Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 13:27 WIB | Selasa, 01 Juni 2021

China Laporkan Kasus Infeksi H10N3 Pertama pada Manusia

Peternakan ayam di China. (Foto ilustrasi: dok. Reuters)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM-Seorang pria berusia 41 tahun di Provinsi Jiangsu, China telah dipastikan sebagai kasus infeksi virus flu burung H10N3 yang pertama pada manusia, kata Komisi Kesehatan Nasional China (NHC) pada hari Selasa (1/6).

Pria itu, seorang penduduk kota Zhenjiang, dirawat di rumah sakit pada 28 April setelah mengalami demam dan gejala lainnya, kata NHC dalam sebuah pernyataan.

Dia didiagnosis mengidap virus flu burung H10N3 pada 28 Mei, katanya, tetapi tidak memberikan rincian tentang bagaimana pria itu terinfeksi virus tersebut.

H10N3 adalah jenis virus patogenik rendah, atau relatif lebih ringan, pada unggas dan risiko penyebarannya dalam skala besar sangat rendah, kata NHC menambahkan.

Pria itu dalam keadaan stabil dan siap keluar dari rumah sakit. Pengamatan medis dari kontak dekatnya tidak menemukan kasus lain.

Banyak jenis flu burung yang berbeda ditemukan di China dan beberapa secara sporadis menginfeksi orang, biasanya mereka yang bekerja dengan unggas. Tidak ada jumlah yang signifikan dari infeksi flu burung pada manusia sejak strain H7N9 membunuh sekitar 300 orang selama kurun 2016-2017.

Tidak ada kasus lain dari infeksi manusia dengan H10N3 yang pernah dilaporkan secara global, kata NHC. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home