Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 08:18 WIB | Kamis, 23 Juni 2016

Irak: Kota Fallujah Hampir Bersih dari ISIS

Ilustrasi. Orang Irak yang mengungsi di tengah operasi pemerintah melawan kelompok ISIS di Fallujah membawa kebutuhan pangan dasar yang disumbangkan oleh sebuah LSM, Preemptive Love Coalition. Khaldiyeh, Irak. (Foto: AFP PHOTO / Haidar Mohammed Ali)

BAGHDAD, SATUHARAPAN.COM – Pasukan Irak di Fallujah menghadapi perlawanan dari ekstremis ISIS di dua permukiman utara kota tersebut, kata komandan operasi militer pada hari Rabu (22/6).

“Area utara dan tengah Fallujah hampir dibersihkan dari ISIS,” kata Letnan Jenderal Abdulwahab al-Saadi kepada AFP.

“Terdapat beberapa ekstremis ISIS yang tersisa, hanya di permukiman Al-Muallemin dan Jolan di utara kota tersebut,” ujarnya.

“Sejumlah ekstremis di Jolan memberikan sedikit perlawanan, namun kami berhasil memukul mundur dan menewaskan sejumlah ekstremis itu,” katanya.

Operasi militer terhadap ISIS di Fallujah utara dilaksanakan oleh unit kontraterorisme elite dan pasukan dari kepolisian federal serta provinsi.

Pasukan Irak pekan lalu merebut kembali Fallujah dari pejuang-pejuang ISIS yang telah menduduki kota itu selama dua tahun. PBB memperkirakan ada sekitar 85.000 warga Fallujah yang melarikan diri dari kota di bagian barat ibu kota Baghdad itu sangat membutuhkan bantuan. (AFP)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home