Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 08:02 WIB | Kamis, 23 Juni 2016

Cathay Pacific Tak Lagi Angkut Produk Sirip Hiu

Ilustrasi. Ribuan sirip ikan hiu ditemukan di Hong Kong. (Foto: AFP)

HONG KONG, SATUHARAPAN.COM – Maskapai andalan Hong Kong Cathay Pacific pada hari Rabu (22/6) tidak akan lagi mengangkut produk sirip hiu dalam penerbangannya. Keputusan ini merupakan tindak lanjut dari kemenangan bagi aktivis lingkungan yang mencemaskan spesies pemangsa yang terancam punah tersebut.

Cathay Pacific merupakan salah satu maskapai penerbangan pembawa barang terbesar di dunia dan keputusan ini diperkirakan akan membawa pengaruh besar terhadap perdagangan sirip hiu.

Sebelumnya, maskapai tersebut menyatakan hanya akan membawa sirip hiu dari sumber berkesinambungan.

Hong Kong merupakan salah satu pasar terbesar dunia untuk sirip hiu, yang dianggap kebanyakan warga Asia sebagai hidangan mewah, sering disajikan sebagai sup dalam jamuan makan mewah Tiongkok.

Pendukung hak-hak hewan mendesak Cathay untuk melarang produk sirip hiu selama bertahun-tahun. Maskapai lainnya seperti Thai Airways dan Philippine Airlines melarang hidangan tersebut dalam beberapa tahun terakhir.

 “Terkait masalah sirip hiu, kami dengan senang hati menyepakati pelarangan produk tersebut,” menurut Cathay Pacific pada hari Rabu (22/6).

Maskapai itu mengonfirmasikan kepada AFP bahwa pelarangan tersebut diperluas untuk semua produk ikan hiu baik dalam layanan pesawat angkut maupun penumpang. (AFP)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home