Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 19:02 WIB | Selasa, 09 Mei 2023

China Tangkap Pria Gunakan ChatGPT untuk Menulis Artikel Palsu

OpenAI dan ChatGPT terlihat di depan halaman web yang dibuka untuk ChatGPT. (Foto dok.AP)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM-Pihak berwenang China telah menahan seorang pria karena menggunakan ChatGPT untuk menulis artikel berita palsu, yang tampaknya merupakan salah satu kasus pertama penangkapan terkait penyalahgunaan kecerdasan buatan di negara tersebut.

Pria itu, yang bermarga Hong, “mengeksploitasi metode teknologi modern untuk mengarang informasi palsu, dan menyebarkannya di media sosial, kata biro keamanan publik Provinsi Gansu utara dalam siaran pers yang diposting di WeChat.

Dugaan pelanggaran terungkap setelah polisi menemukan artikel palsu tentang kecelakaan kereta api yang menewaskan sembilan orang, yang telah diposting ke beberapa akun di platform seperti blog Baidu Inc. Baijiahao. Artikel itu dilihat lebih dari 15.000 kali sebelum dihapus.

Investigasi lebih lanjut mengungkapkan bahwa Hong menggunakan teknologi chatbot, yang tidak tersedia di China tetapi dapat diakses melalui jaringan VPN, untuk memodifikasi artikel berita viral yang kemudian akan dia posting ulang.

Dia memberi tahu penyelidik bahwa teman-teman di WeChat telah menunjukkan kepadanya cara menghasilkan uang untuk klik.

Pihak berwenang mengatakan penyebaran besar-besaran dan melihat materi berarti bahwa Hong bertanggung jawab atas "kejahatan besar" dari pertengkaran dan memprovokasi masalah, pelanggaran yang dapat dihukum setidaknya lima tahun penjara.

Teknologi kecerdasan buatan OpenAI Inc. telah memicu perebutan di China, baik oleh perusahaan teknologi besar yang ingin mengembangkan chatbot serupa, maupun oleh pihak berwenang yang ingin memperkenalkan aturan yang mengatur penggunaan teknologi dalam dunia internet yang dikontrol secara ketat. (Bloomberg)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home