Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 11:01 WIB | Jumat, 31 Januari 2020

China Yakin Mampu Kendalikan Wabah Virus Corona Baru

Ilustrasi. Pemerintah China mengambil langkah pencegahan dan pengendalian paling komprehensif dan banyak dari langkah tersebut bahkan melampaui persyaratan yang ditentukan Regulasi Kesehatan Internasional. (Foto: Reuters)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM – China memiliki keyakinan dan kemampuan penuh untuk memenangkan perang melawan epidemi virus corona baru, kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying pada Jumat (31/1).

Hua menyampaikan hal tersebut dalam sebuah pernyataan pers setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan wabah virus corona baru telah menjadi situasi darurat kesehatan publik yang meresahkan dunia, atau Public Health Emergency of International Concern (PHEIC).

“Sejak epidemi virus corona baru merebak, Pemerintah China telah mengambil langkah pencegahan dan pengendalian paling komprehensif dan tepat dengan rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap kesehatan masyarakat,” kata Hua, seraya menambahkan bahwa banyak dari langkah tersebut bahkan melampaui persyaratan yang ditentukan oleh Regulasi Kesehatan Internasional.

“Kami memiliki keyakinan dan kemampuan penuh untuk memenangkan perang melawan epidemi ini,” ujarnya.

Pada saat yang sama, lanjut Hua, China memberikan informasi kepada pihak-pihak terkait dan menunjukkan urutan genom virus corona tepat pada waktunya dengan keterbukaan, transparansi, dan sikap yang bertanggung jawab.

“WHO dan banyak negara telah mengakui dan memuji langkah ini,” kata Hua.

Menurutnya, China telah berkomunikasi dan bekerja sama secara erat dengan WHO.

“Tim ahli dari WHO belum lama ini berkunjung ke Wuhan. Direktur Jenderal Tedros Adhanom Ghebreyesus juga datang ke China dan membahas tentang upaya pengendalian dan mitigasi 2019-nCoV dengan pihak China.”

Mencatat bahwa Tedros memuji upaya dan kontribusi besar China bagi dunia dengan memerangi virus corona baru, Hua mengatakan pihaknya akan terus bekerja sama dengan WHO juga negara-negara lain untuk melindungi keamanan kesehatan masyarakat regional dan global. (Xinhua/Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home