Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:02 WIB | Sabtu, 04 Maret 2023

Kanselir Jerman Kunjungi Gedung Putih, Kemungkinan Bahas Masalah China dan Ukraina

Presiden AS, Joe Biden, dan Kanselir Jerman, Olaf Scholz, bertemu di sela-sela KTT G7 di Castle Elmau di Kruen, dekat Garmisch-Partenkirchen, Jerman, pada 28 Juni 2022. Scholz mengunjungi Gedung Putih pada Jumat, 3 Maret 2023, untuk bertemu dengan Biden. (Foto: dok. AP/Susan Walsh)

WASHINGTON DC, SAT5UHARAPAN.COM - Kanselir Jerman, Olaf Scholz, mengunjungi Gedung Putih pada hari Jumat (3/3) untuk pertemuan pribadi dengan Presiden Joe Biden karena kedua sekutu semakin vokal tentang kekhawatiran mereka bahwa China mungkin menyingkir dan akan memasok senjata ke Rusia untuk invasi ke Ukraina.

Langkah seperti itu dapat secara dramatis mengubah lintasan perang dengan memungkinkan Moskow mengisi kembali persediaannya yang habis.

China adalah mitra dagang utama Jerman, dan negara-negara Eropa umumnya lebih berhati-hati daripada Amerika Serikat dalam mengambil sikap keras terhadap Beijing. Namun, ada tanda-tanda yang mungkin berubah saat persaingan global semakin tegang.

Dalam pidatonya di parlemen Jerman pada hari Kamis, Scholz meminta China untuk "menggunakan pengaruh Anda di Moskow untuk mendesak penarikan pasukan Rusia, dan tidak memasok senjata ke agresor Rusia."

AS dan Jerman telah bekerja sama untuk memasok Ukraina dengan bantuan militer dan kemanusiaan. Tetapi ada juga gesekan atas masalah-masalah seperti penyediaan tank, dan Washington kadang-kadang menjadi frustrasi dengan keraguan Berlin.

Mempertahankan aliran senjata yang stabil ke Kiev akan sangat penting di tahun kedua perang, terutama dengan kedua belah pihak merencanakan serangan musim semi. "Kami bangga dengan upaya kolektif yang telah kami lakukan bersama," kata John Kirby, juru bicara keamanan nasional Gedung Putih, hari Kamis.

Dia mengatakan AS belum melihat indikasi bahwa China telah membuat keputusan apakah akan memberikan senjata ke Rusia.

Scholz terakhir mengunjungi Gedung Putih lebih dari setahun yang lalu, tak lama sebelum Rusia menginvasi Ukraina. Sangat sedikit pertemuan hari Jumat yang akan terbuka untuk umum, dan kemungkinan tidak ada pengumuman.

Berbeda dengan kunjungan kenegaraan formal, seperti saat Presiden Prancis, Emmanuel Macron, datang ke Washington tahun lalu, tidak akan ada kemegahan dan seremoni. Perjalanan Scholz tidak akan memiliki konferensi pers yang biasa di mana kedua pemimpin menjawab pertanyaan dari wartawan yang mewakili kedua negara.

Kirby menggambarkannya sebagai "kunjungan kerja nyata antara kedua pemimpin ini".

Pertemuan itu akan berlangsung intim, menurut seorang pejabat senior Jerman dan seorang pejabat AS. Alih-alih terus-menerus diapit oleh penasihat, kata para pejabat, Biden dan Scholz kemungkinan besar akan menjadi dua orang di ruangan itu untuk sebagian besar waktu. Para pejabat berbicara tanpa menyebut nama karena sifat pembicaraan yang rahasia.

Dalam sebuah wawancara dengan penyiar Jerman, Welt, pemimpin oposisi Friedrich Merz menuduh Scholz merahasiakan perjalanannya ke Washington, yang akan berlangsung tanpa paket pers biasa. Merz menyarankan agar Scholz harus memperhalus kesepakatan untuk menyediakan tank ke Ukraina.

Scholz menolak gagasan perselisihan antara sekutu. Ditanya oleh The Associated Press tentang keadaan kunjungannya, Scholz mengatakan dia dan Biden "ingin berbicara langsung satu sama lain", dan dia menggambarkan "situasi global di mana segalanya menjadi sangat sulit".

“Penting bagi teman dekat seperti itu untuk membicarakan semua pertanyaan ini bersama-sama, terus menerus,” katanya.

Jake Sullivan, penasihat keamanan nasional Biden, mengisyaratkan adanya ketegangan antara kedua negara pada hari Minggu saat tampil di acara ABC “This Week.”

Dia mengatakan Biden awalnya memutuskan untuk tidak mengirim tank Abrams ke Ukraina, percaya mereka tidak akan segera berguna untuk pasukan Ukraina. Namun, kata Sullivan, Jerman tidak akan mengirimkan tank Leopardnya sampai presiden juga setuju untuk mengirim Abrams.

“Jadi, demi kepentingan persatuan aliansi dan untuk memastikan bahwa Ukraina mendapatkan apa yang diinginkannya, terlepas dari fakta bahwa Abrams bukanlah alat yang mereka butuhkan, presiden berkata, 'Oke, saya akan menjadi pemimpin dari dunia bebas,'” kata Sullivan. "'Saya akan mengirim Abrams ke jalan jika Anda mengirim Leopard sekarang.' Leopard itu sedang dikirim sekarang."

Pemerintah Scholz membantah ada permintaan seperti itu dari AS.

Max Bergmann, mantan pejabat Departemen Luar Negeri yang memimpin Program Eropa di Pusat Studi Strategis dan Internasional, mengatakan AS sering menginginkan Jerman, ekonomi terbesar kelima di dunia, menjadi lebih kuat di panggung global.

“Ada harapan bahwa, alih-alih kita harus mendorong sepanjang waktu, Jerman akan mengambil peran kepemimpinan,” katanya. Bergmann mengatakan Jerman telah melangkah jauh untuk memperkuat pertahanannya, tetapi menambahkan bahwa masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan.

“Cara Jerman memandang dunia tidak selalu sejalan dengan cara AS memandang dunia,” katanya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home