Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 09:37 WIB | Senin, 20 Maret 2023

Cegah Gejolak Keuangan Global, UBS Setuju Ambil Alih Bank Credit Suisse

Logo Grup UBS dan Credit Suisse terlihat dalam ilustrasi ini yang diambil pada 18 Maret 2023. (Foto: Reuters)

BERN, SATUHARAPAN.COM-UBS telah setuju untuk membeli bank Swiss saingannya, Credit Suisse seharga tiga miliar franc Swiss (hampir setara Rp 50 triliun) dan setuju untuk menanggung kerugian hingga $5,4 miliar (setara Rp 82 triliun), dalam merger yang direkayasa oleh otoritas Swiss untuk menghindari gejolak pasar lebih lanjut di perbankan global.

Regulator Swiss telah dipaksa untuk turun tangan dan mengatur kesepakatan untuk mencegah krisis kepercayaan di Credit Suisse yang meluas ke sistem keuangan yang lebih luas. Kesepakatan itu diharapkan akan ditutup pada akhir 2023.

Menteri keuangan Swiss mengatakan, kebangkrutan sebuah bank global penting akan menciptakan konsekuensi yang tidak dapat diperbaiki untuk pasar keuangan.

Belum jelas apakah kesepakatan itu cukup untuk mengembalikan kepercayaan pada pemberi pinjaman di seluruh dunia. Indikasi pertama bisa datang ketika pasar saham dibuka dalam beberapa jam di Asia, Australia, dan Selandia Baru.

Bank sentral Swiss akan memasok likuiditas besar ke bank hasil merger, katanya pada konferensi pers di ibu kota Swiss, Bern. Dikatakan kesepakatan itu termasuk 100 miliar franc Swiss (setara Rp 1.640 triliun) dalam bantuan likuiditas untuk UBS dan Credit Suisse.

“Dengan pengambilalihan Credit Suisse oleh UBS, sebuah solusi telah ditemukan untuk mengamankan stabilitas keuangan dan melindungi perekonomian Swiss dalam situasi luar biasa ini,” kata bank sentral Swiss.

Efeknya pada pekerjaan tidak segera jelas. UBS mengatakan pihaknya memperkirakan penghematan biaya tahunan sekitar US$7 miliar pada tahun 2027. Pemegang saham Credit Suisse akan menerima 1 saham UBS untuk setiap 22,48 saham Credit Suisse yang dimiliki, setara dengan 0,76 franc Swiss per saham dengan total pertimbangan tiga miliar franc, kata UBS.

Otoritas Pengawas Pasar Keuangan Swiss (FINMA) mengatakan akan memungkinkan untuk melanjutkan semua kegiatan bisnis kedua bank tanpa batasan atau gangguan. FINMA mengatakan akan berkoordinasi dengan otoritas nasional dan internasional, yaitu US Federal Reserve dan British Prudential Regulation Authority.

Credit Suisse Tambahan saham Tier 1 dengan nilai nominal sekitar 16 miliar franc Swiss ($17,2 miliar) akan dihapus seluruhnya setelah pemerintah Swiss memberikan dukungan, kata regulator Swiss.

Para pejabat berlomba untuk menyelamatkan bank berusia 167 tahun itu, di antara pengelola kekayaan terbesar di dunia, setelah sepekan yang brutal terjadi kegagalan bank AS terbesar kedua dan ketiga dalam sejarah. Sebagai salah satu dari 30 bank global yang dianggap penting secara sistemik, kesepakatan untuk Credit Suisse dapat mempengaruhi pasar keuangan global.

Setidaknya dua bank besar di Eropa sedang memeriksa skenario penularan yang mungkin menyebar di sektor perbankan kawasan dan melihat ke Federal Reserve dan Bank Sentral Eropa untuk melangkah dengan sinyal dukungan yang lebih kuat, kata dua eksekutif senior yang mengetahui diskusi tersebut.

Negosiasi akhir pekan mengikuti upaya di Eropa dan AS untuk mendukung sektor tersebut sejak jatuhnya pemberi pinjaman AS Silicon Valley Bank dan Signature Bank. Pemerintahan Presiden AS Joe Biden bergerak untuk mendukung simpanan konsumen sementara bank sentral Swiss meminjamkan miliaran kepada Credit Suisse untuk menstabilkan neracanya.

Dampak dari krisis kepercayaan di Credit Suisse dan kegagalan dua bank AS dapat mempengaruhi sistem keuangan pekan ini, kedua eksekutif tersebut secara terpisah mengatakan kepada Reuters pada hari Minggu (19/3).

Saham Credit Suisse kehilangan seperempat nilainya pekan lalu. Bank dipaksa untuk memanfaatkan $54 miliar dalam pendanaan bank sentral karena mencoba untuk pulih dari skandal yang telah merusak kepercayaan investor dan klien.

Pihak berwenang Swiss sedang memeriksa pengenaan kerugian pada pemegang obligasi Credit Suisse sebagai bagian dari penyelamatan bank, kata dua sumber yang mengetahui masalah tersebut pada hari Minggu.

Namun, regulator Eropa khawatir tentang langkah seperti itu karena takut dapat memukul kepercayaan investor di tempat lain di sektor keuangan Eropa, kata sumber tersebut, berbicara dengan syarat anonimitas.

Otoritas AS bekerja sama dengan mitra Swiss mereka untuk membantu menengahi kesepakatan, Bloomberg melaporkan, sementara Sky News mengatakan Bank of England telah mengindikasikan kepada mitra internasional dan UBS bahwa mereka akan mendukung rencana pengambilalihan Credit Suisse, yang menganggap Inggris sebagai pasar kunci.

Nasib kedua bank telah menyimpang tajam selama setahun terakhir. UBS memperoleh laba $7,6 miliar pada tahun 2022, sementara Credit Suisse kehilangan $7,9 miliar. Saham Credit Suisse turun 74 persen dari tahun lalu, sedangkan saham UBS relatif mendatar. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home