Loading...
OLAHRAGA
Penulis: BPK PENABUR Jakarta 14:01 WIB | Senin, 18 September 2023

Borong Juara di Ajang Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional, Peserta Didik BPK PENABUR Siap Berlaga di Laos dan Manado

Borong Juara di Ajang Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional, Peserta Didik BPK PENABUR Siap Berlaga di Laos dan Manado
Peserta Didik yang Meraih Juara di Ajang "Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional BPK PENABUR 2023” Untuk Kategori TK-SD Kelas 1-3 Putra (Foto : BPKPJakarta)
Borong Juara di Ajang Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional, Peserta Didik BPK PENABUR Siap Berlaga di Laos dan Manado
GM Utut Adianto, Ketua Umum PERCASI Berfoto Bersama Para Pemenang "Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional BPK PENABUR 2023” (Foto : BPKPJakarta)

Jakarta, satuharapan.com, Peserta didik BPK PENABUR Jakarta membabat habis medali Kategori TK-SD Kelas 1-3 Putra. Mereka adalah Alexander Philip Kurniawan, peserta didik SDK 6 PENABUR yang meraih juara 1, disusul oleh Neo Batong, peserta didik SDK PENABUR Gading Serpong memperoleh juara 2, dan juara  3 oleh Georgio Gabe Butarbutar, peserta didik SDK PENABUR Summarecon Bekasi.

GM Utut Adianto, Ketua Umum PERCASI yang hadir pada babak final dan closing “Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional BPK PENABUR 2023”, menyatakan kegembiraan dan apresiasi atas upaya konkret BPK PENABUR dalam pengembangan olahraga catur. "Komitmen dari kami, untuk juara 1 akan dikirim ke pertandingan pelajar tingkat ASEAN di Laos, sedangkan juara 2 dan 3 dikirim ke Kejurnas 2024 di Manado, Sulawesi Utara. Semua biaya kami tanggung.” ujar Utut.

Babak final dan closing “Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional BPK PENABUR 2023” berlangsung di SPK PENABUR Kelapa Gading (18/09). Usai 1.757 peserta bersaing dalam babak penyisihan yang berlangsung Sabtu lalu (09/09), sebanyak 214 peserta muda dari 149 sekolah di 8 provinsi (DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, Sumatera Selatan, Sulawesi Utara) terpilih untuk kembali bertanding.

Kenny Lim, Ketua Bidang Pendidikan BPK PENABUR sekaligus Ketua BPK PENABUR Jakarta membuka babak final secara resmi, “Menang kalah adalah hal yang biasa dalam sebuah kompetisi, jika kali ini tidak berhasil maka dapat terus mencoba sampai di masa depan menjadi seorang Grand Master (GM).” ujarnya.

Para peserta yang terdiri dari jenjang TK, SD, SMP, dan SLTA bersaing sengit, tetapi juga sportif sepanjang 7 babak yang dimulai dari Pukul 09.00 s/d 16.00 WIB.

Pengumuman pemenang berlangsung Pukul 16.30 WIB, Hendry Jamal  selaku inspektur pertandingan catur profesional memberikan laporan. 24 nama keluar sebagai pemenang, yang terbagi ke dalam 8 kategori perlombaan jenjang TK-SD (1-3) putra dan putri, SD (4-6) putra dan putri, SMP putra dan putri, serta SLTA (putra dan putri).

“Lawanku dalam bertanding ada yang berat, ada juga yang ringan. Puji Tuhan aku berhasil meraih juara 1, senang sekali rasanya.” ungkap Alexander.

Perwakilan dari Kemendikbud Ristek yaitu Praptono, Plt. Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, turut menyampaikan dukungannya, “Saya menghargai inisiatif BPK PENABUR mengadakan festival catur ini. Selamat kepada para peserta, semoga melalui ajang ini kalian dapat meraih kemenangan, menang dalam hal kejujuran, kedisiplinan, kreatif, dan mandiri sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.” tutur Praptono.

Berikut daftar selengkapnya pemenang “Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional BPK PENABUR 2023”.

 

TK-SD (1-3)

Nama (Kategori Putra)

Sekolah

Alexander Philip Kurniawan

SDK 6 PENABUR

Neo Batong

SDK PENABUR Gading Serpong

Georgio Gabe Butarbutar

SDK PENABUR Summarecon Bekasi

Nama (Kategori Putri)

Sekolah

Siti Fatimah Zahro

SDN Kutogirang

Ah Shamikha Maygi Sakhiya

SD Majalengka Kulon II

Deandra Mahardika Zhafira

SDN Pondok Ranggon 04

SD (4-6)

Nama (Kategori Putra)

Sekolah

Dominicus Winston Lin

SD St. Peter

Abimanyu Setyawan Riyanto

MI Nurul Islam

Almagro Hasian Gultom

SDN Utan Kayu Utara 01

Nama (Kategori Putri)

Sekolah

Danesh Syauqina Putri

SDN 15 Duren Sawit

Kenya Kesuma Dewi

SDN Burengan 2

Yukiko Charita Putri Purnomo

SDK 1 YSKI Semarang

SMP

Nama (Kategori Putra)

Sekolah

Uriel Noah Oloan Sidabutar

SMP Pax Ecclesia Galaxy Bekasi

Rama Daniswara Setya 

SMP Islam Al Azhar 60

Morado Simanjuntak

SMP Marsudirini Bekasi

Nama (Kategori Putri)

Sekolah

Clementia Adeline

SMP Santa Maria Fatima

Alisa Yulia Putri

SMPN Bogor

Aura Cahyati Alifan

SMPN 2 Bandung

SLTA

Nama (Kategori Putra)

Sekolah

Stevanky

SMAK Tunas Harapan

Handaru Juan Izz Linardhi

SMAN 1 Cibinong

Muhammad Ariel Davinsyah

SMAN 2 Bandung

Nama (Kategori Putri)

Sekolah

Zarquel Mawaddah

SMAN 113 Jakarta Timur

Cherishta Joane Nungki

SMAN 3 Semarang

Frida Nadie Fellicia

SMKN 1 Bekasi

 

 

Editor : Eti Artayatini


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home