” kata Bauman. "Dia salah satu pahlawan. Seperti banyak orang lari, dia berlari menuju tempat kejadian. Dia hanya ingin membantu dan menyelamatkan nyawa orang.”

Sejak hari itu, Bauman, laki-laki 28 tahun dari pinggiran kota Boston yang bekerja di counter sebuah deli di Costco, dan Arredondo, seorang imigran Kosta Rika  dan aktivis perdamaian 53 tahun, saling berhubungan dalam kehidupan masing-masing. Mereka menghadiri pertemuan keluarga masing-masing dan bahkan melakukan perjalanan ke Kosta Rika bersama-sama.

“Dia menjadi seperti teman terbaik saya,” kata Bauman.

Pada  Senin (14/4), seorang pejabat mengatakan sekitar satu juta orang akan kembali ke TKP terbesar dalam sejarah Boston untuk mendukung 36.000 pelari. Keamanan akan ketat dengan dua kali lipat jumlah polisi ditugaskan, sekitar 3.500. Beberapa korban dan keluarga mereka akan menghadiri perlombaan. Apakah mereka tiba mengenakan prosthetics atau di kursi roda, kehadiran mereka adalah tanda ketahanan. Beberapa ingin membuat kenangan baru, untuk melihat garis finish yang baru dicat sebagai sebuah awal baru. Orang lain mungkin tidak pernah kembali ke bentangan Boylston Street, kenangan traumatis masih menghantui.

Tujuan Bauman adalah berjalan lagi pada lomba tahun ini. Dia akan melakukan hal itu dengan bantuan dua kaki palsu. Dia bertunangan dan akan menikah. Dan, pasangan ini sedang menunggu kelahiran anak pertama mereka pada Juli. Dia menulis sebuah buku menarik yang memerinci kesembuhannya dan yang menjadi inspirasi tekad, Stronger, yang diterbitkan pekan lalu.

Tetapi, dengan jam terapi fisik yang tetap, ada begitu banyak yang perlu dilakukan. “Saya hanya ingin mendapatkan kehidupan normal kembali,” kata Bauman. “Apakah hal-hal normal. Bekerja. Mengemudi mobil. Saya harus kembali di mobil saya. Namun, tujuan pertama saya memulai sebuah keluarga. Saya senang dan kewalahan pada saat yang sama.”

Olahraga masa mudanya, basket dan hoki, tidak akan pernah ia mainkan dengan cara yang persis sama lagi. “Saya tahu ada banyak olahraga adaptif, tapi saya tidak tahu apakah saya  siap untuk melompat kembali ke dalam. Saya rindu olahraga yang normal begitu banyak. Saya  berharap saya  masih bisa bermain basket.  Saya bisa men-dribble bola dan berjalan-jalan. Ketika saya melakukan itu (di terapi fisik), saya benar-benar bersemangat.”

Kehidupan Arredondo telah berubah juga. Dia bilang dia sudah dikenali di sebagian besar tempat dia pergi di Boston. Dia berbicara kepada anak-anak sekolah atas nama Palang Merah, sebuah organisasi ia pertama kali menjadi terlibat dengan di Kosta Rika.

Dia juga telah mampu menyebarkan pesan tentang perdamaian dan bekerja dengan kelompok veteran kelompok untuk mencapai audiens yang lebih besar. Arredondo kehilangan satu anak akibat ditembak sniper di Irak. Dan, anak yang lain bunuh diri—yang membuat ia hadir pada maraton tahun lalu—untuk membagikan bendera dan menghibur pada veteran militer dan lain-lain demi menghormati anak-anaknya.

Arredondo memiliki sisa satu bendera yang ia tinggalkan tahun lalu ketika bom pertama meledak di Hari Patriot. Dia meletakkannya di belakang sakunya ketika ia pergi untuk membantu mereka yang terluka. Pada saat hari itu berakhir, itu direndam dalam darah.

Pada Senin ini ia harus membagikan bendera yang lebih kecil mengikuti langkah-langkah keamanan yang lebih ketat. Berapa banyak ia akan membawa? “Sebanyak yang saya bisa,” katanya. (usatoday.com)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home