Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:00 WIB | Senin, 06 Maret 2023

China Naikkan Anggaran Militer Sebesar Tujuh Persen

Presiden China, Xi Jinping, Perdana Menteri Li Keqiang, Ketua Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional (NPC) Li Zhanshu, Ketua Konferensi Konsultatif Politik Rakyat China (CPPCC) Wang Yang dan anggota Komite Tetap Politbiro Li Qiang bertepuk tangan pada sesi pembukaan Kongres Rakyat Nasional (NPC) di Aula Besar Rakyat di Beijing, China, Minggu, 5 Maret 2023. (Foto: Reuters)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM-China akan meningkatkan pengeluaran pertahanan sebesar 7,2 persen tahun ini, sedikit melampaui peningkatan tahun lalu dan lebih cepat dari perkiraan pertumbuhan ekonomi pemerintah, karena Perdana Menteri Li Keqiang meminta angkatan bersenjata untuk meningkatkan kesiapan tempur.

Anggaran nasional yang dirilis pada hari Minggu (5/3) menunjukkan 1,55 triliun yuan (setara Rp 3.400 triliun) dialokasikan untuk pengeluaran militer.

Anggaran pertahanan akan diawasi dengan ketat oleh tetangga China dan Amerika Serikat, yang prihatin dengan niat strategis Beijing dan pengembangan militernya, terutama karena ketegangan meningkat dalam beberapa tahun terakhir terkait Taiwan.

Dalam laporan kerjanya untuk sesi tahunan parlemen, Li mengatakan operasi militer, pembangunan kapasitas dan kesiapsiagaan tempur harus “terkoordinasi dengan baik dalam memenuhi tugas-tugas utama”.

“Angkatan bersenjata kita, dengan fokus pada tujuan seratus tahun Tentara Pembebasan Rakyat pada tahun 2027, harus bekerja untuk melakukan operasi militer, meningkatkan kesiapan tempur dan meningkatkan kemampuan militer,” katanya dalam pidato kenegaraan, pidato kepada sebagian besar legislatif stempel karet.

Kenaikan belanja pertahanan tahun ini menandai peningkatan satu digit kedelapan berturut-turut. Seperti tahun-tahun sebelumnya, tidak ada rincian pengeluaran yang diberikan, hanya jumlah keseluruhan dan tingkat kenaikannya.

Peningkatan pengeluaran melampaui pertumbuhan ekonomi yang ditargetkan sekitar lima persen, yang sedikit di bawah target tahun lalu karena ekonomi terbesar kedua di dunia menghadapi tantangan domestik.

Beijing gelisah dengan tantangan di garis depan mulai dari Taiwan yang diklaim China hingga misi angkatan laut dan udara Amerika Serikat di Laut China Selatan yang disengketakan di dekat pulau-pulau yang diduduki China.

China menggelar latihan perang di dekat Taiwan Agustus lalu untuk mengungkapkan kemarahan atas kunjungan Ketua DPR AS saat itu Nancy Pelosi ke Taipei.

Li Mingjiang, profesor asosiasi di S. Rajaratnam School of International Studies di Singapura, mengatakan pengeluaran pertahanan yang melampaui perkiraan pertumbuhan ekonomi menunjukkan China mengantisipasi menghadapi tekanan yang lebih besar dalam lingkungan keamanan eksternalnya, terutama dari Amerika Serikat dan masalah Taiwan.

“Pemimpin China jelas mengintensifkan upaya mempersiapkan negara secara militer untuk menghadapi semua potensi tantangan keamanan, termasuk situasi tak terduga,” katanya.

China, dengan personel militer terbesar di dunia, sibuk menambahkan perangkat keras baru, termasuk kapal induk dan pesawat tempur siluman.

Anggaran pertahanan China yang dilaporkan pada tahun 2023 adalah sekitar seperempat dari pengeluaran AS yang diusulkan, meskipun banyak diplomat dan pakar asing yakin Beijing tidak melaporkan jumlah sebenarnya.

Anggaran pertahanan AS tahun fiskal 2023 mengesahkan US$ 858 miliar untuk pengeluaran militer dan termasuk pendanaan untuk pembelian senjata, kapal, dan pesawat terbang, serta dukungan untuk Taiwan dan Ukraina saat berperang melawan invasi Rusia. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home