Loading...
EKONOMI
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 12:17 WIB | Kamis, 23 Januari 2014

Coca-Cola Tutup Empat Pabrik di Spanyol

Pabrik pembotolan Coca-Cola di Spanyol. (Foto: elnuevosiglo.com)

MADRID, SATUHARAPAN.COM - Coca-Cola berencana menutup empat dari 11 pabrik pembotolan di Spanyol dalam sebuah langkah yang akan berdampak pada 1.250 pekerjaan, kata perusahaan tersebut dan serikat pekerja UGT pada Rabu (22/1).

Anak perusahaannya di Spanyol, Coca-Cola Iberia Partners, berencana menutup beberapa pabrik di wilayah barat laut Asturias, Kepulauan Balearic, dekat Madrid dan di tenggara Alicante, menurut pernyataan pihak serikat.

UGT mengatakan pihaknya sedang berupaya bernegosiasi dengan Coca-Cola untuk mencegah penutupan tersebut dan akan melancarkan aksi mogok dan demonstrasi untuk menekan posisinya.

Dalam sebuah pernyataan yang dimuat di media Spanyol, perusahaan tersebut mengatakan akan mencoba menempatkan 500 pekerja yang terkena dampak penutupan ke posisi lain, dan menawarkan pensiun dini atau penghentian kerja kepada sisanya.

"Restrukturisasi ini bertujuan untuk mendapatkan efisiensi dan daya saing serta menghindari duplikasi yang dapat membahayakan kelangsungan hidup masa depan perusahaan," katanya.

Coca-Cola Iberia Partners, yang saat ini memiliki 4.000 karyawan, didirikan tahun lalu dengan menggabungkan tujuh perusahaan pembotolan di Spanyol yang dimiliki oleh merek AS itu.

Pengumuman Coca-Cola merupakan berita buruk bagi pasar tenaga kerja Spanyol yang memiliki total 4,7 juta orang menganggur dan salah satu tingkat pengangguran tertinggi di Eropa. 

Ekonomi Spanyol tumbuh pada kuartal ketiga dan keempat tahun 2013, tapi para ahli percaya jika  pertumbuhan tidak akan memiliki dampak langsung pada pengangguran. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home