Loading...
SAINS
Penulis: Melki 12:25 WIB | Kamis, 09 Februari 2023

China Bangun Satelit Meteorologi Fengyun-3

Roket Long March-4C yang membawa satelit Fengyun-3E (FY-3E) meluncur dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan di China, Senin (5/7/2021). Xinhua/Wang Jiangbo.

BEIJING, SATUHARAPAN.COM - Pembangunan satelit meteorologi Fengyun-3 (FY-3) gelombang keempat milik China telah diluncurkan, demikian menurut Akademi Teknologi Penerbangan Luar Angkasa Shanghai (SAST) yang berada di bawah naungan China Aerospace Science and Technology Corporation, dilansir Kamis (9/2).

Seri FY-3 merupakan generasi kedua dari satelit meteorologi China yang mengorbit di kutub dan ditingkatkan dari seri FY-1.

Satelit meteorologi seri terbaru itu dirancang untuk memperkuat kemampuan akuisisi data global China guna mengumpulkan lebih banyak informasi tentang karakteristik awan dan permukaan.

Satelit tersebut dapat memberikan parameter atmosferis, permukaan darat, serta permukaan laut yang bersifat global, segala cuaca, tiga dimensional, kuantitatif, dan multispektral.

Satelit Fengyun-3 gelombang keempat itu menjadi satelit terakhir dari satelit meteorologi orbit rendah generasi kedua China, yang terdiri atas sebuah satelit pengukur presipitasi di orbit miring dan sebuah satelit di orbit dini hari yang sinkron dengan matahari.

Setelah peluncuran satelit FY-3, China untuk pertama kalinya akan melakukan verifikasi di orbit terhadap pengamatan kolaboratif dari satelit-satelit meteorologinya di orbit tinggi dan rendah.

Hal itu sebagai upaya mendukung pengembangan sistem pengamatan pintar pada satelit-satelit meteorologi generasi ketiga, kata SAST. (Xinhua)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home