Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Eti Artayatini 15:31 WIB | Rabu, 13 Desember 2023

BPK PENABUR, PERCASI & SCUA Kembali Raih Rekor MURI dalam Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional 2023

BPK PENABUR, PERCASI & SCUA Kembali Raih Rekor MURI dalam  Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional 2023
Perwakilan penerima penghargaan MURI (Foto : HumasYBPK)
BPK PENABUR, PERCASI & SCUA Kembali Raih Rekor MURI dalam  Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional 2023
Pengurus Yayayasan BPK PENABUR, Pengurus Percasi, Pengurus SCUA dan panitia berfoto bersama (Foto : HumasYBPK)

Jakarta, Satuharapan.com, Festival catur nasional yang bertajuk “Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional – BPK PENABUR 2023” yang telah sukses diselenggarakan pada bulan September lalu, Dimana diikuti oleh  1.757 anak dari 13 propinsi di seluruh Indonesia, berlangung di 4 kota yaitu Bandar Lampung, Bandung, Cirebon, dan Jakarta,  bertempat di 6 Sekolah  yaitu SMPK PENABUR holis Bandung, SMAK 1 BPK PENABUR Bandung, BPK PENABUR Cipto, Cirebon, BPK PENABUR Harapan Indah, SMAK 1 BPK PENABUR Jakarta, dan BPK PENABUR Bandar lampung, menorehkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia ( MURI ) sebagai ‘Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional BPK PENABUR 2023 secara Onsite dengan Peserta Terbanyak’.

Disela-sela penerimaan penghargaan ini, Ketua Panitia, Ambar Sri Pratiwi  ‘Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional BPK PENABUR 2023 mengungkapkan ini semua  merupakan sebuah langkah nyata dari BPK PENABUR, SCUA dan PERCASI dalam mewujudkan Catur sebagai salah satu olahraga yang diminati oleh para pelajar dan juga mengembangkan karakter anak bangsa sebagai generasi yang tangguh dan kreatif, katanya.

Bukan hal sederhana menyelenggarakan turnamen catur onsite menggunakan protocol Fide dengan peserta berjumlah besar. Berbagai kendala teknis tentunya tak terelakkan. Akan tetapi kami memaknai situasi ini sebagai sebuah tantangan baru, sehingga kami menyikapinya sebagai ajang pembelajaran serta sarana pematangan diri.” ungkap Ambar dengan penuh keceriaan.

Ketua Umum Yayasan BPK PENABUR, Adri Lazuardi,  dalam keterangan tertulisnya menyampaikan bahwa sangat bersyukur dan bangga atas pencapaian rekor MURI dalam Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional 2023. Prestasi ini adalah buah kerja keras, dedikasi, dan semangat kolaboratif dari seluruh elemen yang terlibat, tulisnya.

Kami berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan potensi anak-anak muda melalui kegiatan-kegiatan positif seperti ini. Terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam mewujudkan prestasi luar biasa ini. Semoga keberhasilan ini menjadi inspirasi bagi generasi penerus dalam mencapai prestasi yang lebih gemilang di masa depan, tambah Adr dalam keterangan tertulisnya.

Utut Adianto, Ketua Umum PB PERCASI sangat kagum dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas keberhasilan BPK PENABUR menghadirkan lebih dari 1500 peserta pelajar dari berbagai daerah di Indonesia secara onsite atau tatap muka langsung. Atas keberhasilan ini Utut secara spontan menyatakan memberi apresiasi para juara dengan mengfasilitasi mereka mengikuti turnamen catur dengan lingkup yang lebih luas yaitu tingkat Asia Tenggara di tahun mendatang yang akan diselenggarakan di Laos. Ada sebanyak 8 pecatur yang meraih gelar juara di setiap kategori yang akan diberangkatkan ke ajang itu. Langkah ini adalah merupakan langkah konkrit dukungan Percasi atas event akbar yang sukses diselenggarakan oleh BPK PENABUR.

Sementara itu, Pembina Catur Indonesia Ir. Eka Putra Wirya melihat ini sebagai momentum bersejarah yang patut dicatat dan diwariskan, karena menjadi inspirasi bagi perkembangan pendidikan di Indonesia yang utuh dan menyeluruh dalam mengasah dan membangun karakter serta kompetensi para generasi muda harapan bangsa. Apa yang dilakukan oleh BPK PENABUR merupakan langkah fenomal berani menggebrak dan mendobrak dengan melahirkan buah pikiran cemerlang menyelenggarakan kejuaraan catur pelajar tingkat nasional di 4 kota secara serentak. Menyadari tingkat kesulitan begitu tinggi dalam penyelenggaraan event ini, BPK Penabur mengerahkan personil terbaiknya untuk melancarkan serta mensukseskan mega event ini,  Dan BPK PENABUR menjadi motor penggerak utama dari kolaborasi 3in1, yaitu : PENABUR, Percasi dan Scua.

 

Editor : Eti Artayatini


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home