Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 10:24 WIB | Selasa, 29 Maret 2022

China Mulai Penguncian COVID-19 di Shanghai

Petugas keamanan dengan alat pelindung memuat barang dengan troli untuk dipindahkan ke bangunan tempat tinggal yang dibarikade yang dikunci untuk pemantauan kesehatan menyusul kasus COVID-19 yang terdeteksi di daerah tersebut, Senin, 28 Maret 2022, di Beijing. (Foto: AP/Andy Wong)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM-China memulai penguncian virus corona paling luas dalam dua tahun pada hari Senin (28/3) untuk melakukan pengujian massal dan mengendalikan wabah yang berkembang di Shanghai ketika mengalami kerugian ekonomi akibat strategi "nol-COVID" yang dipertanyakan negara itu.

Shanghai, ibu kota keuangan China dan kota terbesar dengan 26 juta orang, telah mengelola wabah yang lebih kecil sebelumnya dengan penguncian terbatas kompleks perumahan dan tempat kerja tempat virus menyebar.

Tetapi penguncian seluruh kota yang akan dilakukan dalam dua fase akan menjadi yang paling luas di China sejak pusat kota Wuhan, tempat virus pertama kali terdeteksi pada akhir 2019, mengurung 11 juta orang di rumah mereka selama 76 hari pada awal 2020. Jutaan lainnya telah dikunci sejak saat itu.

Distrik keuangan Pudong Shanghai dan daerah sekitarnya akan dikunci dari Senin hingga Jumat saat pengujian massal sedang berlangsung, kata pemerintah setempat. Pada fase kedua penguncian, area pusat kota yang luas di sebelah barat Sungai Huangpu yang membelah kota akan memulai penguncian lima hari sendiri pada hari Jumat.

Warga akan diminta untuk tinggal di rumah dan pengiriman akan ditinggalkan di pos pemeriksaan untuk memastikan tidak ada kontak dengan dunia luar. Kantor dan semua bisnis yang tidak penting akan ditutup dan transportasi umum ditangguhkan.

Sudah banyak komunitas di Shanghai telah dikunci selama seminggu terakhir, dengan kompleks perumahan mereka ditutup dengan penghalang plastik biru dan kuning dan penduduk diharuskan untuk mengikuti beberapa tes untuk COVID-19. Taman hiburan Disneyland Shanghai adalah salah satu bisnis yang tutup lebih awal. Pembuat mobil Tesla juga menangguhkan produksi di pabriknya di Shanghai, menurut laporan media.

Pembelian panik dilaporkan pada hari Minggu, dengan rak supermarket dibersihkan dari makanan, minuman dan barang-barang rumah tangga. Hambatan tambahan sedang didirikan di lingkungan Senin, dengan pekerja di pos pemeriksaan staf pos pemeriksaan.

Beberapa pekerja, termasuk pedagang di pasar saham kota, bersiap untuk tetap berada dalam “gelembung” COVID-19 selama penguncian.

Shanghai mendeteksi 3.500 kasus infeksi lainnya pada hari Minggu, meskipun semua kecuali 50 adalah orang yang dites positif virus corona tetapi tidak menunjukkan gejala COVID-19. Sementara orang yang tidak menunjukkan gejala masih dapat menginfeksi orang lain, China mengkategorikan kasus tersebut secara terpisah dari “kasus yang dikonfirmasi.” Ini yang mengarah ke jumlah yang jauh lebih rendah dalam laporan harian.

Secara nasional, 1.219 kasus baru infeksi domestik yang dikonfirmasi terdeteksi pada hari Minggu, lebih dari 1.000 di antara mereka di provinsi Jilin, bersama dengan 4.996 kasus tanpa gejala, Komisi Kesehatan Nasional melaporkan pada hari Senin.

China telah melaporkan lebih dari 56.000 kasus yang dikonfirmasi secara nasional bulan ini, dengan lonjakan di Jilin merupakan penyebab sebagian besar dari mereka.

Provinsi Jilin memberlakukan larangan perjalanan dan penguncian sebagian di beberapa kota, termasuk Changchun, salah satu pusat industri otomotif China. Meskipun provinsi tersebut telah mengalami lebih dari 1.000 kasus baru yang dikonfirmasi per hari, tindakan pencegahan dan pengendalian yang diambil di sana tampaknya tidak seekstrem di tempat lain. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home