Loading...
FOTO
Penulis: Dedy Istanto 05:47 WIB | Kamis, 31 Desember 2015

Catatan Potret Akhir Tahun 2015

Catatan Potret Akhir Tahun 2015
Sembilan warga Pegunungan Kendeng yang mengatasnamakan diri 9 Kartini mewakili suara masyarakat Rembang mendatangi kantor Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) di Jalan Latuharhary, Jakarta Pusat, Selasa (7/4) terkait dengan pendirian pabrik semen yang mengancam kehidupan masyarakat Rembang. Dalam kesempatan itu warga meminta Komnas HAM untuk dipertemukan dengan Menteri Lingkungan dan Kehutanan. (Foto: Dedy Istanto).
Catatan Potret Akhir Tahun 2015
Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi Badrodin Haiti (kiri) bersama dengan anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia (DPR RI) saat memberikan salam kepada para awak media usai menjalani uji kelayakan dan kepatutan pencalonan Kepala Polisi Republik Indonesia (Kapolri) di gedung Nusantara II Jakarta, Kamis (16/4). Dari 10 partai perwakilan fraksi telah sepakat memilih Komjen Badrodin Haiti sebagai Kapolri yang baru. (Foto: Dedy Istanto).
Catatan Potret Akhir Tahun 2015
Seorang suster membawa bingkai foto Rodrigo Gularte bersama bingkai foto delapan terpidana eksekusi mati yang dipajang di tempat persemayaman Rumah Sakit Saint Carolus, Jakarta Pusat Peti jenazah terpidana eksekusi mati Rodrigo Gularte berkebangsaan Brasil saat tiba di tempat persemayaman ruang jenazah Kristoforus Rumah Sakit Saint Carolus, Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Rabu (29/4). Jenazah Rodrigo bersama wakil keluarga Angelita Muxfeldt tiuba sekitar pukul 12.45 WIB dari Cilacap menggunakan kendaraan jenazah yang dikawal pihak kepolisian. (Foto: Dedy Istanto)
Catatan Potret Akhir Tahun 2015
Istri mendiang aktivis hak azasi manusia (HAM) Munir Said Thalib, Suciwati saat berpose di plang nama Munirpad yang akan diresmikan sebagai nama jalan di kota Den Haag, Belanda pada tanggal 14 April 2015 mendatang. Hal itu disampaikan dalam gelar jumpa pers yang digelar di kantor Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) Jalan Borobudur, Jakarta Pusat, Sabtu (11/4) (Foto: Dedy Istanto).
Catatan Potret Akhir Tahun 2015
Seorang pekerja projek Mass Rapid Transit (MRT) saat memperbaiki tiang bendera yang sejumlah negara peserta Konferensi Asia - Afrika sebagai bagian dalam rangka menyambut peringatan ke-60 tahun KAA yang akan digelar pada tanggal 19-24 April 2015 di Jakarta dan Bandung. Pemasangan bendera sejumlah negara peserta KAA mulai menghiasi jalan raya Ibu Kota sejak beberapa hari mulai dari Jalan Jenderal Sudirman sampai dengan Jalan MH Thamrin, Jumat (17/4). (Foto: Dedy Istanto).
Catatan Potret Akhir Tahun 2015
Salah satu pendukung sepakbola Persija Jakarta atau The Jak Mania saat memasang spanduk bertuliskan tentang nasib sepakbola Indonesia dalam aksi demonstrasi yang digelar di seberang Istana Negara Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (5/5). Dalam aksinya para pendukung The Jak Mania meminta Presiden Joko Widodo turun langsung dalam menyelesaikan kisruh yang terjadi di tubuh Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). (Foto: Dedy Istanto).
Catatan Potret Akhir Tahun 2015
Pelaksana tugas (Plt) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Taufiqurachman Ruki (kedua kanan) didampingi oleh Johan Budi (kanan), Zulkarnaen (kedua kiri) dan Seno Aji (kiri) saat menggelar jumpa pers terkait dengan pemberitaan penahanan terhadap Wakil Ketua KPK nonaktif Bambang Widjojanto di Gedung KPK Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (23/4). KPK mengatakan bahwa pemberitaan tentang penahanan terhadap Bambang tidak benar setelah dilakukan komunikasi dengan Mabes Polri. (Foto: Dedy Istanto).
Catatan Potret Akhir Tahun 2015
Presiden Joko Widodo saat membacakan pidato untuk pertama kalinya tentang Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) 2016 dan Nota Keuangannya di depan Sidang Paripurna anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di Gedung Nusantara, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8). Dalam pidatonya Presiden mengalokasikan RAPBN 2016 sebesar Rp 2.121,3 triliun yang diserahkan kepada DPR dan DPD untuk dikaji. (Foto: Dedy Istanto).
Catatan Potret Akhir Tahun 2015
Bangku stadiun Lebak Bulus yang sudah dilepas dari podium karena dibongkar untuk mendukung fasilitas pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) yang ditargetkan 100 hari bangunan tersebut sudah rata dengan tanah pada hari Kamis (10/9). (Foto: Dedy Istanto).
Catatan Potret Akhir Tahun 2015
Seorang pekerja saat melintas di jalur terowongan Mass Rapid Transit (MRT) Patung Pemuda Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Kamis (12/11), yang saat ini masih terus dikerjakan. Jalur terowongan yang dibor menggunakan Tunnel Boring Machine (TBM) yang mulai dilakukan sejak bulan Oktober 2015. (Foto: Dedy Istanto).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Catatan akhir di penghujung tahun 2015, berbagai rangkaian peristiwa terjadi mewarnai pemberitaan. Kilas balik tentang kejadian, peristiwa, serta momen terangkum dalam rekaman bingkai foto sepanjang tahun 2015.

Berbagai persoalan serta pencapaian kurang dari lima hari yang sebentar lagi menuju tahun 2016 masih meninggalkan banyak pekerjaan rumah bagi negeri ini. Mulai dari persoalan polemik hukuman mati, karut marut pemilihan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), penolakan tambang oleh masyarakat Kendeng, Rembang, penolakan pengurukan waduk Jati Gede, polemik dibekukannya Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI), sampai dengan kasus Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) jilid II menjadi pemberitaan sepanjang tahun ini.

Tidak hanya hanya itu berbagai permasalahan dan juga peristiwa di ibu kota Jakarta yang mewarnai pemberitaan di sepanjang tahun 2015. Antara lain, penolakan penggusuran rumah di Kampung Pulo, pembongkaran stadiun bersejarah Lebak Bulus, kebakaran kantor Komisi Perlindungan Anak (KPA), persiapan menjelang pelaksaan Konferensi Asia Afrika (KAA), sampai dengan aksi “Kamisan” yang sampai dengan saat ini masih terus bergulir.

Catatan demi catatan menjadi warna tersendiri dalam setiap peristiwa maupun kejadian. Meski tidak terangkum secara apik dan lengkap, namun persembahan catatan akhir tahun ini diharapkan dapat memberikan renungan untuk menjawab tantangan menuju tahun depan.

Berikut ini berbagai peristiwa serta momen dan pencapaian sepanjang tahun 2015 yang terangkum dalam bingkai foto dari redaksi satuharapan.com.

 

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home