Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:40 WIB | Senin, 01 April 2024

Dampak Serangan Ukraina, Rusia Pindahkan 5.000 Anak dari Belgorod

Pemandangan menunjukkan pintu masuk gedung pemerintahan kota, yang menurut otoritas setempat, dirusak oleh serangan pesawat tak berawak Ukraina, di Belgorod, Rusia, pada 12 Maret 2024. (Foto: dok.Reuters)

BELGOROD-RUSIA, SATUHARAPAN.COM-Lima ribu anak telah dievakuasi dari wilayah Belgorod Rusia yang berbatasan dengan Ukraina setelah beberapa pekan pemboman mematikan yang dilakukan oleh Kiev, kata gubernur wilayah tersebut pada hari Sabtu (30/3).

Pemerintah daerah pekan lalu mengatakan 9.000 anak di bawah umur akan dipindahkan ke daerah lain setelah serangkaian penembakan lintas batas dan serangan pesawat tak berawak menewaskan lebih dari selusin warga sipil.

“Lima ribu anak kami sudah berada di luar daerah. Kemarin, 1.300 anak tiba di Saint Petersburg, Bryansk, dan Makhachkala,” kata gubernur Vyacheslav Gladkov.

Anak-anak yang masih tinggal di wilayah tersebut dan tinggal di kota-kota dekat perbatasan, termasuk ibu kota wilayah tersebut, Belgorod, akan beralih ke pembelajaran jarak jauh bulan depan, tambahnya.

Dia mengatakan tempat usaha yang terpaksa tutup akibat serangan tersebut akan diizinkan untuk dibuka kembali selama “stafnya dilatih dalam memberikan pertolongan pertama” dan jendela ditutup dengan selotip.

Belgorod telah berulang kali menjadi sasaran serangan Ukraina yang tidak pandang bulu sejak konflik dimulai lebih dari dua tahun lalu.

Pada hari Jumat, sebuah pesawat tak berawak Ukraina menabrak sebuah gedung apartemen bertingkat di kota Belgorod, menewaskan seorang pria dan melukai dua lainnya, termasuk istrinya, kata Gladkov.

Perombakan Pejabat Ukraina

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, memecat ajudan lama dan beberapa penasihatnya pada hari Sabtu dalam perombakan yang berkelanjutan sementara Rusia melancarkan serangan baru semalam.

Zelenskyy memecat pembantu utamanya, Serhiy Shefir, dari jabatan asisten pertamanya, yang ia menjabat sejak 2019. Presiden Ukraina juga memecat tiga penasihat, dan dua perwakilan presiden yang mengawasi kegiatan sukarelawan dan hak-hak tentara.

Tidak ada penjelasan yang diberikan mengenai perubahan terbaru dalam perombakan personel secara luas selama beberapa bulan terakhir.

Ini termasuk pemecatan Oleksii Danilov pada hari Selasa, yang menjabat sebagai sekretaris Dewan Keamanan dan Pertahanan Nasional, dan Valerii Zaluzhnyi sebagai panglima angkatan bersenjata pada tanggal 8 Februari.

Dia ditunjuk sebagai duta besar Ukraina untuk Inggris awal bulan ini.

Angkatan udara Ukraina mengatakan pada hari Sabtu bahwa Rusia meluncurkan 12 drone Shahed semalam, sembilan di antaranya ditembak jatuh, dan menembakkan empat rudal ke Ukraina timur.

Rusia melancarkan rentetan 38 rudal, 75 serangan udara, dan 98 serangan dari berbagai peluncur roket selama 24 jam terakhir, kata angkatan bersenjata Ukraina melalui postingan media sosial.

Perusahaan energi Ukraina, Centrenergo, hari Sabtu mengumumkan bahwa Pembangkit Listrik Tenaga Panas Zmiiv, salah satu pembangkit listrik tenaga panas terbesar di wilayah timur Kharkiv, hancur total setelah penembakan Rusia pekan lalu.

Jadwal pemadaman listrik masih berlaku untuk sekitar 120.000 orang di wilayah tersebut, di mana 700.000 orang kehilangan aliran listrik setelah pembangkit listrik tersebut dihantam pada tanggal 22 Maret.

Rusia telah meningkatkan serangannya terhadap infrastruktur energi Ukraina dalam beberapa hari terakhir, menyebabkan kerusakan signifikan di beberapa wilayah.

Para pejabat di wilayah Poltava mengatakan pada hari Sabtu bahwa ada “beberapa serangan” terhadap fasilitas infrastruktur, tanpa menyebutkan secara spesifik apakah itu fasilitas energi.

Sementara itu, jumlah korban akibat serangan massal 99 drone dan rudal yang menghantam wilayah di Ukraina terungkap pada hari Sabtu, dan pejabat lokal di wilayah Kherson pada Sabtu pagi mengumumkan kematian satu warga sipil.

Seorang penduduk wilayah Dnipropetrovsk meninggal di rumah sakit akibat luka tembak, menurut Gubernur daerah Serhiy Lisak. (AFP/AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home