Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 09:31 WIB | Senin, 20 Maret 2023

Rusia Perpanjang Kesepakatan Pengiriman Biji-bijian Ukraina di laut Hitam 60 Hari

Pemandangan kapal kargo berbendera Sierra Leone, Razoni, yang membawa biji-bijian Ukraina, selama pemeriksaan oleh pejabat Pusat Koordinasi Bersama di Laut Hitam lepas pantai Kilyos, dekat Istanbul, Turki, pada 3 Agustus 2022. (Foto: dok.Reuters)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Rusia pada hari Jumat (17/3) mengatakan memperpanjang kesepakatan pengiriman biji-bijian Laut Hitam selama 60 hari. Ini menggemakan pernyataan sebelumnya oleh kementerian luar negeri.

Ukraina mengatakan kesepakatan itu, yang akan segera berakhir, harus diperpanjang secara penuh berdasarkan ketentuan yang ada, yang menyediakan perpanjangan 120 hari.

Sementara itu, Kantor Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) di Jenewa mengatakan bahwa diskusi tentang pembaruan kesepakatan sedang berlangsung.

Inisiatif pengiriman biji-bijian Laut Hitam, yang ditengahi antara Rusia dan Ukraina oleh PBB dan Turki Juli lalu, bertujuan untuk mencegah krisis pangan global dengan membiarkan biji-bijian Ukraina yang diblokade oleh invasi Rusia diekspor dengan aman dari tiga pelabuhan Ukraina.

Pakta pengiriman biji-bijian itu berakhir pada hari Sabtu (18/3). (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home